Ide Bisnis Camilan yang Tren dan Cocok Dijual Online!

Industri food and beverage adalah salah satu industri dinamis yang trenya selalu berubah dari waktu ke waktu, hampir setiap saat selalu ada saja inovasi baru yang menarik untuk dicicipi.

Contohnya salah satu makanan yang belum lama ini jadi tren adalah croffle, makanan yang menggabungkan antara croissant dan waffle lalu ditambahkan dengan topping.

Saat tren croffle ini mulai merebak, banyak pedagang baru bermunculan yang menjadikan croffle sebagai usaha dan meraup keuntungan dari makanan viral ini.

Namun meskipun dapat menjadi cara yang efektif untuk meraup keuntungan dengan waktu yang singkat, berjualan makanan yang sedang tren umumnya tidak memiliki umur bisnis yang panjang karena sangat bergantung pada surutnya tren itu sendiri.

Meskipun memiliki prospek bisnis berkelanjutan yang rentan, bukan berarti usaha makanan yang mengikuti tren tidak layak dijalankan karena banyak sekali contoh usaha yang masih berdiri hingga saat ini meskipun pada awalnya hanya mengikuti tren.

Dalam hal ini mengikuti tren dapat dikatakan merupakan hal yang bagus untuk meraup keuntungan namun hal lain yang wajib dipertimbangkan adalah bagaimana mempertahankan bisnis itu sendiri.

Ide bisnis camilan online

Nah dibawah ini adalah tips-tips agar usaha food and beverage yang kamu jalani dapat bertahan di tengah ketatnya kompetisi dan memiliki prospek jangka panjang.

1. Jangan berhenti berinovasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa industri food and beverages, khususnya cemilan adalah industri yang dinamis.

Agar kamu dapat tetap bertahan di industri ini maka langkah yang dapat kamu lakukan adalah terus melakukan inovasi yang didasari tren berkembang.

Meskipun tren dan produk yang kamu jual mungkin tidak memiliki korelasi namun tidak ada salahnya kamu gali kreativitasmu, karena siapa tahu justru kamu membuat tren sendiri dari pengembangan tren yang sudah ada.

2. Serius kelola keuangan

Satu hal yang wajib menjadi dasar adalah saat memulai usaha makanan yang sedang tren tidak akan bertahan lama, jadi kamu harus mempersiapkan dana untuk melakukan inovasi.

Selain itu mengelola keuangan yang baik dalam hal ini cashflow, tentu saja dapat menjadi tolak ukur bagi kamu dalam menilai perkembangan usahamu.

3. Manfaatkan segala peluang

Internet telah membuka banyak peluang yang bahkan tidak terbayangkan sebelumnya dan salah satu contohnya adalah hadirnya platform e-commerce.

Demi bisnismu berkembang, kamu dapat memanfaatkan platform e-commerce tersebut untuk melebarkan pangsa pasar.

Salah satu platform e-commerce yang dapat kamu manfaatkan untuk berjualan adalah LaDaRa.


4. Gencar melakukan promosi

Salah satu hal yang menjadi alasan surutnya sebuah tren adalah orang-orang sudah mulai lupa dan banyak tren baru lain yang bermunculan.

Salah satu upaya untuk membuat tren tersebut untuk dapat terus relevan adalah dengan gencar melakukan promosi agar masyarakat selalu teringat dengan tren tersebut dan tentu saja produkmu juga.

Untuk melakukan promosi kamu dapat memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Twitter hingga Facebook dan juga menggunakann fitur beriklan disana.


5. Berikan pengalam rasa dan pelayanan terbaik

Hal yang membuat konsumen datang adalah rasa penasaran akan tren namun yang membuat konsumen dapat bertahan adalah rasa dan pelayanan yang baik.

Mungkin tren akan surut, mati dan dilupakan namun rasa dan pelayanan merupakan kesan yang dapat berlanjut.

Maka penting untuk menjaga urusan rasa dan pelayanan yang terbaik agar terus tetap berkembang.

Hal lain yang penting selain tips agar bertahan di industri makanan dengan jenis yang mengandalkan tren seperti saat ini adalah bagaimana memprediksi tren makanan ringan yang mempunya prospek jangka panjang.

Dalam melakukan prediksi tentang sebuah tren bukanlah hal yang mudah karena tidak ada indikator pasti untuk menilai hal tersebut, yang terpenting kamu juga harus mempertimbangkan hal tersebut.pertimbtimbangkan sebuah prediksi tren yang akan muncul.

Nah berikut beberapa prediksi makanan yang memiliki kemungkinan untuk viral dan menjadi tren di 2022 menurut penulis ya.

1. Churros
Makanan ringan asal spanyol yang berbahan dasar tepung dan mentega ini memiliki keunikan pada sisi tekstur yang renyah diluar namun lembut didalamnya.

Churros


Dengan tambahan saus coklat membuat makanan ringan ini menjadi semakin nikmat, dan makanan ini memiliki potensi untuk menjadi tren di Indonesia pada tahun 2022 karena makanan ini semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia.


2. Long fries
Bisa dibilang long fries tidak berbeda pada french fries pada umumnya, namun long fries memiliki keunikan sendiri yang terletak pada ukurannya yang panjang yang sangat estetik untuk dipajang di feed Instagram.

Dengan cocolan saus tomat pedas manis membuat long fries semakin nikmat di santap saat melakukan kegiatan.


3. Egg cheese tart
Makanan berbahan dasar keju dengan rasa gurih yang creamy ini sebenarnya sudah mulai populer sejak tahun 2015 namun sampai sekarang makanan ini masih menjadi favorit bagi sebagian orang.

Makanan ringan ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan bahkan pengganti kue ulang tahun bagi kamu yang bosan dengan kue tart.


4. Keripik kentang salted egg
Keripik salted egg merupakan makanan ringan berbahan dasar kulit salmon yang dibalut dengan bumbu telur asin yang asin dan gurih.

Namun untuk sebagian orang harga keripik salted egg yang ada saat ini terbilang cukup mahal maka kamu bisa melakukan inovasi dengan mengganti kulit salmon dengan keripik kentang agar harganya lebih ramah di kantong.


5. Bitterballen
Makanan asal belanda ini merupakan makanan yang berbahan dasar daging giling yang ditambah roux, bahan pengental yang dibuat dari mentega.

Umumnya harga jual dari bitterballen tidak lebih dari Rp 50.000 jadi bisa dibilang cukup terjangkau untuk masyarakat.


6. Korean garlic cheese bread
Selain film dan musik invasi budaya korea juga datang dalam bentuk makanan, salah satu makanan asal korea yang memiliki potensi untuk menjadi tren adalah korean garlic cheese bread.

Memiliki rasa yang gurih dengan tekstur lembut roti ini sangat cocok untuk dijadikan kudapan sebagai teman teh atau kopi di sore hari.


7. Bomboloni
Mungkin kamu asing dengan nama makanan ini, namun sebenarnya makanan ini cukup umum ditemui di Indonesia yang memiliki bahan dasar mirip dengan donat.

Perbedaan bomboloni dan donat adalah pada segi bentuk jika pada donat memiliki lubang di tengah maka bomboloni memiliki bentuk penuh yang didalamnya terdapat selai manis.

Itulah tadi tips untuk kamu yang ingin memulai usaha makanan yang sedang tren dan juga prediksi makanan-makanan apa saja yang kemungkinan akan menjadi viral pada tahun 2022.

Semoga artikel ini dapat membantu usaha kamu dan membuat usaha kamu dapat terus bertahan dan berkembang ya.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)