6 Hal yang Harus Anda Pelajari Sebelum Terjun dalam Bisnis Online Shop Reseller

Bisnis online shop reseller kini mengalami peningkatan yang cukup tajam. Online shop reseller sendiri merupakan salah bisnis yang dilakukan dengan bantuan media internet. Bisnis ini dapat dijalankan di mana saja dan kapan saja selama terhubung dengan jaringan internet. Semua orang berpeluang untuk menjadi online shop reseller, mulai dari ibu rumah tangga, pekerja kantoran yang ingin menambah penghasilan, hingga mahasiswa.



Para reseller bisa memasarkan berbagai macam produk, seperti misalnya pakaian, tas, sepatu, produk kecantikan, dan lain sebagainya. Untuk bisa sukses menjalankan bisnis ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, di antaranya:

1. Popularitas Brand

Anda harus mencari tahu tentang popularitas brand sebelum memutuskan untuk terjun menjadi online shop reseller. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda bisa mengetahui apakah brand tersebut sudah dikenal dengan baik di tengah masyarakat ataukah belum. Semakin populer sebuah brand, maka semakin besar pula peluangnya untuk dilirik oleh banyak konsumen. Namun, apabila brand tersebut memang sudah punya popularitas yang baik, maka Anda harus siap untuk bersaing. Sebab, tentu saja ada banyak orang yang juga tertarik untuk menjadi reseller dari brand tersebut. 



2. Profil Perusahaan 

Sebelum Anda terjun menjadi reseller sebuah online shop, terlebih dahulu Anda harus mempelajari tentang profil perusahaan online shop tersebut. Apabila Anda telah menemukan satu perusahaan yang sekiranya bisa mendukung bisnis Anda sebagai reseller, maka Anda harus teliti dalam mempelajari profil perusahaan tersebut. 

Anda dapat mencari tahu informasi seputar perusahaan tersebut melalui mesin pencari seperti Google. Cari tahu pula reputasi perusahaan tersebut melalui komentar atau tanggapan dari reseller lain yang telah bergabung di perusahaan tersebut. 

3. Sistem Pelayanan 

Agar bisnis online shop reseller bisa berhasil, terlebih dahulu Anda harus memastikan sistem pelayanan dari perusahaan yang membuka jasa untuk menjadi reseller. Pastikan perusahaan tersebut memberikan support online setiap hari dengan durasi waktu yang cukup sehingga pelayanan yang diberikan pada konsumen benar-benar maksimal.

4. Pengetahuan tentang Jual-Beli

Sebagai reseller, Anda dituntut untuk memiliki pengetahuan yang baik seputar dunia jual-beli, khususnya yang dilakukan secara online. Hal ini menjadi sebuah hal penting yang harus benar-benar Anda perhatikan agar nantinya Anda tahu bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari transaksi jual beli tersebut.


5. Teknik Pemasaran 

Para reseller diharuskan memiliki pengetahuan yang baik seputar teknik pemasaran. Dengan mengetahui bagaimana cara promosi yang baik, maka seorang reseller akan lebih mudah dalam menarik banyak pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkannya. Tanpa teknik pemasaran yang tepat, maka bisnis online shop yang Anda jalankan pasti tidak akan berkembang. 

6. Hubungan dengan Supplier dan Konsumen 

Agar Anda bisa sukses menjalankan usaha sebagai online shop reseller, maka Anda harus bisa menjaga hubungan dengan supplier maupun dengan para konsumen. Dengan hubungan yang baik tersebut, bisnis online Anda bisa bertahan lama.

Dari pembahasan di atas, tentu saja kini Anda sudah punya pemahaman yang cukup baik tentang berbagai hal penting untuk diperhatikan sebelum menjalankan bisnis online shop reseller. Jika Anda tertarik untuk menjadi reseller di Tokodistributor, platform B2B yang mempertemukan supplier dengan reseller, maka informasi tersebut rasanya akan sangat bermanfaat untuk Anda. Dengan bergabung bersama Tokodistributor, Anda bisa mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi jual beli sehingga bisnis online shop reseller di Tokodistributor bisa berjalan dengan lebih optimal. Untuk mendaftar kamu bisa klik banner dibawah ini ya!


Salam,
Dwi Puspita

16 comments:

  1. Mengetahui ilmu jual beli mau tidak mau harus memahaminya dulu sebelum mengambil pilihan akan terjun ke dunia dagang ini ya ...
    Jadi reseller sekarang banyak dipilih soalnya ga perlu modal gede

    ReplyDelete
  2. Disaat pandemi gini tuh emang jadi reseller yang paling mudah dan enak sih menurutku ya, walau belum menjalankan. Tapi beberapa teman juga ada yang jadi reseller dan mereka sih enjoy-enjoy saja.

    ReplyDelete
  3. Banyak banget nih orang yang bisnis jadi reseller, ini karena tidak butuh banyak modal. Cuma dengan upload foto aja. Tapi kalau mau sukses ya memang harus belajar banya, seperti point2 yang mbak tulis diatas

    ReplyDelete
  4. Nah skrng udah banyak bnget sih peluang usaha online salah satu nya ya Reseller ini. Tips yg bermanfaat nih, mau coba" jg jd Reseller buat tambah penghasilan

    ReplyDelete
  5. Hubungan dengan supplier memang harus bisa terjalin dengan baik, karena sebagai pemasok kebutuhan barang yang akan dipasarkan. Jadi bisa lebih berkesinambungan

    ReplyDelete
  6. Wah jujur menurut aku jadi seorang reseller itu perlu tips dan trik dari para distributor, selain itu punya komunikasi yg baik antara konsumen juga perlu sih.

    ReplyDelete
  7. Jadi reseller pun kita harus pertimbangkan dulu tuh ya sistemnya kaya apa, plus dukungan pemilik brand/produknya pun seperti apa, karena di masa kaya gini, jadi reseller bisa jadi alternatif menambah income

    ReplyDelete
  8. Temanku ada yg lagi menggeluti usaha jadi reseller, Alhamdulillah lumayan katanya, apalagi saat pandemi seperti ini

    ReplyDelete
  9. seneng ya liat yang banyak mulai usahanya bahkan dari nol, sekarang udh gampang bgt semenjak banyak bisnis online :) semoga bisa membantu artikel ini buat teman-teman yg mulai bisnis :)

    ReplyDelete
  10. Wah bner bgt nih mba, kita harus cek ricek dgn detail dlu ya biar utk meminimalisir resiko

    ReplyDelete
  11. Emg kudu cek ricek dgn detail ya mba utk meminimalisir resiko

    ReplyDelete
  12. Yes penting banget hubungan antara suplier dan konsumen. Jangan sampai produk bagus tapi sistem antara produsen dan reseller masih nggak bagus. Yang ada malah kurang dapat kepercayaan.

    ReplyDelete
  13. Dulu kayanya susah bgt cari supplier. Eh sekarang sudah ada platform khusus yang bisa mempertemukan supplier dan reseller. Keren bgt ini, jadi makin mempermudah yang mau mulai bisnis.

    ReplyDelete
  14. Sekarang platform buat cari supplier udah lumayan banyak, jadi mendukung banget buat yang pengen punya online shop/bisnis tapi modal minim. Dulu tuh nyari supplier susahnya minta ampunšŸ˜­

    ReplyDelete
  15. Skrg banyak banget peluang reseller apapun yak, supplier juga mudah dijangkau ketimbang dulu bingung nyarinya. Makasih tips2nya mbak, akan kuingat sewaktu ingin mulai berbisnis

    ReplyDelete
  16. Dulu sempat mau jadi reseller sebuah brand mukena tapi nggak jadi karena nggak punya ilmunya. Setelah baca ini jadi lebih paham. Semoga ada kesempatan lagi untuk jadi reseller.

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)