Mengenal Beberapa Jenis Interval Training

Interval training adalah olahraga yang termasuk ke dalam kardio dengan melakukan gerakan yang mempunyai intensitas yang tinggi dengan durasi pendek dan dilakukan berulang kali. Interval training ini mempunyai perbedaan dengan LLS atau low intensity steady state yang juga merupakan olahraga kardio akan tetapi mempunyai tingkat aktivitas yang rendah dan intensitas yang lebih stabil dengan durasi lama.

Interval training
Sumber gambar : pixabay.com

Contoh jenis olahraga yang bisa dilakukan dari jenis kardio dengan intensitas tinggi interval training yang bisa dicoba adalah:


1. Metode tabata

Jenis olahraga pertama adalah metode tabata yang merupakan jenis olahraga kardio interval training paling banyak diminati. Metode ini seperti pengertiannya mempunyai intensitas yang tinggi sehingga untuk gerakan yang dilakukan juga dilakukan dengan cepat, berulang, dan juga dalam waktu yang relatif singkat untuk berolahraga.

Squat jump
Sumber gambar : pixabay.com

Contohnya gerakan dengan metode tabata yang bisa dipilih adalah melakukan squat jump yaitu dalam posisi berdiri tepat kemudian jongkok dan langsung melompat. Gerakan tersebut dilakukan selam 20 detik dan 10 detiknya untuk istirahat dan dilakukan secara berulang-ulang sebanyak 8 kali untuk memberikan hasil yang bisa didapatkan.


2. Kardio

Janis interval training adalah yang bisa dipilih selanjutnya yaitu kardiio. Latihan ini mempunyai durasi yang lebih lama, akan tetapi juga bisa membantu untuk membakar kalori yang lebih cepat dan membantu menghindari penyakit kardiovaskular dengan manfaat untuk bisa memelihara kesehatan jantung.

Lompat tali
Sumber gambar : pixabay.com

Jenis kardio yang bisa dilakukan contohnya dengan jump rope atau melakukan lompat tali. Gerakan ini bisa menggunakan dua kaki dengan cukup menggunakan alat lompat tali yang bisa didapatkan dengan mudah.

Lakukan jump rope dengan gerakan cepat setidaknya selama 5 menit. Jangan lupa untuk beristirahat dalam waktu tersebut dan bisa menurunkan kecepatan selama melakukan gerakan jump rope tersebut. Lakukan kardio jump rope ini sebanyak 5 hingga 8 kali secara berulang untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih terjaga.


3. Full body

Jenis interval training selanjutnya yang bisa dipilih adalah full body dengan menggerakkan seluruh anggota tubuh. Keunggulan dari interval training full body ini bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk juga bagi yang pemula dan baru mencoba untuk berolahraga secara teratur.

Full cardio
Sumber gambar : pixabay.com

Interval training full body ini memberikan efek yang lebih maksimal dibandingkan sesi kardio yang panjang. Karena dengan melakukan gerakan ini dengan durasi yang lebih cepat bisa bermanfaat untuk membuat latihan seluruh anggota tubuh yang bergerak dan memberikan manfaat untuk mengencangkan otot dan membantu untuk menurunkan berat badan. Gerakan full body yang bisa dilakukan adalah burpee, squat, dan juga mountain climber.


4. Angkat beban

Interval training selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan gerakan angkat beban. Jenis olahraga ini bisa dilakukan dengan mengangkat beban menggunakan dumbbell ataupun kettlebell. Manfaat melakukan angkat beban dapat untuk meningkatkan kekuatan otot, melatih otot jantung, dan juga baik untuk kepadatan tulang. Sehingga lakukan angkat beban secara teratur yang dapat dipilih sebagai olahraga interval training yang efektif untuk dilakukan.

Angkat beban
Sumber gambar : pixabay.com

Berbagai jenis olahraga interval training memberikan manfaat terbaik untuk kesehatan yang bisa didapatkan. Mulai dari memberikan efek jantung lebih sehat karena melakukan gerakan dengan intensitas tinggi sehingga membiasakan jantung untuk mempunyai ritme lebih teratur dan membuatnya bisa berfungsi lebih stabil.

Interval training juga efektif untuk membakar lemak dan kalori sehingga membantu program mencapai berat badan ideal yang diinginkan. Dengan melakukan gerakan interval training bias membantu untuk membentuk metabolisme tubuh lebih positif dengan membentuk energi yang cukup, dan dapat membantu untuk mengurangi stress karena mampu menurunkan kecemasan dan depresi.

Anda bisa melakukan berbagai jenis olahraga interval training sesuai yang dibutuhkan karena juga tidak perlu menggunakan alat. Melakukan olahraganya juga bisa dengan arahan dari profesional sehingga akan sesuai dengan tujuan yang dipunyai.

Interval training


Olahraga terbaik untuk melakukan interval training di FIT HUB yang bisa memberikan keunggulan dengan pendampingan dari personal training, menyiapkan alat olahraga yang lengkap, dan kelas yang bisa diikuti untuk mendapatkan manfaat terbaik interval training yang bisa dipilih dari FIT HUB.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)