5 Barang yang Perlu Dibawa saat Naik Bus Era New Normal

Sudah sejak new normal atau masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), berbagai transportasi umum sudah mulai kembali beroperasi. Namun tentu saja, bukan sembarangan beroperasi, para pelaku dalam dunia transportasi telah melakukan berbagai protokol kesehatan untuk kenyamanan dan keamanan para penumpangnya.

Pun demikian dengan bus Damri. Perusahaan bus yang sudah berdiri sejak tahun 1945 ini juga telah beroperasi saat ini. Berbagai kelas bus juga disediakan, mulai dari ekonomi non-AC sampai dengan royal dengan kualitas bintang lima dan pelayanan terbaiknya. Sekarang pesan tiket bus Damri bisa dilakukan di mana saja secara online melalui Traveloka.

Ada setidaknya empat keunggulan yang bisa kamu dapatkan jika pesan tiket bus Damri di Traveloka, yaitu praktis, customer service siap sedia selama 24 jam penuh, menawarkan info yang lengkap, dan satu hal lagi yakni pembayarannya mudah bisa transfer, menggunakan kartu kredit sampai dengan bayar tunai di minimarket. Kamu bisa pesan tiket bus Damri di sini.

Selain itu, bagi kamu yang ingin tetap aman saat naik bus Damri, perlu mempersiapkan barang-barang untuk senantiasa menjaga keamanan diri dari potensi penularan COVID-19. Apa sajakah?


1. Masker Cadangan

Pertama yang tidak boleh ketinggalan adalah masker. Baik itu masker medis/non medis atau jenis masker kain yang sudah memenuhi standar. Jangan sampai lupa membawanya ya, karena sekarang sudah mulai dikenakan sanksi di berbagai daerah bagi yang tidak mengenakan masker.

Pesan tiket bus Damri

Bawa juga masker cadangan bila terjadi hal-hal yang tidak sesuai dugaan. Misalnya saja masker hilang saat beribadah, kotor atau juga robek. Selalu sediakan cadangan masker di dalam tasmu ya.


2. Hand Sanitizer atau Tisu Basah

Hand sanitizer menjadi alternatif untuk mencuci tangan jika tidak ada air. Maka dari itulah selalu sediakan di dalam tas atau kantong baju. Sekarang ini hand sanitizer tersedia dalam berbagai ukuran, jadi jika bepergian pilihlah ukuran yang travel friendly. Kurang suka dengan hand sanitizer? Kamu bisa membawa pilihan lainnya yaitu tisu basah. Untuk melengkapinya, bawa juga tisu kering untuk bisa mengeringkan tangan dengan lebih cepat.


3. Semprotan Desinfektan

Hanya untuk berjaga-jaga saja, bawalah semprotan desinfektan. Kita semua tidak tahu siapa saja orang yang duduk di kursi yang akan ditempati saat berada di bus nanti. Maka dari itulah untuk memberikan proteksi yang lebih, semprot tempat duduk, pegangan, kain gorden yang ada di bus. Meski memang beberapa bus sudah melakukan desinfeksi sebelum berangkat, namun jaga-jaga lebih baik bukan?


4. Alat Makan atau Minum Pribadi

Hal lainnya yang perlu untuk dibawa adalah peralatan makan atau minum pribadi. Penularan virus corona paling banyak terjadi melalui droplet atau cairan air liur yang memercik saat berbicara atau makan. Maka dari itulah, akan bijaksana sekali membawa alat makan atau minum pribadi, bahkan saat bersama keluarga pun harus berhati-hati ya. Untuk sementara waktu usahakan untuk menggunakannya sendiri-sendiri dahulu.


5. Vitamin dan Suplemen

Guna menjaga kekebalan tubuh tetap prima selama di perjalanan di dalam bus, kamu perlu mengonumsi asupan vitamin dan suplemen yang cukup. Jika kondisi tubuh sudah prima, sistem kekebalan tubuh terjaga, akan meminimalisir risiko persebaran virus COVID-19. 

Selain barang-barang yang telah disebutkan, kamu juga bisa membawa barang lainnya yang dirasa memberikan perlindungan berlebih. Misalnya saja face shield, sarung tangan, dan jaket. Meski begitu, jangan sampai membawa barang berlebihan ya, karena bisa saja kamu akan kerepotan membawanya nanti saat di perjalanan.

Salam,
Dwi Puspita

5 comments:

  1. Wah, beneran ya mbak kita semua wajib menerapka prokes 3M di mana pun berada. Aku selama ini belum naik kendaraan umum lagi sih. Jadi tau barang2 yang mesti dibawa di tas dari tulisan mbak Dwi hehehe :) TFS. Pastinya masker bawa lebih dari 1 atau 2, HS dll. Oh ya, kalau naik kendaraan pribadi aku biasanya juga abwa wadah makan dan minum sendiri :D

    ReplyDelete
  2. Sekarang aku ke mana aja udah auto bawa itu semua loh mbak, bahkan aku juga bawa baju ganti - handuk - sabun mandi cair kalau bawa anak anak, ya udah kayak pindahan sih, tapi demi kesehatan yaaa

    ReplyDelete
  3. Wah 4 barang yg ditulis diatas mah selalu saya bawa kemana2, Mba semenjak pandemik. Ngeri kalau pakai pinjem2 ka orang lain.

    ReplyDelete
  4. setuju banget nih sama tulisannya mak dwi, emang bener bener nggak boleh lupa bawa peralatan pribadi dan barang-barang penunjang protokol kesehatan gini yaaa.. biar makin aman deh perjalanan kitaaa

    ReplyDelete
  5. Sekarang kalau kemana mana, mulai keluar rumah sampai bepergian naik kendaraan umum. Protokol kesehatan nomor satu ya mbk. Barang wajib, masker, hand sanitizer.

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)