8 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Gusimu

Makanan yang kamu konsumsi dan seberapa banyak kamu memakannya, berpengaruh pada kesehatanmu secara umum juga pada kesehatan gigi. Makanan bergula seperti permen dan soft drink bisa merusak gigimu jika dikonsumsi berlebihan.


Sebaliknya ada makanan yang justru membantu mempertahankan kesehatan gigi. Contohnya seperti di bawah ini.

1. Keju
Sebuah studi yang diterbitkan dalam General Dentistry edisi Mei / Juni 2013, jurnal American Academy of General Dentistry, menemukan bahwa makan keju meningkatkan pH di mulut dan menurunkan resiko kerusakan gigi. Keju mengandung kalsium dan protein, nutrisi yang memperkuat enamel gigi.

2. Yogurt
Seperti keju, yogurt tinggi kalsium dan protein, sehingga bagus untuk kekuatan dan kesehatan gigi. kandungan probiotik dalam yogurt juga bermanfaat bagi gusi karena bakteri baik akan menyingkirkan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Pilihlah yogurt yang tidak mengandung gula. 

3. Sayuran Hijau
Sayuran hijau sarat dengan vitamin, mineral, dan rendah kalori. Bayam dan kale misalnya, bagus untuk kesehatan gigi. kalsiumnya tinggi, zat yang diperlukan untuk membentuk enamel.

4. Apel
Buah apel kaya akan serat dan air. Saat mengunyah apel mulut akan memproduksi air ludah, yang membantu membilas bakteri dan sisa makanan. Tekstur apel yang berserat juga akan menstimulasi gusi.

Memakan apel memang tidak sama dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi ber-fluoride, seperti pasta gigi NASA yang bisa kamu dapatkan di www.produknasa.co.id. Namun setidaknya cukup memadai sampai kamu mendapatkan kesempatan untuk menggosok gigi.



5. Wortel
Seperti apel, wortel bertekstur renyah dan kaya akan serat. Memakan wortel mentah setelah makan besar akan meningkatkan produksi ludah di mulutmu. Yang mana bisa menurunkan resiko gigi berlubang.

6. Almond (Badam)
Almond bagus untuk gigimu karena kandungan protein dan kalsiumnya serta rendah gula. Kamu bisa memanggangnya lalu memakannya sebagai cemilan, atau dicamour dengan makanan lain.

7. Teh
Teh hitam dan teh hijau mengandung polifenol yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan kerusakan gusi. Para peneliti di University of Illinois, Chicago, menemukan bahwa berkumur dengan teh hitam selama satu menit, 10 kali sehari, mengurangi penumpukan plak di gigi, dibanding berkumur dengan air. Tentu saja, jangan tambahkan gula saat mengonsumsi teh.

8. Permen Karet Tanpa Gula
Kunyahlah permen karet (tanpa gula) sehabis makan. Akan membantu meningkatkan produksi ludah dan membersihkan sebagian bakteri. Tetapi jangan makan permen karet yang bergula, karena efeknya akan sebaliknya yaitu mendatangkan resiko pada kesehatan gigi.


Selain menjaga makanan, jangan lupa untuk menjaga asupan minuman juga ya. Kurangi soda dan minuman bergula, perbanyak minum air putih yang jauh lebih menyehatkan. Minuman bergula selain jelek bagi kesehatan gigimu, juga tidak baik untuk kesehatan pada umumnya.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)