Kiat-kiat Hindari Penipuan Berbelanja di Toko Belanja Online

Menjamurnya bisnis toko belanja online atau e-commerce, dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab. Banyak yang membuat akun palsu dan online shop bodong. Semua demi keuntungan maksimal secara instan.

Sebab itulah Anda harus jeli dan hati-hati ketika berbelanja online. Jangan mudah tergiur harga murah. Pastikan Anda belanja di toko belanja online terbaik yang aman dan amanah. Kali ini, kami hadirkan beberapa cara menghindari modus penipuan ketika belanja di toko online.


Kiat Menghindari Penipuan Saat Belanja di Toko Belanja Online


Perkembangan bisnis online khususnya e-commerce maupun marketplace menjadikan masyarakat gemar berbelanja online. Namun tak jarang yang pada akhirnya justru berakhir dengan kecewa. Mulai dari barang yang sampai tidak sesuai, hingga pesanan yang tidak pernah diterima. 


Cara belanja online agar tidak tertipu


Untuk menghindari beragam modus penipuan dari toko belanja online, memilih toko belanja online terpercaya kuncinya. Selain itu, Anda bisa ikuti beberapa kiat menghindari penipuan ketika berbelanja online berikut ini.


1. Jangan Mudah Tergoda Harga Murah

Sudah bukan rahasia jika kaum hawa selalu membuat perbandingan harga dari satu toko dengan lainnya. Bukan tanpa alasan, harga termurah yang menjadi tujuannya. Sah-sah saja mencari harga termurah. Namun harus tetap masuk akal.

Sebab, umumnya modus penipuan dari oknum toko online adalah dengan harga murah. Sebagai langkah antisipasi, Anda bisa bandingkan dengan marketplace atau toko belanja online lainnya. Jika perbedaan harga terpaut cukup jauh, Anda patut waspada.


2. Minta Real Picture

Pastikan untuk meminta foto barang asli atau real picture dari barang yang akan Anda order. Terlebih jika Anda belum pernah berbelanja di toko online tersebut sebelumnya. Hal ini untuk mencegah kejadian barang yang dikirim tidak sesuai harapan. 


3. Gunakan Bantuan Pihak Ketiga


Beberapa marketplace ternama sudah menerapkan rekber atau rekening bersama. Hal ini untuk meminimalisir risiko penipuan. Sebab dana tidak akan diterima pihak penjual sebelum ada konfirmasi penerimaan barang dari pembelinya.


4. Gunakan Sistem Cash On Delivery

Jika tidak ada opsi rekber, Anda bisa memilih sistem pembayaran Cash On Delivery atau COD. Sistem ini amat direkomendasikan dalam transaksi jual beli online. Selain Anda bisa mengecek kondisi barang terlebih dahulu, juga dapat meminimalkan risiko terjadinya penipuan. 

Anda hanya akan mengeluarkan uang atau membayar barang yang datang dan sesuai dengan pesanan. Jadi ketika barang tidak sesuai, Anda berhak untuk tidak melakukan pembayaran. 

Dengan begitu, pihak penjual tidak akan memiliki celah untuk melakukan kecurangan. Bagi toko belanja online terpercaya, tidak akan segan menggunakan sistem pembayaran COD pada transaksinya.

5. Tanyakan Nomor Rekening yang Berbeda

Langkah antisipasi berikutnya adalah, menanyakan nomor rekening penjual dari bank yang berbeda. Hal ini bertujuan melihat apakah toko belanja online tersebut aman atau sebaliknya. Jika penjual memberi nomor rekening dari bank berbeda dengan nama yang berbeda juga, maka Anda patut curiga.

Untuk pembuktiannya, Anda bisa coba cek nomor rekening yang diberikan di situs pengecekan nomor rekening yang terlibat penipuan. Umumnya, toko belanja online terbaik akan menyediakan nomor rekening bank nasional berbeda dengan identitas yang sama. 

Manfaatkan kemajuan teknologi dengan bijak, bertanggung jawab dan juga jeli. Pilih toko belanja online yang kredibel untuk bertransaksi. Dengan begitu, Anda terhindar dari modus penipuan dan kebutuhan bisa terpenuhi.

Salam,
Dwi Puspita



No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)