Alasan Kenapa Kucing Tidak Sebaiknya Dipakaikan Baju!

Banyak banget foto dan video dimana kucing diberi baju. Lucu dan bikin gemes sih, saya sendiri juga tersenyum-senyum kalau lihat kucing pakai baju. Tapi sebenarnya bagi saya memakaikan baju ke kucing itu: BIG NO dengan sedikit pengecualian.

Apa sih tujuan utama baju kucing? Membuat kucingmu tampak lucu dan imut kan? Buktinya banyak baju kucing yang dijual ditujukan untuk kelucuan dan keimutan itu.



Yah bikin kucing jadi lucu dan imut dan meredakan stress kita. Tapi bagi kucing sendiri, banyak mudharatnya.

Berikut Alasan Kenapa Baju Itu Nggak Bagus Buat Kucing

Baju bisa membuat kucing stress, misalnya baju yang kesempitan atau bahannya yang bikin gatal. Baju juga bakal menghalangi kucing melakukan kebiasaan alaminya.

Kucing sangat bergantung pada indra mereka. Baju bisa mengganggu pendengaran, penglihatan, penggunaan kumis, dan lagian tubuh mereka yang sensitif bisa merasa aneh juga saat memakai baju.

Selain itu, agar merasa aman kucing bergantung pada kemampuan mereka untuk bergerak dan bersembunyi dengan cepat. Baju, bisa sangat mengganggu pergerakannya. Belum lagi kemampuan mengatur suhu tubuhnya juga bisa kacau.

Tahu kan kalau kucing gemar merawat dan menjilati bulu mereka. Tiada hari tanpa bersolek dan mereka suka berlama-lama melakukannya. Baju tentu saja menghalangi mereka melakukan kebiasaan penting itu.

Memakaikan kerah dan bandana pada kucing juga berpotensi mencekik mereka. Apalagi kalau kucingmu outdoor, begitu ketemu kucing lain lalu berantem atau berkejaran. Bandana bisa tertarik dan mencekik, kasihan kan.

Komunikasi penting banget bagi kucing, salah satu alat komunikasi mereka adalah bahasa tubuh. Baju bisa membuat hewan lain kesulitan memahami bahasa tubuh si kucing. Akibatnya mereka bisa berlaku agresif satu sama lain dan berkelahi sengit.

Lalu Kapan Baju Kucing Diperlukan?

Sehabis operasi untuk mencegahnya menjilat atau mencakar jahitan. Kerah buster, kerah berbentuk kerucut, juga berguna untuk masa pemulihan kucing dari operasi atau sakit seperti sakit mata. Yang penting pilih baju dan kerah yang nyaman dan mudah dilepas dengan cepat.

Baju juga kadang diperlukan oleh ras kucing tertentu yang tidak berambut seperti Sphynx untuk membuatnya hangat. Tapi tidak semua kucing hairless nyaman memakai baju. Jika memang tidak nyaman, sebaiknya temukan cara lain untuk menjaga kehangatan tubuh si kucing.

Bulu kucing itu secara natural sudah indah kok, nggak perlu ditutupin pakai baju aneh-aneh. Jika baju atau asesoris tidak didesain untuk keperluan medis, membuatnya hangat, atau untuk keamanan maka baju/asesoris itu tidak usah dipakaikan ke kucing.

Tapi bagaimana kalau kucing diam saja saat diberi baju, berarti dia nyaman dong? Mungkin ada yang bertanya seperti itu. Jawabnya, diam bukan berarti kucingmu nyaman, setuju, dan suka.

Kucing itu bukan mainan, bukan boneka yang bisa dikasih baju seenaknya. Masih banyak kok cara lain untuk menunjukkan rasa sayang kita ke kucing, setuju?

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)