Tips Merawat Kecantikan Kulit Agar Tetap Cantik dan Sehat

Saat ini, memiliki kulit yang cantik tidak harus mahal. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli krim mahal atau pergi ke dokter agar terlihat cantik. 

Pasalnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa memperoleh kulit yang tampak cantik, cerah dan sehat. 

Tidak hanya untuk jenis kulit tertentu saja, Anda bisa melakukan tips tersebut untuk semua jenis kulit baik itu kulit berminyak, kulit kering, maupun kulit normal. 




Melakukan perawatan tersebut juga dapat membantu Anda mengurangi masalah kulit wajah seperti keriput, jerawat, bintik hitam, komedo, dan lain sebagainya.

Tips Merawat Kecantikan Kulit yang Efektif dan Bisa Anda Coba di Rumah

Berikut ini merupakan empat tips perawatan dan kecantikan yang sangat simpel untuk dilakukan, namun bisa memberikan efek kesehatan maksimal bagi kulit wajah Anda.

1. Perbanyak konsumsi air putih 

Konsumsi air putih yang banyak juga bagus untuk kulit. Pasalnya air putih dapat membantu menjaga kulit agar tetap lembab dari dalam sehingga tubuh akan terhindar dari dehiasi yang bisa menyebabkan kulit kering. 

Air putih juga terbukti efektif melarutkan racun dalam tubuh sehingga tubuh akan lebih sehat dan bugar. Minum air yang memiliki rasa mungkin lebih nikmat dari air putih, namun dari segi kesehatan air putih tentu jauh lebih baik. 

Anda sangat dianjurkan untuk perbanyak konsumsi air putih setidaknya 8 gelas sehari.


2. Gunakan pelembab, serum dan toner

Penggunaan toner, serum dan pelembab bisa dilakukan setelah Anda cuci muka. Penggunaan toner yang tepat yakni saat kulit masih lembab atau belum benar-benar kering. 

Kondisi wajah yang lembab akan membantu toner meresap dengan lebih cepat ke dalam kulit Anda. Namun, usahakan memilih toner yang tidak mengandung alkohol. 

Setelah menggunakan toner, lanjutkan dengan memakai serum wajah untuk menghasilkan kulit wajah yang lebih terawat. Pilih serum dengan vitamin C di pagi hari, dan serum retinol atau retinoid di malam hari. 

Dan terakhir gunakan pelembab sesuai kulit wajah Anda. Usahakan memilih produk yang aman dan sesuai dengan kulit Anda.


3. Hindari sinar UV dan Gunakan Sunscreen

Terkena paparan sinar UV merupakan hal yang cukup berbahaya untuk kulit Anda. Sinar UV dapat menyebabkan kulit menjadi cepat keriput dan muncul bintik hitam. 

Radiasi sinar matahari juga berbahaya untuk kesehatan karena dapat meningkatkan risiko kanker kulit. 

Untuk itu, gunakan sunscreen atau tabir surya saat Anda berada di bawah matahari merupakan hal yang wajib. Gunakan sunscreen khusus wajah yang memiliki kandungan SPF minimal 50.


4. Pilih asupan makanan yang bagus untuk kulit

Mengonsumsi makanan sehat dan bagus untuk kulit sangatlah dianjurkan. Anda bisa memilih makanan yang bagus untuk kulit seperti ubi jalar, ikan, brokoli, tomat, apukat dan lain-lain. Makanan-makanan tersebut bisa Anda olah menjadi berbagai kreasi makanan yang disesuaikan dengan selera. 

Misalnya buah alpukat, Anda bisa menginsumsinya dengan cara dijus. Selain enak, alpukat sangat bagus untuk mencegah penuaan dini seperti kulit keriput. 

Atau ubi jalar yang memiliki kandungan beta karoten yang bagus untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Anda bisa merebus ubi jalar dan mengonsumsinya.

Itulah beberapa tips merawat kulit agar terlihat tetap sehat dan bebas dari segala masalah kulit wajah. Selain baik untuk kulit, kebiasaan-kebiasaan tersebut juga baik untuk kesehatan tubuh Anda. 

Dengan demikian, Anda tidak hanya terlihat cantik dari luar, tetapi juga sehat dari dalam. Semoga informasi tersebut membantu Anda melakukan perawatan dengan baik.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)