Tips Menjaga Kesehatan Jantung Kita

Assalamualaikum sahabat Dwipita,
Kali ini saya akan cuap-cuap tentang jantung. Yapz, karena setiap manusia yang bernyawa pastinya memiliki jantung dan jantung yang sehat adalah dambaan kita semua. Bukankah begitu? Baiklah, untuk itu saya akan menuliskan beberapa tips untuk menjaga jantung kita tetap sehat.


Menjaga kesehatan jantung


Tips Menjaga Kesehatan Jantung 


Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang biasa disebut sebagai the silent killer, alias pembunuh diam-diam. Hal ini dikarenakan penyakit ini muncul nyaris tanpa ada gejala awal, tapi bisa berakibat fatal sampai membawa kematian. Beberapa jenis penyakit jantung meliputi antara lain masalah katup jantung, cacat jantung bawaan, infeksi jantung, atau yang paling sering terjadi adalah penyakit jantung koroner. Penyakit-penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, bahkan orang-orang berusia muda dan produktif. Oleh karena itu, kita perlu mewaspadai penyakit ini dengan menjaga kesehatan tubuh sejak dini.


Menjaga kesehatan jantung


Perhatikan Gejala Penyakit Jantung

Bagaimana gejala-gejala penyakit jantung ini? Ada beberapa hal yang patut diperhatikan, antara lain: munculnya nyeri di bagian dada, terutama di sebelah kiri, atau ulu hati (perut bagian atas). Terkadang juga disertai sesak nafas hingga nyaris pingsan, mual dan berkeringat, serta detak jantung yang tidak normal atau lebih cepat dari biasanya. Apabila mengalami gejala-gejala seperti ini, lebih baik segera periksakan diri ke dokter. Walaupun beberapa gejala tampaknya sepele, tetapi kita harus tetap cermat dan waspada agar terhindar dari kemungkinan terburuk.


Pertahankan Berat Badan

Berat badan yang berlebih apalagi sampai ke tahap obesitas sangat berbahaya. Kandungan lemak pada tubuh yang berlebih dapat menghambat aliran darah ke jantung, sehingga terjadi penyumbatan dalam pembuluh darah. Apabila ini terjadi, maka oksigen dalam darah tidak dapat mencapai jantung sehingga mengganggu kinerja jantung atau bahkan berhenti bekerja. Maka salah satu cara untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan mengurangi konsumsi makanan-makanan berlemak, perbanyak makan makanan sehat dan tentu saja menjaga badan dan kandungan lemak tubuh agar tidak berlebihan.


Menjaga kesehatan jantung




Pelajari Riwayat Kesehatan Keluarga

Beberapa kasus penyakit jantung biasanya ditemui karena faktor keturunan. Ada baiknya kita mempelajari riwayat kesehatan keluarga. Beberapa kasus kelainan jantung biasanya muncul secara genetik, diwariskan dari orang tua ke anak-anaknya. Ada yang sudah terdeteksi sejak bayi, ada juga yang baru muncul tiba-tiba saat dewasa. 

Apabila dari salah satu kerabat terutama orang tua yang pernah mengalami gejala atau penyakit jantung, maka sebaiknya kita lakukan pencegahan dan mulai pengobatan sejak dini. Siapkan asuransi selagi kita masih muda dan sehat, untuk melindungi diri dan keluarga dari kondisi yang tidak diinginkan. Paling tidak, ketika kita sakit maka ada yang dapat menanggung biaya dan meringankan beban keluarga. 

Memiliki asuransi kesehatan adalah salah satu bentuk proteksi yang tepat. Seperti kita tahu, biaya berobat itu mahal. Tanpa asuransi, siap-siap jatuh miskin. 


Jaga Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup modern terkadang tanpa kita sadari dapat memicu munculnya penyakit jantung. Kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, dan jam kerja yang panjang sehingga kurang waktu beristirahat dapat melemahkan kinerja jantung dan juga menyumbat aliran darah ke jantung. Untuk itu, mulailah untuk mengatur pola hidup agar lebih sehat dan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merugikan kesehatan.


Batasi Asupan Gula Dan Garam

Setiap hari kita mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang tanpa sadar mengandung kadar gula dan galam yang lebih banyak daripada yang dibutuhkan oleh tubuh. Minuman ringan dan kue-kue yang manis tampaknya tidak berbahaya, tetapi bila dikonsumsi setiap hari maka kadar gulanya bisa jadi memicu diabetes.


Menjaga kesehatan jantung

Menurut Kementerian Kesehatan RI, asupan gula per orang sebaiknya sekitar 50 gram atau sekitar empat sendok makan dalam sehari. Sementara kandungan garam yang berlebih pada makanan-makanan ringan membuat kandungan natrium berlebihan dalam tubuh, sehingga volume darah berlebih dan jantung perlu bekerja lebih keras untuk memompanya ke seluruh tubuh. Lebih baik batasi asupan garam sekitar 5 gram (satu sendok teh) dalam sehari, dan jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih yang banyak.


Menjaga kesehatan jantung



Rajin Berolahraga

Berolahraga dapat menjaga stamina tubuh dan menyehatkan jantung. Saat kita berolahraga, jantung akan memompa aliran darah ke seluruh tubuh sehingga distribusi lebih lancar. Dengan olahraga ringan yang rutin selama 30 menit atau satu jam per hari, maka kinerja jantung dapat terjaga dengan baik. Sebaiknya konsultasikan pada dokter mengenai jenis-jenis olahraga yang tepat, karena masing-masing orang mungkin memiliki kondisi-kondisi yang berbeda.


Menjaga kesehatan jantung


Menyayangi jantung kita berarti juga menghargai hidup diri sendiri dan keluarga. Dengan menjaga jantung kita supaya tetap sehat sejak dini, berarti kita juga merawat kehidupan yang berharga ini. Walaupun penyakit jantung ini bisa saja terjadi kapan saja, tetapi tugas kita adalah mencegah agar penyakit ini muncul. Kita harus ingat bahwa pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan. Oleh karena itu, mari kita jaga jantung kita agar tetap sehat!


Salam,
Dwi Puspita

3 comments:

  1. Riwayat keluarga ini juga penting ternyata.
    Saya kini rajin berolah raga, agar berat badan tetap seimbang.

    ReplyDelete
  2. Penyakit jantung ini bener2 silent killer ya mbk. Sekarang saya mulai jaga pola makan dan mulai rajin olahraga

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)