Linier Bearing, Komponen Penting Dalam Kendaraan

Mengenal Apa Itu Linier Bearing, Komponen Penting dalam Kendaraan

Anda pastinya sering mendengar istilah yang satu ini bukan? Tetapi masih asing apa sebenarnya linier bearing tersebut. Ya, bagi sebagian besar masyarakat yang masih awan, tentu masih asing dengan istilah bearing bukan. Tetapi hal itu tidak bagi seorang engineer dimana sudah paham betul apa itu bearing termasuk linier bearing. 

Sebelum membahas mengenai linier bearing, terlebih dahulu, anda harus mengetahui pengertian dari bearing. Bearing sendiri juga dikenal dengan laher merupakan sebuah elemen yang cukup penting didalam sebuah mesin. Dimana fungsi utamanya adalah berguna untuk membatasi gerak relative diantara kedua komponen agar bisa bergerak sesuai dengan arah yang diinginkan. Secara singkat fungsinya adalah untuk mengurangi adanya gesekan diantara komponen dan mesin. 



Mengenal apa itu linier bearing

Didalam bearing sendiri ternyata juga terdapat beberapa jenis yang perlu anda ketahui. Salah satunya adalah linier bearing. Jenis bearing yang satu ini merupakan bearing yang cukup popular. Untuk linier bearing ini sendiri juga disebut dengan bantalan gerakan linier. Ini adalah sebuah peralatan yang sudah dirancang khusus agar bisa menunjang gerakan bebas dengan satu arah. 

Penggunaan linier bearing

Linier bearing ini sendiri biasanya dimanfaatkan untuk mesin-mesin industry seperti mesin pengemas pakaian, mesin tekstik hingga mesin ketak. Ada beberapa keunggulan yang dihadirkan oleh jenis bearing yang satu ini. Salah satunya adalah kemampuannya untuk mengurangi adanya gesekan agar lebih relative stabil. 

Dengan kemampuan yang dimiliki oleh linier bearing inilah maka akan meminimalisir adalah risiko kerukan selama proses produksi didalam sebuah industry. Tak hanya itu saja, dengan menggunakan linier bearing ini, anda pun juga meminimalisir adanya kerugian selama proses pencetakan dan pengemasan. Bahkan bisa dibilang apabila linier bearing ini mempunyai desain yang lebih fleksible sehingga bisa disesuaikan dengan berbagai macam mesin. 

Bahan pembuatan linier bearing 

Tak hanya itu saja, agar bisa lebih memahami linier bearing ini, anda juga harus mengetahui bahan pembuatan linier bearing ini. Bahan utama yang digunakan untuk membuat linier bearing ini adalah stainless steel dimana juga harus mempunyai standar internasional.

Tak hanya itu saja, bahan baku yang digunakan untuk pembuatan linier bearing ini juga harus anti karat. Pasalnya apabila bearing berkarat maka bisa mengurangi kinerja dari bearing tersebut terlebih lagi jika bearing tersebut digunakan secara terus-terusan. 

Selain itu, bahan baku dari pembuatan linier bearing tersebut juga harus terbebas dari kontaminasi berbagai macam partikel dan zat seperti debu. Pasalnya apabila didalam bearing tersebut terdapat partikel dan debu maka bisa mengurangi kinerja dari bearing. 

Linier bearing memang menjadi salah satu bearing yang banyak dicari banyak orang karena fungsinya yang cukup penting dalam mesin perindustrian. Untuk anda yang sedang mencari bearing jenis ini, langsung saja hubungi logam-makmur.com.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)