Wednesday, August 23, 2017

Pisang Cavendish Sunpride Buah Favoritku

Akhir-akhir ini aku rutin berolahraga, selain olahraga aku juga rajin konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah. Untuk buah biasanya langsup aku "lep" atau aku jus. Untuk sayur biasanya aku rebus atau kukus tanpa tambahan apapun. Seperti tambahan garam atau gula. Semuanya bener-bener alami. Aku sadar kesehatan itu sangat penting. Sebenarnya sih... aku sudah sadar akan pentingnya kesehatan dari dulu tapi masih belum terketuk saja hatiku. Ngomong-ngomong terketuk, aku beneran dapat tamparan keras kalau aku harus peduli dengan kesehatanku. Saat cek kolesterol dan mendapatkan hasilnya aku sangat kaget. Kolesterolku berada diangka 246mg/dl. Bener-bener tamparan keras, jika tidak... pasti aku akan meremehkan kesehatanku.

Baca juga : Janjiku Kepada Tubuhku

Kalian tahu nggak? Kadar kolesterol diatas 200mg/dl. Artinya kamu harus waspada terhadap makanan yang masuk ke dalam tubuhmu dan kamu harus menjaga kesehatan tubuh terutama jantung. Kalau nggak, bakalan deh kamu akan terhempas tak berdaya akibat penyakit. Emang kamu mau "mati" gegara penyakit menggrogotimu. Tidak kan. Nah dari itu mari kita sama-sama menjaga kesehatan tubuh kita dan rajin konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur.



Untuk buah aku suka sekali dengan pisang. Didalam pisang banyak sekali mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Selama hamil dan menyusui aku selalu konsumsi pisang karena bagus sekali untuk si kecil. Nilai nutrisi untuk 100 gram pisang adalah sebagai berikut.


Sumber : www.sunpride.co.id

Salah satu pisang favoritku adalah Pisang Cavendish Sunpride. Selain daging buahnya tebal dan lembut pisang ini juga mempunyai rasa yang manis. Kulit buahnya kuning menyala dan mulus seperti buah import namun sebenarnya adalah buah lokal yang perkebunan buahnya berada di Lampung. Pisang Cavendish Sunpride ditanam dikebun milik group gunung sewu yang ada di Lampung. Kulitnya yang mulus dikarenakan perawatan yang maksimal mulai dari pemilihan bibit dan pengemasannya.
Buah Pisang Cavendish Sunpride ini sebenarnya bisa didapatkan dimana saja. Pedagang buah yang biasanya berada dipasar sudah menyediakan buah Pisang Cavendish ini. Selain itu pastinya di supermarket ataupun beberapa kios buah juga sudah menyediakan buah pisang ini. Cukup mudah sekali mendapatkannya bukan.

Weekend kemarin, aku dan duo laki-lakiku jalan-jalan ke Supermarket yang ada di Surabaya. Aku sempatkan mampir ke booth Pisang Cavendish Sunpride, siapa tahu lagi diskon. Soalnya kalo lagi diskon harganya kadang nggak masuk akal, alias murah pake banget. Hahaha... ini nih yang emak-emak suka.

Pisang Cavendish Sunpride memiliki beberapa jenis yang dijual dipasar yaitu cluster, finger dan single. Cavendish cluster terdiri dari 3-8 fingers , Cavendish finger terdiri dari 1-2 fingers sedangkan Cavendish single hanya ada 1 finger yang dikemas dalam plastik khusus yang berlubang agar bisa menjaga suhu buah dan tidak menyebabkan jamur.


Langsung pilih 1 cluster pisang Cavendish yang warnanya kuning menyala. Aku suka pisang, biasanya 1 buah pisang aku pakai sarapan. Ini salah satu cara agar aku tidak lapar dipagi hari demi tetap menjaga kebugaran tubuhku. Buah pisang adalah salah satu buah yang mudah dicerna, sehingga setelah kita memakannya pasti akan terasa kenyang.
Pisang Cavendish banyak dianggap sebagai buah import, kesan tersebut muncul karena kulit pisang yang mulus, rasanya yang manis dan warnanya yang kuning cerah.


Langsung menimbang pisang Cavendish pilihanku. Dan taraaa... harganya lumayan murah untuk pisang dengan buah tebal dan gede seperti Pisang Cavendish ini. Lafff pokoknya, buah favoritku akan menemani hariku. Hidup sehat demi keluarga tercinta.


Akhirnya belanja buah terealisasi sudah, saatnya kita memulai hidup sehat dengan lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur.
Buah lokal menjadi pilihanku dalam menjalankan misi hidup sehat ini. Aku usahakan memang setiap minggu untuk selalu belanja buah di beberapa supermarket yang memberikan diskon pada buah-buah tertentu. Terutama buah pisang, buah favoritku. Pisang menjadi favoritku karena buah ini mudah dicerna dan bikin cepat kenyang. Cocok sekali untuk aku yang program diet sehat ala ibu menyusui.



Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat popular di dunia, Pisang Cavendish banyak dikembangbiakan menggunakan metode kultur jaringan. Keunggulan bibit pisang hasil kultur jaringan dibandingkan dengan bibit dari anakan adalah bibit kultur jaringan terbebas dari penyakit seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense.

FYI, Manfaat buah pisang itu banyak sekali loh buat tubuh.

Pisang memiliki kandungan potasium yang baik untuk peredaran darah. Kandungan kalium mebantu mengatur tekanan darah. Hal ini dapat menekan resiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung. 100 gram pisang dapat memasok 1,7mg serotin yg dapat meningkatkan kemampuan otak untuk konsentrasi. Rajin konsumsi buah pisang setiap hari akan menjaga kesehatan ginjal kita ditambah dengan rajin konsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari. Selain itu dengan rajin konsumsi buah pisang akan memberikan efek positif pada tidur, yaitu tidur menjadi lebih nyenyak.

Rajin konsumsi buah pisang setiap hari pasti manfaatnya akan terasa oleh tubuh.
Oh iya, dibawah ini adalah videoku saat lomba makan pisang Cavendish di Hypermart Royal Plaza Surabaya. Alhamdulillah bisa menghabiskan 3 buah pisang Cavendish dengan ukuran jumbo dalam waktu 1 menit. Emang tinggal "lep" sih karena tekstur dagingnya yang lembut dan nggak pake acara nyangkut dikerongkongan.

Terima kasih buat mbak Yuni (@yuniarinukti) yang telah mengizinkan saya repost video ini.




Yuk jaga kesehatan tubuh kita dengan rajin konsumsi makanan sehat setiap hari. Salah satunya adalah konsumsi buah lokal, seperti pisang. Pisang Pasti Sunpride.
Hidup sehat harus dimulai dari sekarang. Semakin lengkap dengan hadirnya buah-buah lokal yang selalu memberikan nutrisi kepada tubuh. Tubuh semakin sehat dan bertenaga.
Yuk kita sama-sama hidup sehat dengan rajin konsumsi makanan yang sehat, seperti buah dan sayur.



Related Posts

Pisang Cavendish Sunpride Buah Favoritku
4/ 5
Oleh

6 komentar

Bener bgt mbak, jaga kesehatan dgn baik. Mencegah lbh baik drpd mengobati....

Saya di rumah juga gemar makan pisang, Mbak. Salah satu buah favorit selain mangga. Enaknya buah pisang itu, selain rasanya, juga karena enggak harus nunggu musim dulu. Jadi tambah sukaak sama buah pisang :)

wah keren juga Mbak menghabiskan 2 buah pisang dalam waktu 1 menit saja :)

Pisang kesukaan anak-anak saya :)

masih ketawa ngakak klo liat pidio lomba makan pisang ituh :D

Hebat euy menang lomba makan pisang sampai gemeteran tanganmu, Mbak
Sunpride memang enak buah-buahannya, termasuk si Cavendish ini

Yuk berkomentar :)