Ayo Saling Jaga Agar Keluarga Terhindar Dari Cacingan

Ma, sebenarnya musim hujan seperti ini bikin saya was-was banget dengan kesehatan anak. Bagaimana nggak was-was karena kita tahu sendiri jika anak-anak sangat rentan dengan penyakit. Salah satunya adalah penyakit cacingan. Cacingan pada anak membuat nutrisi anak yang diserap tidak maksimal sehingga walaupun anak makan banyak sekalipun kadang tampak tidak sehat, tubuhnya kurus, dan terkadang lemas.

Ayo saling jaga keluarga dari cacingan

Saya tidak mau hal itu terjadi pada anak saya. Oleh sebab itu saya selalu menjaga anak saya mulai dari kebersihan diri, kebersihan lingkungan, dan kebersihan makanan yang akan dia konsumsi. Saya selalu mengingatkan anak saya untuk selalu menjaga kebersihan diri, mulai dari mandi 2 kali sehari dengan menggunakan sabun anti bakteri dan rajin menggosok gigi. Tak lupa jika ingin makan saya selalu mewanti-wanti untuk mencuci tangannya sampai bersih. Takutnya masih ada kotoran di celah-celah kuku anak yang masih menempel karena kurang maksimal saat mencuci tangan.

Saya nggak mau dong anak saya cacingan, cukup saya aja dulu saat masih kecil yang cacingan. Orang tua saya dulu belum mengerti benar tentang kebersihan dan kesehatan. Saya tahu orang tua saya sangat sayang pada anak-anaknya, namun untuk masalah kebersihan pada waktu itu masih sangat kurang. Tapi tak apalah, karena saya tahu orang tua saya sudah memberikan yang terbaik bagi saya. Dan saya sekarang nggak mau penyakit cacingan ini menyerang anak saya karena kurangnya perhatian saya tentang kebersihan pada diri anak saya, tempat tinggal, dan lingkungan sekitar.

Selain diare nih Ma, yuk ketahui ciri-ciri cacingan pada anak terutama pada bagian perut anak. Jika perut anak buncit, para Mama harus waspada ya karena inilah salah satu ciri-ciri cacingan. Hal ini karena infeksi cacing sudah mulai berkembang di dalam tubuh anak. Selain itu anak akan mengalami mual, kelelahan, sakit perut, dan nafsu makannya menurun. Sehingga banyak anak-anak yang terkena infeksi cacing akan mengalami stunting. Hal ini karena cacing akan menyerap nutrisi pada tubuh anak sehingga membuat nafsu makannya menurun dan mengalami masalah kekurangan gizi. Kurangnya gizi dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik (stunting) hingga melemahkan fungsi otak. 

Untuk itu anggota keluarga wajib menjaga kebersihan dan minum obat cacing setiap 6 bulan sekali secara rutin untuk mencegah infeksi cacing. Ayo saling jaga antar keluarga agar anggota keluarga tidak ada yang terkena cacingan. Salah satu obat cacing keluarga adalah Konvermex. Rutin minum obat Cacing Konvermex setiap 6 bulan sekali berarti turut mendukung dan menjaga anggota keluarga dari cacingan.

Bagaimana cara mencegah cacingan?

Di kutip dari Instagram ibupedia, cara mencegah cacingan antara lain :
  1. Selalu biasakan menjaga kebersihan
  2. Biarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah
  3. Minumlah air putih yang sudah matang
  4. Pastikan bahan makanan dimasak sampai matang
  5. Hindari menggigit kuku
  6. Berikan sekeluarga Konvermex setiap 6 bulan sekali secara rutin.
Panduan bunda ayo saling jaga


Ngomongin cacingan nih, yuk kita bermain filter di Instagram Panduan Bunda yaitu aktivitas #AyoSalingJaga bersama anak sekalian kita ikutan lombanya. Oh ya, filter Instagram ini fun banget loh dan pastinya memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga tubuh dan kesehatan dari cacing jahat yang mencuri nutrisi.

Mainkan konverman ayo saling jaga


Caranya mudah banget loh Ma.
  1. Mama harus follow akun Instagram dan Facebook Page Panduan Bunda.
  2. Kunjungi Instagram Panduan Bunda dan buka tab filter icon.
  3. Klik coba dan mainkan filter #AyoSalingJaga dengan cara mengedipkan mata untuk bantu menggerakkan konvermen membasmi cacing.
  4. Setelah itu jangan lupa klik save filter. Tag @panduanbunda dan 3 teman serta gunakan #AyoSalingJaga #Konvermex. 
  5. Post di Instagram story dan Highlight. Jangan lupa mainkan filter lebih dari 1x untuk dapatkan score tertinggi dan kesempatan menang yang lebih besar.
  6. Pastikan akun Instagram tidak disetting private.
Akan ada hadiah menarik buat Mama yang beruntung mengumpulkan score tertinggi, yaitu e wallet voucher untuk 5 Mama yang beruntung yang masing-masing mendapatkan Rp. 500.000,-. Challenge ini dimulai dari tanggal 18 Januari - 18 Februari 2021.

Challenge ayo saling jaga


Yuk Ma, buruan ikutan challengenya! informasi lebih lengkap bisa kunjungi profil Instagram Panduan Bunda dan klik linknya di bio.

Website : https://www.panduanbunda.com
Instagram : @panduanbunda
Facebook: https://www.facebook.com/panduanbunda/
Twitter : https://www.twitter.com/panduanbunda/

Salam,
Dwi Puspita

26 comments:

  1. aku udah follow panduan mama mba, banyak info yang bermanfaat yg aku dapetin nih. anak usia anakku msh rentan bgt cacingan, jd akunya jg kudu sounding mulu kl anak mau makan ga asal cuci tangan

    ReplyDelete
  2. cacingan memang membuat siapapun penderitanya jadi serba salah, perut sakit melilit, gak enak makan, gak nyaman, makanya perlu banget ya dijaga sejak dini jangan biarkan anak-anak main tanpa perlindungan trus minum obat cacing deh

    ReplyDelete
  3. hal sepele yang kadang lalai oleh buibu adalah menjaga panjang kuku anak. Karena kuku yang panjang bisa menjadi sarang penyakit atau bisa jadi ada telur cacing yang tak sengaja terbawa saat anak bermain pasir di luar rumah.

    ReplyDelete
  4. Jaman dulu anak-anak suka menggigit kuku tangannya ya.

    Sekarang aku selalu awasin nih, baru aja tangan mau mendekat ke mulutpun aku udah kasih warning.

    Karena aku paham bener sakit perut akibat cacingan itu enggak enak banget

    ReplyDelete
  5. Penasaran dengan #ayosalingjaga filternya pengen coba juga. Kedip kedipan gitu ya kita, hehehe...
    Semoga kita semua terhindar dari Cacingan ya....

    ReplyDelete
  6. Sayang aku baru baca hari ini, udah mepet hihi.. hadiahnya asyik tuh! Jadi tambah tahu soal cacingan ini, terimakasih mba infonya!

    ReplyDelete
  7. Wah nice info nih, kebetulan anakku lagi masa aktif-aktifnya takut kena cacingan juga

    ReplyDelete
  8. Seru banget filter ya Mbak, anak happy nih diajak main filter gitu hehe. Btw alhamdulillah selama ini anakku selalu rutin minum obat cacing, ealah tapi ortunua malah lupa XD

    ReplyDelete
  9. Cuaca yang seperti ini, nggak hanya harus antisipasi si virus co dan dBD aja, cacingan pun juga karena dengan saling jaga semua bisa terhindar dari penyakit

    ReplyDelete
  10. Selain menjaga kebersihan badan dan lingkungan aku juga rutin memberikan anak-anak pbat cacing setiap 6 bulan sekali. Btw filternya keren juga ya, tapi bisa gawat kalo anak-anak liat, bisa minta main terus hehehe.

    ReplyDelete
  11. filter IGnya gemesin dan edukatif banget yaa buat ajarin anakku nih tentang bahaya cacingan jdi sambil main kita bisa infoin pentingnya saling jaga kebersihan dan kesehatan

    ReplyDelete
  12. Cacingan itu emg seringnya menyerang anak2 karena mereka blm paham bgt cara menjaga kesehatan dan membersihkan diri dgn benar. Minum obat cacing itu penting deh biar anak2 ga kena cacingan.

    ReplyDelete
  13. Menarik juga nih kegiatannya... Selain mengampanyekan agar menjaga diri dr cacingan, ternyata juga ada hadiahnya.

    ReplyDelete
  14. Kayaknya seru ya gamenya. Bisa sekalian edukasi tentang cacingan kepada anak-anak. Mereka pasti senang diajak main kayak gini. Tapi sayang telat tahu infonya.

    ReplyDelete
  15. korvermen ini emang recomended buat bantu anak atasi cacingan ya mbak
    penting banget jaga anak anak agar terhindar dari cacingan

    ReplyDelete
  16. alhamdulillah cara mencegah cacingan sdh aku terapkan semua. bulan feb dan agustus biasanya jadwal pemberian obat cacing memang. semoga anak2 sehat selalu ya

    ReplyDelete
  17. Seru banget main berburu cacingnya. Jadi si kecil bisa paham apa itu cacingan dan harus dibasmi :)

    ReplyDelete
  18. lucu bangeet filternyaa.. anakku kalau tahu pasti suka dan mau mainin juga tuh. dia kebetulan udah bisa bedain juga mana cacing dan ulat :D

    ReplyDelete
  19. Anakku juga rutin konsumsi Konvermex Mbaak. Meski hanya 6 bulan sekali tapi ngga bisa dianggap remeh ya minum obat cacing ini.

    ReplyDelete
  20. Yah kelewatan ga bisa ikutan giveaway heheee tapi jadi inget untuk kasih obat cacing ke anak ^^

    ReplyDelete
  21. Penyakit yang sering disepelekan ya cacingan ini. Padahal bahaya kalo dibiarkan. Jadi inget deh, udah lama gak ngasih obat cacing ke keluarga.

    ReplyDelete
  22. Gemes banget sm filter IGnya.. Cacingan emg bikin sebel, apalagi ditambah anak kecil kan masih suka sembarangan abis main lupa cuci tangan trs lgsg makan.. Bikin BB anak gak naik2..

    ReplyDelete
  23. Terimakasih mba infonya bener2 bermaaf bgt nih. Oia setahun 2 kali minum obat cacing ka ya

    ReplyDelete
  24. Kalau aku selalu rutin memberikan obat cacing 6 bulan sekali, selain itu juga selalu menjaga kebersihan juga. Terutama untuk anak-anak nih karena sering main juga walau hanya di taman rumah.

    ReplyDelete
  25. dulu pernah lihat video tentang cacing di dalam perut. duh ngeri banget lihatnya. makanya penting banget ya bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan dan sedia obat cacing di rumah

    ReplyDelete
  26. Makasih ya mom infonya... Jadi nambah ilmu. Btw challangenya sampe kapan nih mom ? Pengen ikutan deh

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)