Agar Tubuh Selalu Sehat Lakukan Gaya Hidup Sehat Yang Sederhana Ini

Ternyata agar selalu memiliki tubuh yang sehat itu sangatlah mudah. Untuk membuat tubuh selalu sehat anda bisa melakukan gaya hidup sehat yang sederhana, misalnya adalah dengan cara banyak mengonsumsi air putih dan berjemur di pagi hari. Karena memang mengonsumsi air putih dan berjemur di pagi hari banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya. 




Manfaat Mengonsumsi Air Putih

1. Bisa Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Pada saat kita tidur di malam hari, tubuh kita ini memperbaiki diri serta mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Sehingga, pada saat kita minum air putih pada waktu perut masih kosong di pagi hari, maka air putih tersebut bisa membersihkan racun di dalam tubuh kita, dan akhirnya tubuh menjadi lebih sehat dan segar. Selain itu, dengan sering meminum air putih juga bisa membantu untuk meningkatkan produksi sel darah baru dan sel otot.

2. Membantu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Menurut penelitian, bahwa dengan meminum air putih pada saat perut kosong mampu meningkatkan tingkat metabolisme pada tubuh kita, setidaknya 24%. Sehingga hal tersebut sangat penting, terutama bagi orang-orang yang sedang melakukan program diet. Karena dengan sistem metabolisme yang meningkat, otomatis sistem pencernaan akan menjadi lebih baik, dan kita bisa mengikuti program diet dengan baik jika sistem pencernaan kita bisa lebih cepat untuk menyerap nutrisi.





3. Mencegah Obesitas

Jika kita minum air putih pada pagi hari ketika perut belum terisi, maka akan mengeluarkan semua racun dan hal tersebut bisa memperbaiki sistem pencernaan kita. Sehingga kita akan menjadi tidak merasa lapar dan hasrat unuk makan akan semakin berkurang, yang akhirnya bisa mencegah terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan.

4. Mencegah Gangguan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan bisa terganggu jika meningkatnya keasaman di perut. Sehingga, bagi penderita maag yang akan dirasakan adalah asam lambung kembali ke kerongkongan. Akan tetapi, jika kita minum air putih pada saat perut belum terisi, maka asam ini akan bisa ditekan dan diencerkan sehingga bisa mencegah terjadinya asam lambung meningkat.

Manfaat Sinar Matahari

1. Menyehatkan Tulang

Perlu diketahui bahwa sinar matahari bisa merangsang tubuh memproduksi vitamin D. Paparan sinar ultra violet pada leher, wajah, lengan, dan kaki selama 10-15 menit bisa menghasilkan 1.000 unit internasional (IU) sampai 3.000 IU. Jadi, dengan meningkatnya vitamin D di dalam tubuh karena paparan sinar ultra violet bisa meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh. Tentunya hal ini merupakan solusi dalam pembentukan serta perbaikan tulang juga mencegah penyakit seperti osteomalacia dan rakitis. 

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat sinar matahari berikutnya adalah mampu meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit. Dengan demikian, nutrisi serta oksigen lebih banyak dibawa menuju sel-sel saat pembuluh darah kapiler terbuka sehingga kesehatan pun menjadi lebih baik. Bukan hanya itu, jantung pun bisa menjadi lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi saat beristirahat dan mengurangi tekanan darah.



3. Mengurangi Gula Darah

Ternyata sinar matahari juga dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Karena sinar matahari merupakan insulin alami yang memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Maka, hal inilah yang merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen yang kemudian disimpan di dalam hati dan otot. Poses inilah sebagai turunnya kadar gula darah.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)