3 Aplikasi Membaca Novel Online Penghilang Rasa Bosan

Novel sebuah buku cerita romantis yang dulu pernah menjadi sahabat saya ketika saya sedang ingin bersenang-senang dengan alam pikiran saya yang sedang beranjak remaja.

Menurut Wikipedia, makna dari Novel adalah "Novel adalah karangan prosa panjang yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang yang berada di sekelilingnya dan menonjolkan watak (karakter) dan sifat setiap pelaku. Novel terdiri dari bab dan sub-bab tertentu sesuai dengan kisah ceritanya. Penulis novel disebut novelis".

Cara berlangganan wattpad menggunakan gopay

Saat itu saya masih SMP dan buku novel yang saya baca mengenai percintaan. Otomatis cerita dari Novel yang saya baca sama persis dengan kehidupan saya saat itu. Apalagi saat itu saya sedang kasmaran dengan teman sekelas saya yang wajahnya sama dengan Pedro di serial Amigos X Siempre. Duh, mengingat masa remaja yang nano-nano kala itu membuat saya sadar bahwa tingkat kedewasaan itu penuh proses.

Novel yang paling favorit versi saya masih dipegang oleh penulis Mira W. Saya suka sekali alur ceritanya dan ngena banget untuk saya yang mudah rapuh ini. Judul Novel Mira W yang pernah saya baca antara lain : Dari Jendela SMP (1983), Galau Remaja di SMA (1984), Limbah Dosa (1993), dan Cinta Berkalang Noda (2000). Dulu saya harus sembunyi-sembunyi saat membaca novel, karena ibu tidak akan mengizinkan saya membaca buku selain buku pelajaran. Pasti deh kalau ketahuan ibu saya akan dihukum dengan cara tidak memberikan uang jajan ke saya selama 3 hari. Hahaha... Kenangan yang benar-benar tak terlupakan saat itu.

Mengingat kenangan itu membuat saya tertawa sendiri. Ternyata saya termasuk yang penakut dan sebenarnya saya bisa membuktikan pada orang tua walaupun saya suka membaca Novel namun saya tak melupakan pelajaran. Buktinya nilai pelajaran saya selalu bagus.

Sekarang saya sudah bebas mau baca Novel kapan pun dan dimana pun. Dan sekarang saya bisa membaca Novel dari Smartphone menggunakan aplikasi. Nah buat kalian yang suka baca Novel pasti sudah familiar dengan aplikasi produktif di rumah yaitu dengan membaca novel.

Di zaman sekarang mungkin kebanyakan para pecinta Novel maupun mereka yang suka membaca lebih memilih membaca secara online lewat aplikasi Novel atau buku bacaan lainnya. Dengan membaca secara online lebih membuat kemudahan mereka untuk membaca Novel atau buku yang mereka inginkan tanpa perlu berat-berat membawa buku. Dengan adanya aplikasi tersebut kita hanya tinggal mencari genre yang kita sukai, baca sinopsisnya, jika bagus lanjut deh membaca hingga selesai.

Selama di rumah saja beberapa bulan ini, saya iseng menyalurkan hobi menonton dan membaca Novel. Jika bosan menonton kadang saya membaca Novel. Berikut beberapa aplikasi rekomendasi saya untuk membaca Novel secara online.

3 Aplikasi Membaca Novel Penghilang Rasa Bosan


1. Wattpad
Awal mengenal Wattpad dari teman blogger saya. Kebetulan dia adalah penulis novel romantis di platform ini. Genre cerita di Wattpad banyak pilihan seperti genre romansa, fiksi ilmiah, misteri, komedi, petualangan aksi, fantasi, fiksi dewasa muda, dan masih banyak lainnya. Selain menjadi pembaca, teman-teman pun bisa menjadi penulis di Wattpad. Jadi jika kalian mempunyai banyak ide, tinggal menuangkan ide cerita tersebut di Wattpad.

Cara berlangganan wattpad menggunakan gopay


2. Dreame
Aplikasi Dreame juga cocok bagi mereka yang suka membaca Novel. Namun aplikasi ini sepertinya sangat khusus untuk para pembaca wanita dan penulis wanita. Dreame menyediakan serial fiksi online yang menarik. Platform yang pas untuk membaca di mana pembaca dapat membenamkan diri ke dalam cerita menarik terbaru di mana saja dan kapan saja. Tempat impian di mana penulis dapat menuangkan ide mereka sebagai penulis yang sukses.

Cara berlangganan wattpad menggunakan gopay


3. WebNovel
WebNovel adalah salah satu aplikasi untuk membaca online secara gratis. Banyak genre novel yang bisa dibaca secara online di aplikasi ini, genre tersebut antara lain: light novel, Buku adaptasi dari anime, Cerita dari Heroes yang lahir kembali, Buku berbau Magic, Fantasy Timur, Dunia Silat/ Kungfu, Cerita Seram/ Horror, Buku Romance dan Percintaan, Fanfiksi, Science Fiksi, Cerita tentang Video Game/ Virtual Reality, dan macam-macam cerita asli dari pengarang lokal. Lebih dari 10juta lebih yang mendownload aplikasi ini pastinya untuk hiburan.

Sebenarnya banyak sekali aplikasi produktif di Google Play untuk membaca novel ataupun buku secara online. Nah dari beberapa aplikasi tersebut saya memilih mendownload aplikasi Wattpad untuk membaca Novel atau cerita lainnya. Agar terhindar dari iklan dan untuk menikmati pengalaman lainnya yang berkesan saya memulai berlangganan Wattpad dengan beralih ke premium. Pastinya beli aplikasi di Google Play dengan metode pembayarannya saya menggunakan GoPay karena lebih simpel, praktis dan banyak promo. Mengapa saya bilang praktis? Karena cukup sekali klik aja untuk membeli aplikasi yang kita inginkan dan bebas biaya admin.

Berikut Cara Berlangganan Wattpad menggunakan Gopay.

1. Download aplikasi Wattpad di smartphone kamu


2. Klik pengaturan di sebelah kanan atas

Cara berlangganan wattpad menggunakan gopay

3. Kemudian pilih Langganan


Cara berlangganan wattpad menggunakan gopay
Cara berlangganan wattpad menggunakan gopay

4. Nantinya akan muncul keterangan Tambahkan metode pembayaran
5. Pilih tambahkan GoPay

Cara berlangganan wattpad menggunakan gopay


6. Nantinya akan ada keterangan " Hubungkan Google ke GoPay " dan klik lanjut

Cara berlangganan wattpad menggunakan gopay


7. Masukkan no PIN GoPay kamu hingga ada keterangan sukses seperti gambar di bawah ini.

Cara berlangganan wattpad menggunakan gopay


8. Selanjutnya tinggal klik "Langganan" di keterangan paling bawah.

Cara berlangganan wattpad menggunakan gopay


9. Selesai dan cepat bukan. Selamat menikmati akun Wattpad Premium ya.


Membeli aplikasi Novel di Google Play murah dan mudah. Untuk itu buat teman-teman saya sarankan untuk selalu langganan aplikasi di Google Play dan pastinya memilih metode pembayaran GoPay karena banyak cashback loh.
Pengalaman saya yang menyenangkan selama berlangganan paket premium karena bisa bebas membaca tanpa ada iklan. 

Teman-teman bisa cek promo Google Play dengan menggunakan GoPay di sini yaah. Oh ya, nggak perlu khawatir karena promo GoPay di Google Play ini ada setiap bulannya jadi teman-teman yang membeli aplikasi disini akan lebih hemat loh. Asyik banget kan, yuk cobain juga.

Salam,
Dwi Puspita

71 comments:

  1. aku sukanya yang dreame ka, betul juga kalau koinnya habis aku pasti belinya pakai gopay, seru juga ternyata cerita-cerita di aplikasi online ini, apalagi ada gopay lebih mudah banget dan praktis kalau sekali-kali koinya habis pas lagi asik membaca ehhe

    ReplyDelete
  2. Wah bisa beli wattpad premium ya pakai Gopay? baru tahu nih jadi bikin lebih mudah banget dong ya mba

    ReplyDelete
  3. saya taunya yang wattpad aja dn ternyata ada banyak yang lain ya

    ReplyDelete
  4. jadi inget jaman kuliah, aku penggemar banget membaca online, karena udah berat bawa buku pelaaran jadi bawanya tablet untuk bahan bacaan lainnya hehe

    ReplyDelete
  5. Ternyata banyak ya aplikasi baca novel, saya tahunya cuma wattpad doang. Kalo dulu pas remaja saya sukanya genre detektif seperti Lima Sekawan dan novel2 Hercule Poirot. Kalo yg genre romantis sesekali aja bacanya soalnya takut jadi baper terbawa arus cerita romantis, hehe..

    ReplyDelete
  6. Wattpad masih tetap jadi idola. Ternyata banyak juga ya aplikasi buat baca online gini. Jadi banyak pilihan deh.

    ReplyDelete
  7. Aku juga seneng di web novel, lebih beragam. Semuanya basisnya koin ya, belinya biasanya dapat bonus kalau beli banyak. Praktis juga pakai gopay

    ReplyDelete
  8. Saya suka baca di Wattpad kak. Karna udah jarang ketemu buku hardcopy sekarang dan dulu zaman SMA sukanya baca Harry Potter. Entah kenapa suka yg series (dwilogi, trilogi atau tetralogi) gitu. Kalo lokal suka Tetralogi Laskar Pelangi. Sampe nangis bacanya. Huhuhu

    ReplyDelete
  9. Kalau aku sekarang lagi aktif nulis novel di kwikku.
    Asyik nih ada gopay jadi mudah bertransaksi, ya

    ReplyDelete
  10. Jadi penasaran baca novel di aplikasi, selama ini baca novel bentuk hard copy aja, kayaknya serunjuga baca di salah satu aplikasi novel di atas

    ReplyDelete
  11. harga berlangganan Wattpad ini bersahabat banget di kantong ya, cuman 65rb per bulan.
    Dari ketiga aplikasi ini, Wattpad sih yang sudah aku instal. Lumayan buat mengisi waktu luang kalo pas santai hehe.

    ReplyDelete
  12. Aku juga hobi banget baca novel, mbak. Sekarang lebih suka baca secara online karena lebih praktis.

    ReplyDelete
  13. wah kalau aku suaknya buku ya, mataku gak kuat lama2 lht layar. oh ya aku juga suka dg novel Mira W

    ReplyDelete
  14. 3 aplikasi ini bakalan berguna bgt ya buat yg suka baca online secara online. Apalg gmpng bgt bisa berlangganan cm pake gopay hehe

    ReplyDelete
  15. Baru tau ternyata ada beberapa aplikasi baca novel.. pernah berapa kali baca di wattpad tapi yg di web ga tau kalau ada aplikasinya. Jdi penasaran pngen coba juga

    ReplyDelete
  16. Boleh juga nih, aku belum pernah coba baca novel di dreame dan webnovel, sekarang lagi suka baca web comic sih hehe

    ReplyDelete
  17. Hehe...pilihan aplikasi kita beda semua ya. Khusus Wattpad, aku masih nggak respek sama platform satu ini setelah beberapa novelku (juga banyak novel teman-temanku) diplagiat di sana. Padahal novel kami jelas-jelas dilindungi hak cipta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih banget kalau kaya gini yaa..
      Jadi di Wattpad itu gak ada saringannya yaa..?
      Lolos lolos aja gitu yang mau posting novel?

      Delete
  18. makin banyak ya mbak aplikasi pembaca novel online. aku masih suka baca buku fisik haha tapi untuk hemat waktu dan biaya, lebih menarik baca online ya.

    ReplyDelete
  19. pernah mencoba Kwikku kah mbak?

    ReplyDelete
  20. Selama ini pengen coba membaca novel online, pengen juga nawarin ke anakku yg suka baca, tapi suka takut ada cerita yang belum pantas untuk seusianya, kira-kira bisa diprotek gak ya?

    ReplyDelete
  21. Dulu aku suka baa wattpad tapi akhir2 ini udah gak, lagi nyobain dream nih. Kadang kangen juga baca novel cetak, cuma suka nganggur gitu aja mending lwat aplikasi aja sekarng

    ReplyDelete
  22. Ternyata wattpad juga berbayar toh...pernah pakai yang dreame aja, tapi karena bacanya musti beli koin mulu akhirnya kuhapus. Soalnya masih banyak buku fisik yang belum selesai kubaca juga sih..

    ReplyDelete
  23. Wah bisa pakai Gopay ya untuk bayar aplikasi premium termasuk aplikasi baca novel gini.. Pengen banget baca2 lewat aplikasi..

    ReplyDelete
  24. Bener kak selama dirumah aja biar ga bosen aku juga baca2 di wattpad. Belum pernah ke dream dan webnovel. Kayaknya seru juga nih.. siap meluncur deh.

    ReplyDelete
  25. Dari 3 aplikasi di artikel ini, saya baru tau dan baca wattpad doang. Makasih informasinya ya ka, jadi tahu platform baca novel online lainnya :)

    ReplyDelete
  26. wah aku baru tau nih yang dreame dan webnovel. makasi lho mbak informasinya. soalnya aku kekurangan bahan bacaan sekarang nih.

    ReplyDelete
  27. Aku suka baca novel di wattpad. Mau coba baca baca di dreame nih krn krn sering muncul iklannya di aplikasi hape kekekeke

    ReplyDelete
  28. Aku masih lebih seneng buku fisik siy mbak, kalau baca online atau di web nggak tahan lama, capek di mata ehehe. Tapi aplikasi baca online tetap banyak kok yang demen ya, bisa baca kapan saja dimana saja πŸ‘

    ReplyDelete
  29. Baru tahu nih aku mbak kalo ada apps baca novel, terlalu monotone cuman baca komik aja di webtoon, lumayan nih mbak bisa buat bahan bacaan, thanks sharingnya

    ReplyDelete
  30. Aku bacanya di Wattpad kak. Kalau web novel dan dreame malah belum pernah. Di webnovel gampang yah bayarnya bisa pakai gopay. Coba deh aku mau pakai webnovel juga. Penasaran pengen baca yang lebih beragam. Terimakasih kak knfo jya

    ReplyDelete
  31. aku pecinta wattpad, baru tau nih segampang ituu hehehe cuuus deh :)

    ReplyDelete
  32. Wattpad ini bikin penasaran, tapi sekaligus juga aku khawatir nanti keterusan susah stopnya hehehe. Jadi sekali dua kali aja buka versi webnya waktu penasaran sama cerita yang viral. App bacaan lain kalau enggak salah juga KBM (d.h. Ketix), Kwikku, ini termasuk juga nggak ya, Mbak?

    ReplyDelete
  33. aku baru tau dreame sama webnovel nih mba. Kalo wattpad udah pernah coba baca disanaa. abis ini mau download dreame ahh

    ReplyDelete
  34. Andalan saya masih wattpad dan web novel hehe. Gak rempong juga buat langganannya. Gara-gara dua aplikasi itu jadi nagih buat baca novel.

    ReplyDelete
  35. Aku belum punya ketiganya ini mba Dwi
    biasanya aku make gramedia digital langganannya
    tapi penasaran juga dengna platform yang lain hehehe seru ya.

    ReplyDelete
  36. sekarang mau langganan aplikasi mudah banget bayarnya pakai gopay ya mbak. dulu harus pake cc.

    ReplyDelete
  37. Wah ternyata bisa ya langganana bayar pakai gopay? Baru tau, honestly hehe. Btw aplikasi dreame sering bangt muncul d FB. Kukira aplikasi apa hehe

    ReplyDelete
  38. di wattpad ini ada biografi nggak mbak? karena saya kurang suka membaca novel hehee sukanya kisah hidup orang :)

    ReplyDelete
  39. Ketiga-tiganya pernah lihat iklannya, dan tampak menjanjikan isi kontennha. 😁 Tp kelemahan baca lewat gadget gini memang rasa capek di mata ya mbak, apalagi aku kl udah baca novel susah berhentinya.

    ReplyDelete
  40. Aku dulu pecinta wattpad garis keras karena banyak cerita bagus disana. Tapi lama-lama jadi agak bosan dan akhirnya punya hubungan putus nyambung aka instal uninstal sama wattpadπŸ˜‚. Bahkan ada beberapa novel yang dulu suka aku baca di wattpad udah di jadiin film, huhuhu terharu.

    ReplyDelete
  41. wah ga kepikiran bisa yaa baca novel lewat smartphone
    novel udah banyak juga yang berupa e-book
    trus bayarnya kan gampang langsung pakai gopay aja!

    ReplyDelete
  42. Bisa jadi penghematan juga ya beb daripada beli novel fisik hehe, menarik nih bisa jadi penyelamat waktu luang

    ReplyDelete
  43. Duku aku juga suka mira W. Sekarang amsih ada nggak sih? Kalau baca novel online aku belum pernah. Tahunya sih whatpad. Cm blm regiter disana

    ReplyDelete
  44. Ya ampun mba waktu masih zaman sekolah suka novel mira w? Haha aku mah baru tau novel mira w pas udah kuliah.. aku bacanya teenlit sesuai dengan masanya pas masih remaja.. kenangan yg indah banget deh

    ReplyDelete
  45. Aku juga pakai Wattpad karena saat gini butuh banget bacaan dan karena beli fisik sekarang inigak memungkinkan dan udah cocok si Wattpad.

    ReplyDelete
  46. Aku belom pernah nih baca novel online di wattpad dll. Itu tuh berbayar ya aku pikir gratisan gitu mbak

    ReplyDelete
  47. Sekarang mau baca novel gampang banget ya, bisa lewat hape.. Mau baca di mana aja praktis hihi

    ReplyDelete
  48. udah lama tau wattpad ini tapi belum pernah coba install, jadi pengen coba ah lumayang juga ya biar gak bosen banyak bahan bacaan

    ReplyDelete
  49. Seru juga ya jaman digital sekarang jadi bisa berlangganan novel yang dibaca langsung dari smartphone. Dulu, beli novel kudu nabung dulu mbak karena lumayan mahal kalau dibeli di Toko Buku. Sekarang simple bisa bayar pakai gopay pula.

    ReplyDelete
  50. Yang aku belum download itu yang Wattpad mba. Boleh nih di download, biar nambah lagi koleksi bacaan novel virtual aki

    ReplyDelete
  51. Aku punya wattpad dan pernah baca beberapa judul di sana. Cm sejak ada anak kedua, blom sempet lagi baca2 πŸ˜…

    ReplyDelete
  52. Lumayan juga yaa...langganan wattpad setahunnya lumayan juga yaa...
    Dengan GoPay, membaca bisa lebih nyaman tanpa jeda apapun.

    ReplyDelete
  53. We do have so many platforms nowadays where we can read good novels and other references as well. Good thing that we have this now

    ReplyDelete
  54. Sekarang baca novel jadi gampang, udah tersedia secara online dengan berbagai pilihan yg menarik :D

    ReplyDelete
  55. aku pakai yang dreame mba, dan memang enak banget kalau habis koinnya udah bisa langsung beli pakai gopay, praktis banget dan mudah ga harus repot-repot buat beli koin kemana-mana

    ReplyDelete
  56. Wah gopay ini dompet digital sejuta umat ya, apa aja bisa bayar pakai gopay sekarang

    ReplyDelete
  57. Belum pernah nih aku merasakan sensasi baca novel lewat aplikasi. Seru juga ya? Enaknya juga ga perlu space tempat dirumah ya Mba. Mau cobain ah....macam2 genre nya kan ya?

    ReplyDelete
  58. Pernah dengar soal wattpad, tapi belum pernah membaca di situ, hihi. Rekomendasinya boleh juga tapinya, karena jaman now yg serba digital seperti sekarang ya

    ReplyDelete
  59. Aku blm pasang ketiga apliaksi td. Yang aku pake skr aplikasi Ipusnas mba utk membaca. Coba ntr mau liat yg wattpad deh. Banyak denger cerita2 yg ditulis bagus :). Kalo mau jujur, sbnrnya aku msh LBH suka buku fisik drpd e-book. Tp Krn pojok buku di rumah udh penuuuuh bangettt dan ga bisa nampung LG, jd mau ga mau udh bbrp bulan ini aku baca secara online :D. Cm ya bacanya jd ga bisa lama, Krn mataku yg udh minus banget dan srg capek kalo kelamaan liat layar :(.

    ReplyDelete
  60. Jaman sudah modern, semua ada di fasilitas online sampe baca novel pun di online biasanya kita baca buku dengan dengan memegang buku. Salur di era 4.0 ini serba online

    ReplyDelete
  61. Ternyata banyak ya aplikasi baca buku di google play, saya baru pakai playbook aja, hihihi...

    ReplyDelete
  62. Membaca novel memang enak dan terkadang juga bikin baper setelah membaca novel tersebut.

    ReplyDelete
  63. Kalau aku lebih hobi baca di Webtoon sih mba. Dan happy juga karena bisa bayar koinnya pakai Gopay.

    ReplyDelete
  64. Ketiganya bikin pengen tak akses kabeh mba wkwkkw
    tapi pasti ada yang paling salah satu kita cocok dan suka ya ketimbang yang lain
    Sekarang baca digital jadi lebih mudah

    ReplyDelete
  65. dari 3 web di atas yang pernah ku akses cuman wattpad karena sering direkomen temen hihihi... ceritanya banyak jenisnya.. cuman sekarang ini blom akses wattpad lagi karena lagi sering akses web masak masakan :D

    ReplyDelete
  66. Asliii baru tau bisa bayar pakai gopay. Selama ini aku bayar pakai kartu kredit. Hahaha btw, langganan wattpad lebih mahal dari netflix ternyata ya

    ReplyDelete
  67. Mpo juga suka mira w. Hahaha ketahuan deh umurnya. Sekarang lebih enak lagi nih bisa baca novel secara online di aplikasi. Jaman mpo meski jalan kaki ke tempat sewa novel.

    ReplyDelete
  68. Kalau aku lebih sering baca via ipusnas atau Ijak mba, dan wattpadku belum aku premium kan. Bisa dicoba nih

    ReplyDelete
  69. Aku kadang suka baca di wattpad hehehe, tapi kok klo cerita horror suka baca di twitter ya? thread thread horror gitu lebih seru hihi

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)