Cara Memilih Oli Motor Yang Tepat Agar Motormu Tetap Gesit

Sudah saatnya diganti nih biar tambah enak kalau lagi mengendarai motor kesayangan dan tahu nggak apa yang bikin enak motor selama dalam perjalanan? 

Inilah Cara Memilih Oli Motor yang Tepat 

Ketika motor kalian sudah tidak lagi nyaman digunakan dan mempunyai suara yang tidak seperti biasanya maka ini sudah menjadi pertanda apabila oli motor harus segera diganti. Tidak bisa dipungkiri apabila penggantian oli motor secara rutin ini memang wajib dilakukan. Hal ini berguna untuk menjaga performa motor yang anda miliki. 


Tips memilih oli motor yang tepat

Dalam memilih oli motor memang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Hal ini bukan tanpa alasan karena ternyata tidak semua jenis oli cocok untuk setiap kendaraan. Untuk itulah bagi kalian yang baru pertama kali akan mengganti oli motor, berikut ini beberapa tips yang bisa kalian gunakan.

1. Memilih oli motor yang sesuai dengan karakter mesin

Terkadang kesalahan seseorang yang baru pertama kali akan mengganti oli adalah tidak menyesuaikan jenis oli sesuai dengan mesin motor. Padahal sebenarnya hal ini sangat penting untuk kalian ketahui. Ketika kalian membeli oli sendiri, biasanya pada kemasan selalu ada SAE 10W-40, SAE 15W dan yang lainnya.

Ini merupakan sebuah kode oli yang digunakan untuk mencocokkan dengan mesin. Selain itu, ini juga menunjukkan bagaimana tingkat kekentalan pada oli tersebut. Pastikan apabila tingkat kekentalan tersebut sesuai dengan jenis motor yang kalian miliki. 

2.  Produk sudah mempunyai sertifikasi atau standar paten

Tips berikutnya yang bisa kalian gunakan ketika akan memilih oli motor adalah dengan memastikan apabila produk tersebut sudah mempunyai sertifikasi ataupun standar tertentu. Hal ini berguna agar oli motor tersebut bisa memberikan keamanan pada mesin motor. Yang perlu kalian ketahui adalah adanya standar JASO atau Japanese Automotive Standard Organization. 

Kebanyakan para produsen kendaraan juga akan memberikan syarat penggunaan oli standar JASO ini. Oli motor yang mempunyai standar JASO masih di bagi menjadi 4 jenis yaitu Jado ma, jaso ma1, jado ma2, jaso mb. Klasifikasi ini ternyata juga dibuat berdasarkan uji coba yang pernah dilakukan. 



3. Memilih oli sintetik ataukah oli mineral

Untuk kalian yang mempunyai motor dengan model terbaru dan mempunyai derajat yang lebih maka pemilihan penggunaan oli sintetik memang disarankan. Pasalnya keberadaan oli sintetik ini ternyata juga sangat cocok dengan teknologi modern yang terdapat pada mesin kendaraan motor.

Tidak heran apabila cara memilih oli motor yang terbaik berikutnya adalah dengan memilih oli berdasarkan dari bahan dasar pembuatan oli tersebut. Bahan pembuatan oli sintetik sendiri berasal dari minyak bumi yang telah diolah. Hal inilah yang membuat sifat-sifat di dalam pelumas yang tidak diinginkan bisa dihindari

4. Adanya jaminan mutu 

Adapun tips berikutnya yang bisa kalian gunakan adalah dengan mengetahui apakah merk oli yang kalian pilih tersebut sudah menawarkan mutu. Pastikan anda sudah memilih oli yang mempunyai jaminan mutu terpercaya sehingga akan membuat kinerja dari mesin motor kalian bisa lebih maksimal. 

Biasanya sebuah produsen juga akan mencantumkan spesifikasi dari fungsi oli sesuai dengan tipe mesin. 

5. Adanya teknologi di dalamnya

Bukan hanya itu saja pastikan produsen oli juga menghadirkan teknologi yang terdapat pada oli. Mereka juga harus mampu menawarkan keunggulan produk yang dimilikinya. Sebagai contohnya adalah kemampuan oli untuk memaksimalkan performa mesin. 

Dalam memilih oli motor memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Jika tidak berhati-hati dalam memilih oli motor maka akan membuat mesin semakin buruk. Dan kalian juga bisa mendapatkan oli motor dari mobil.co.id.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)