Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Relationship Officer Yang Perlu Kamu Tahu

Bagi kamu jobseekers tentu pernah mendengar dibukanya lowongan kerja sebagai relationship officer (RO) di perusahaan seperti pengkreditan, koperasi dan perbankan. Apakah kamu bertanya-tanya apa sebenarnya RO itu dan apa tugas dan tanggung jawabnya? Sebelum kamu terjun ke dalamnya, perlu kamu tau jobdesk dari pekerjaan itu, jangan sampai nanti kamu dinyatakan lolos, tapi ternyata kamu tidak suka dengan pekerjaan sendiri.
Ada banyak istilah dalam pekerjaan yang masih belum diketahui banyak orang. Seperti relationship officer ini, adalah pekerjaan yang masuk dalam kategori marketing yang tugas umumnya menjaga hubungan baik dengan nasabah dalam dunia perbankan baik itu secara intern perusahaan maupun ekstern perusahaan. 

Sebagai contoh lembaga perbankan yang selalu membuka pelatihan khusus untuk relationship officer adalah Bank BCA. Program relationship officer BCA ini fokus untuk melatih untuk menjadi relationship officer BCA yang kompeten dalam melakukan fungsi pemasaran, menganalisis kelayakan pemberian kredit bagi calon debitur serta selalu bisa untuk mendapatkan solusi keuangan dengan permasalahan dan kebutuhan konsumen.

Tugas dan Tanggung Jawab Relationship Officer

Bagi kamu yang masih kikuk dan tidak tau apa-apa tentang pekerjaan ini, kamu bisa mengikuti program relationship officer BCA yang akan membimbing kamu menjadi seorang relationship officer BCA yang handal dan kompeten.

Perlu kamu tahu bahwa RO adalah posisi yang paling cepat mendapat promosi jabatan dibandingkan posisi lainnya. Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin menjadi Relationship officer, jadilah RO yang kompeten dan selalu mengerjakan tugas dan tanggung jawab yang ada.

1. Menganalisa Potensi Pasar

Setiap relationship officer dituntut agar bisa menganalisa potensi pasar dan melihat apakah calon nasabah tersebut potensial atau tidak.

2. Siap Menjadi Sales dan Marketing

Seperti yang dikatakan tadi bahwa relationship officer juga ikut berperan dalam sales marketing. Tapi ada juga perusahaan-perusahaan besar yang memisahkan kedua posisi ini.

3. Menjalin Hubungan Baik dengan Perusahaan Lain dan Nasabah

Dilihat dari namanya saja, sudah bisa diketahui bahwa relationship officer berperan sebagai perwakilan perusahaan yang bertugas untuk menjaga dan menjalin hubungan baik dengan klien dari perusahaan lain dan konsumen. 

4. Memperkenalkan Produk Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki produk entah itu barang atau jasa, yang dimana produk ini diperkenalkan kepada nasabah yang potensial.

5. Menganalisa Risiko Bisnis Kredit

Dalam dunia pengkreditan, seorang RO harus mampu menganalisa setiap nasabah atau perusahaan lain dalam risiko bisnis kredit yang terjadi di masa yang akan datang.

Beberapa tugas dan tanggung jawab seorang relationship officer di atas harus kamu pahami sebelum memasukkan lamaran pekerjaan khususnya di dunia perbankan.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)