Berikan Makanan Bernutrisi Untuk Kecerdasan Anak

Assalamualaikum... dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang kecerdasan anak. Namun kembali lagi ya Bund, setiap anak juga memiliki keunikan yang berbeda antara anak yang satu dengan anak yang lainnya jadi jangan disamaratakan untuk kecerdasan setiap anak ini. Nah, bagaimana jika ingin memiliki anak cerdas? Ya pastinya para Bunda harus memulainya dari sejak awal hamil yang mana si janin masih dalam kandungan dengan memberikan nutrisi untuk kecerdasan anak.

Nutrisi untuk kecerdasan anak


Pastinya anak cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. Namun, masih ada beberapa orang tua yang belum memahami cara membantu anak tumbuh menjadi anak cerdas.

Yang perlu orang tua ketahui adalah pada dasarnya, kecerdasan anak dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Faktor genetik berupa bakat atau kemampuan yang diturunkan langsung dari orang tua, sedangkan faktor lingkungan umumnya terdiri dari pola asuh, asupan nutrisi sehari-hari, hingga pendidikan yang diperoleh. Mulai dari dalam kandungan seorang ibu pastinya akan memberikan nutrisi terbaik untuk janinnya, mulai dari makanan dan minuman yang dikonsumsi benar-benar dijaga dan pastinya yang aman untuk para ibu hamil. Tak jarang juga ibu hamil akan memilih makanan yang terbaik untuk janin dalam kandungannya hingga lahir ke dunia sampai anak-anak.

Nutrisi untuk kecerdasan anak pastinya harus diberikan sejak dini, yaitu saat masih dalam kandungan hingga usia anak 3 tahun. Berikan makanan yang tepat, seimbang dan pastinya kaya nutrisi.

Nutrisi untuk kecerdasan anak


Oiya Bund, meskipun anak Bunda diberi makan tiga kali sehari nih, ternyata belum tentu ia akan selalu sehat loh. Siapa tahu, makanan yang dilahapnya tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk membantu tumbuh kembang si kecil. Bunda perlu memerhatikan kebutuhan nutrisi si anak dengan cara menyediakan makanan yang sehat, bergizi tinggi dan kaya nutrisi tentunya. Apalagi dalam masa pertumbuhan dan perkembangan badan maupun otaknya.

Nah, Bunda perlu mengetahui nutrisi apa saja sih yang penting untuk anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. Berikut adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk kecerdasan otak anak, pertumbuhan dan perkembangan anggota badan lainnya.

1. Kalsium

Pentingnya pemberian kalsium untuk anak untuk pertumbuhan tulang dan giginya agar kuat. Selain itu untuk menjaga fungsi otot dan saraf yang sehat, membantu proses pembekuan darah, serta membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Bunda dapat memberikan kalsium pada anak dengan memberikannya susu, ikan dan keju. Kalsium merupakan salah satu nutrisi untuk anak yang penting untuk didapatkan tubuh. Jadi jangan lewatkan pemberian kalsium setiap hari untuk si kecil ya Bunda.

2. Protein

Protein bermanfaat bagi pertumbuhan anak. Nutrisi ini dibutuhkan untuk membentuk sel dan jaringan tubuhnya, serta menghasilkan hormon. Tak cuma itu saja, protein juga bisa memperkuat tulang dan otot, dan membantu memecah makanan menjadi energi. Makanan yang banyak mengandung protein dan baik bagi anak adalah telur, daging sapi, ikan, berbagai makanan laut, kacang-kacangan, hingga biji-bijian.

3. Asam Lemak Esensial

Nutrisi ini dapat membantu pembentukan sel, mengatur sistem saraf, memperlancar aliran darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi. Asam lemak esensial diperlukan untuk mempertahankan fungsi otak yang mengatur indra penglihatan anak. Bunda dapat memberikan nutrisi untuk anak ini lewat makanan seperti telur, ikan tuna dan kacang-kacangan. So, jangan lewatkan konsumsi asam lemak esensial ya Bund karena nutrisi ini memiliki segudang manfaat bagi anak.

4. Zat Besi

Zat besi merupakan unsur yang berperan dalam produksi hemoglobin (pigmen merah pembawa oksigen dalam darah) dan mioglobin (pigmen yang menyimpan oksigen dalam otot). Kekurangan zat besi pada anak dapat menyebabkan anak terkena anemia. Pastinya jika mengalami kondisi ini, anak akan cenderung merasa lelah, lemas, dan mudah tersinggung. Malas berinteraksi dan bermain dengan kedua orang tuanya, saudara bahkan teman sebayanya. Berikan nutrisi yang tepat melalui makanan yang kaya zat besi seperti daging, kuning telur, dan ikan.

5. Zink

Zink adalah nutrisi untuk anak yang penting untuk dipenuhi. Fyi, lebih dari 70 enzim dalam tubuh membutuhkan zink untuk menjalankan fungsinya masing-masing dalam sistem pencernaan, metabolisme, dan pertumbuhan anak. Pencernaan yang sehat pun sangat berpengaruh pada tumbuh kembang si kecil. Nutrisi zink bisa Bunda temukan pada makanan seperti brokoli, bayam dan tomat.

Jenis makanan untuk nutrisi kecerdasan anak bisa Bunda berikan setiap hari pada anak-anak. Makanan tersebut diantaranya telur, daging, ikan, sayuran, kacang-kacangan dan keju/susu. Faktanya sangat mudah makanan tersebut didapat dan mengolahnya pun mudah banget apalagi sekarang banyak sekali informasinya di sosial media. Konten di sosial media yang mengedukasi para ibu dalam memberikan nutrisi dengan cara memasak MPASI ataupun menu keluarga yang sehat dan bergizi.

Nutrisi untuk kecerdasan anak


Selanjutnya, tips agar anak cerdas adalah memberikan nutrisi yang tepat, stimulasi anak sesuai usianya dan pastinya jangan lelah untuk terus membersamai si kecil ya Bunda dengan terus mengajaknya belajar, bermain dan berbahagia. Anak bahagia pastinya akan menjadi anak yang tumbuh cerdas.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)