Awali Dengan Menjaga Kesehatan Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan Yang Tepat

Sehat itu mahal, dan pernyataan ini benar sekali. Jika seseorang sakit maka kesempatan dia untuk mencari kebahagiaan hari ini berkurang. Mengapa begitu? Bisa dibayangkan jika seseorang tidak sehat karena sakit dan harus menjalankan rawat inap di rumah sakit, pasti orang tersebut akan kehilangan senyuman bahagianya. Makanan yang dia makan pun menjadi tak enak, malas bergerak, dan pastinya dia hanya terbaring lemah di tempat tidurnya atau hanya duduk dengan wajah pucatnya sambil menatapi obat-obatan yang harus dikonsumsinya setiap hari.

Untuk kembali sehat seperti sedia kala orang tersebut perlu beberapa hari menjalani perawatan hingga keadaannya benar-benar pulih. Ada dari mereka yang harus menjalani rawat inap hingga berhari-hari karena penyakit yang dideritanya cukup parah. Untuk itu, bagi saya pernyataan "sehat itu mahal" adalah benar sekali.

Percayalah, sakit itu amat tidak enak dan menyiksa. Untuk itu, menjaga kesehatan sangat penting sekali bagi kita dan keluarga kita. Jangan hilangkan kesempatan sehatmu, untuk itu selama kita sehat banyaklah bersyukur dan melakukan beberapa tips sehat yang saya terapkan pada diri saya dan keluarga saya.

Beberapa tips sehat ala saya, antara lain :

1. Bangun pagi

Bangun pagi menurut beberapa artikel yang pernah saya baca sangat baik loh bagi kesehatan. Biasanya saya bangun pagi sebelum Shubuh dan menunaikan sholat Shubuh berjamaah di Musholla dekat rumah saya. Dengan bangun pagi dan melakukan jalan kaki ke Musholla itulah saya bisa menghirup udara segar di pagi hari. Tubuh menjadi rileks dan saya merasa nyaman melakukan aktivitas lainnya.


2. Olahraga.

Olahraga ini penting sekali, tak harus setiap hari tapi usahakan seminggu tiga kali. Saya melakukan olahraga setiap hari dengan jalan cepat atau lari-lari kecil dengan mengelilingi komplek perumahan. Intinya keringat harus keluar saat itu juga. Olahraga ini saya lakukan di pagi hari sekitar pukul 6 pagi selama kurang lebih 30 menit. Apa yang saya peroleh dengan olahraga rutin seperti ini? Ternyata badan lebih enak dan bernafas pun lebih stabil. 




3. Rajin minum air putih

Air putih memang sangat bagus bagi kesehatan tubuh kita. Selain menggantikan cairan yang hilang, air putih ternyata juga bisa memberikan dampak lain ke tubuh saya seperti lancar buang air kecil dan buang air besar. Setiap hari saya selalu mengkonsumsi air putih lebih dari 8 gelas dan alhamdulillah benar-benar bikin tubuh menjadi fit.


4. Konsumsi banyak serat, seperti buah dan sayur.

Buah dan sayur penting banget buat saya. Setiap hari saya selalu mengkonsumsi sayur dan buah dan jika tidak mengkonsumsi salah satunya seperti ada yang kurang. Memang sudah saya biasakan agar tubuh terbiasa dengan sayur dan buah setiap hari karena manfaat sayur dan buah sangat bagus sekali untuk tubuh.

5. Mengurang makanan/minuman yang tak baik untuk tubuh

Sebenarnya semua makanan atau minuman yang dikonsumsi secara berlebihan tak baik juga. Namun ada beberapa makanan yang memang harus saya kurangi dan kalau bisa saya tidak mengkonsumsinya, seperti minuman bersoda, makanan dengan lemak tinggi, dan juga makanan yang terlalu banyak mengandung gula. Semua makanan tersebut saya batasi tapi bukan berarti saya tidak mengkonsumsinya sama sekali.

Hidup sehat sangat perlu agar kita dapat meminimalisir datangnya penyakit. Namun perlu diperhatikan juga nih, namanya musibah datang kapan saja. Tidak hanya musibah sakit, tapi musibah banyak sekali macamnya seperti kecelakaan, atau bahkan salah satu keluarga kita yang terkena musibah.

Jika hanya musibah kecil dan tak mengharuskan rawat inap mungkin sangat membantu pasien, tapi bagaimana jika harus rawat inap hingga beberapa hari. Pastinya pun kita butuh banyak dana untuk membayar biaya rawat inapnya bukan. Salah satu caranya adalah dengan mendaftar asuransi kesehatan yang menyediakan asuransi rawat inap. Apakah kita sudah mendaftar asuransi kesehatan dan memiliki asuransi rawat inap? 

Untuk itu teman-teman perlu paham betul sebelum memilih asuransi. Berikut beberapa kriteria asuransi terbaik di Indonesia yang bisa kita jadikan referensi saat akan memilih perusahaan asuransi untuk kita sendiri atau keluarga kita.

1. Lamanya perusahaan asuransi berdiri 

Lamanya perusahaan asuransi berdiri ini sangat membantu kita dalam melihat rekam jejak perusahaan asuransi tersebut. Dengan adanya rekam jejak tersebut pastinya kita bisa tahu pengalaman-pengalaman para nasabahnya, apakah banyak komplain atau malah dapat testimoni yang baik. Selain itu kita bisa menanyakan kepada beberapa teman kita yang sudah mengikuti asuransi tersebut apakah asuransi ini memang benar-benar baik dan amanah. 

Contoh dari perusahaan asuransi terbaik di Indonesia adalah PFI Mega Life yang telah didirikan pada tahun 2011. Asuransi ini memiliki beberapa produk unggulan yang bisa dipilih calon nasabah.

2. Memilih Produk Asuransi yang tepat
Produk asuransi itu banyak sekali macamnya, tergantung nasabah mau pilih produk asuransi yang mana. Cek juga apakah menyediakan asuransi rawat inap dan bagaimana dengan premi serta polis asuransinya. Harus bener-benar jelas sebelum kita menentukan dan jangan mudah terpengaruh sebelum kita paham betul. Jika calon nasabah ingin perlindungan untuk keluarganya, saya merekomendasikan Mega Hospital Investa dari PFI Mega Life. Karena PFI Mega Life ini salah satu asuransi terbaik di Indonesia.

Mega Hospital Investa merupakan asuransi kesehatan yang memberikan ketenangan saat Tertanggung dirawat inap yang mengakibatkan hilangnya potensi penghasilan harian saat Tertanggung dirawat. Asuransi kesehatan dimaksud menyediakan manfaat asuransi yang lengkap yaitu manfaat santunan harian rawat inap, no claim bonus, dan santunan meninggal dunia. Untuk lebih detail mengenai info ini teman-teman bisa langsung mengunjungi website PFI Mega Life ya.


3. Premi Yang Terjangkau

Nah, premi ini penting banget buat calon nasabah yang ingin mendaftar asuransi kesehatan. Sesuaikan dengan pendapatan kita dulu, apakah dengan membayar premi perbulan/pertahun kebutuhan yang lainnya nggak keteteran. Jangan karena ikutan asuransi kesehatan yang tidak sesuai malah biaya anak sekolah, kebutuhan rumah tangga menjadi terbengkalai loh. Lebih baik dihitung dulu dan didiskusikan kembali dengan pasangan kita ya.

Saya contohkan premi tahunan dan bulanan Mega Hospital Investa dari PFI Mega Life.




4. Perusahaan Asuransi sudah terdaftar di OJK

Nggak mau kan uang yang sudah kita setorkan hilang? Jadi, alangkah baiknya kita pastikan perusahaan asuransi yang dipilih harus terdaftar di OJK serta rekanan lainnya yang sudah memiliki kinerja yang baik dan terpercaya. Pastinya jika sudah masuk asuransi terbaik di Indonesia perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar di OJK.

Kriteria asuransi terbaik di Indonesia sudah saya jelaskan di atas, saatnya teman-teman bisa menganalisis sendiri untuk memilih asuransi yang tepat untuk keluarganya.




Fyi saja nih, di Mega Hospital Investa, ada santunan meninggal dunia juga loh. Jika tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi yang penyebabnya tidak termasuk dalam pengecualian polis asuransi, maka kepada yang dipilih akan diberikan santunan meninggal dunia sesuai dengan plan yang dipilih.

Nah seekarang teman-teman sudah ada gambaran bukan untuk memilih asuransi kesehatan yang aman untuk diri sendiri maupun keluarga apalagi yang menyediakan asuransi rawat inap. Semoga artikel ini membantu ya.

Salam,
Dwi Puspita 

21 comments:

  1. Siap.Mbaaa mulai kepo ah soal asuransi Mega Life penasaran.
    Apalagi soal preminya. Kalau terjNgkau mau banget

    ReplyDelete
  2. Menjalani pola hidup sehat, pantesan Mbak Dwi terlihat kayak gadis 😊

    ReplyDelete
  3. makasih remindernya mba, abis lahiran itu banyak yg dirasa. kasian anak2 kalau ga jaga kesehatan

    ReplyDelete
  4. Ada banyak Cara buat menjaga kesehatan tubuh. Saya juga biasanya rutin jalan pagi keliling komplek, yang penting pagi-pagi aktivitas dan kena matahari pagi, selepas tu baru sarapan.

    Proteksi dari luar bisa ikut asuransi. Tentu dengan memilih asuransi yang menawarkan banyak benefit dan preminya terjangkau.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih sudah mengingatkan. Aku lagi kendor nih, olahraga dan pola makannya

    ReplyDelete
  6. Aku setuju banget sama ajakan Mbak untuk memulai hidup sehat. Meski pakai asuransi, tapi menjaga kesehatan adalah kewajiban. TFS, Mbak

    ReplyDelete
  7. Dalam memilih asuransi kesehatan kita juga harus teliti ya mba, biar sesuai sama apa yang kita butuhkan nantinya.

    ReplyDelete
  8. pas banget sih kak, lagi mau cari-cari asuransi kesehatan karena kebetulan aku belum daftar asuransi apapun.. makasih ya infonya kak ^^

    ReplyDelete
  9. olahraga nih aku masih belum ada niatan mba padahal buat gaya sehat ya salah satunya olahraga ya :(

    ReplyDelete
  10. Ingin sekali menerapkan pola hidup sehat mba, point nomor 5 yang masih suka aku abaikan nih, masih suka jajan junkfood. Menggoda banget sih soalnya huhu..

    ReplyDelete
  11. karena pencari nafkah hanya seorang, asuransi yg preminya terjangkau jadi pilihan utama. tapi gak cuma itu, kantornya juga kudu sejelas ini biar gak ragu dan bingung klaim kemana

    ReplyDelete
  12. asuransi tu sekarang udah semacam hal wajib dimiliki ya mbak, mengingat banyak sekali penyakit dan musibah yang terjadi akhir2 ini

    ReplyDelete
  13. Ini asuransi dari Bank Mega ya? Tips-tips di atas bener banget deh. Hidup sehat dimulai dari pola hidup kita dan perlu ada tambahan asuransi juga ya.

    ReplyDelete
  14. Ada banyak bisa ya kita lakukan untuk mencegah ya selain punya asuranso kita juga harus selalu menjaga pola hidup sehat

    ReplyDelete
  15. Olahraga rutin masih belum nih, duh pengen bisa rutin olga tapi belum ada waktu, masih sibuk sama krucil, pilih asuransi mesti yang tepat ya untuk menjamin risiko kesehatan

    ReplyDelete
  16. Go...go...hidup sehat.
    Semoga dengan merubah gaya hidup kita dengan gaya hidup sehat, menjadikan kualitas kehidupan semakin meningkat. Makin produktif.

    ReplyDelete
  17. Kalau perusahaan asuransi yang sudah terdaftar di OJK ini artinya sudah sangat terpercaya ya mba. Aku pun lagi mulai untuk melakukan gaya hidup yang tepat

    ReplyDelete
  18. Iya mbak, sehat itu mahal ya. Sehingga baiknya menjaga kesehatan dulu daripada benar benar sakit. Memayungi diri dengan asuransi bisa jadi ikhtiar jika suatu saat kena musibah atau beneran sakit yang membutuhkan dana banyak.

    Tapi biasanya sih, asuransi nyari pelanggan yang sehat yaa haha biar mereka juga untung hehe

    ReplyDelete
  19. Banyak minum air putih ini lho yang sering kelewat buat aku, mbak. Kalau boyok sudah sakit, baru kerasa sekali akibatnya..

    ReplyDelete
  20. Pola hidup sehat dan menjaga kesehatan itu adalah hal terpenting yess kak :)

    ReplyDelete
  21. TIps sejatnya masuk semua ini mba
    hehehe cuma kebiasaaan minum air putihnya aku yang masih kendo
    Semangat kita memlih asuransi yang tepat

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)