Friday, April 29, 2016

1000 Hari Pertama Kehidupan Bersama PRENAGEN

Hari Minggu kemarin tanggal 24 April 2016 aku menghadiri acara Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016 Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016. Ini merupakan kali ke dua aku mengikuti acara yang melibatkan ibu hamil dan menyusui serta para pasangan suami istri yang ingin mempersiapkan kehamilan yang lebih baik. Tahun kemarin aku ikutan event ini karena pas dengan keadaanku yang berbadan dua. Hehehe... kehamilan dengan usia 6 minggu dan aku ingin mendapatkan banyak informasi tentang kehamilanku ini. Bersama suami tercinta, kami harus mengantongi banyak ilmu di PPEJ ini.



Ini adalah foto kami saat event PPEJ 2015 di Dyandra Convention Hall. Saat itu kami menanti kehadiran si kecil yang diprediksi akan lahir pada bulan Desember 2015.



PPEJ 2015
Foto ini diambil pada event PPEJ 2016, terasa lengkap sudah keluarga kami dengan hadirnya si kecil.


PPEJ 2016
Baca juga :  PRENAGEN, Sahabat Mama untuk si Kecil

Bertempat di Dyandra Convention Hall banyak sekali para ibu hamil yang mengikuti acara ini. Tidak hanya ibu hamil, pasangan suami istri yang ingin merencanakan kehamilan, ibu menyusui, dan para ibu yang haus akan ilmu juga tumpah ruah menjadi satu di gedung ini.


Booth kehamilan paling banyak pesertanya

Booth Nutrisi Sehat bersama Chef Eddrian Tjhia


Sebelum acara di mulai, kami dipersilahkan mengikuti berbagai demo di masing-masing booth yang telah disediakan. Booth tersebut antara lain membahas tentang pra kehamilan, kehamilan, menyusui, nutrisi sehat, dan ada juga photo booth untuk mereka yang ingin mengabadikan acara ini, serta dipersilahkan untuk mencoba rasa semua varian susu Prenagen. Para pakar di masing-masing booth menjelaskan secara detail kepada para peserta. Tak heran jika banyak para peserta yang sangat antusias saat pakar menjelaskan.



Setelah puas mendapatkan ilmu di luar ruangan, kemudian semua peserta PPEJ 2016 dipersilahkan masuk untuk mendapatkan materi selanjutnya dari para pakar. Para pakar tersebut antara lain : dr. Boy Abidin, SpOG (ahli kandungan dan kebidanan), Roslina Verauli (psikolog keluarga), Irene F. Mongkar (pakar stimulasi anak), Mona Ratuliu dan Vivid sebagai moderator dan MC.



Materi di PPEJ 2016 ini membahas 1000 hari pertama kehidupan. Para ibu dan ayah harus mengetahui 1000 hari pertama kehidupan ini, yaitu 270 hari masa kehamilan dan 730 masa setelah kehamilan. Dimulai dari terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun.


Mengapa sih 1000 hari pertama kehidupan itu penting?


Ibu dan Ayah harus mengetahui akan pentingnya 1000 hari pertama kehidupan ini. 1000 hari pertama kehidupan rentang waktunya sangat terbatas, karena itu disebut juga dengan periode kritis. Apabila ada nutrisi dan stimulasi yang tidak terpenuhi, akan menyebabkan kerusakan permanen di masa mendatang dan tidak bisa diperbaiki.


Di Minggu ke 4 kehamilan, tabung saraf (Neural Tube) juga sudah selesai terbentuk. Perkembangan otak tercepat terjadi pada periode ini, bahkan mencapai 80% ukuran otak orang dewasa. Tidak hanya genetik saja, namun nutrisi dan stimulasi yang optimal selama 1000 hari pertama kehidupan akan menentukan kemampuan anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Apabila nutrisi dan stimulasi selama 1000 hari Pertama Kehidupan tidak terpenuhi maka tumbuh kembang anak akan terganggu. Tinggi dan berat badan rendah, kognitif atau kecerdasan rendah, dan meningkatnya resiko penyakit tidak menular. Oleh sebab itu nutrisi pendukung selama 1000 hari pertama kehidupan sangat penting dengan kualitas nutrisi yang diberikan sejak masa pra kehamilan, kehamilan,dan menyusui.


Baca juga : (PRENAGEN) Fakta dan Mitos Kehamilan


Selama kehamilan, ibu tidak boleh stres karena akan berpengaruh terhadap janin. Ibu hamil harus selalu bahagia agar janin yang dikandungnya juga bahagia. Oleh sebab itu Ayah harus bisa mencari tau dan berusaha agar ibu hamil selalu bahagia. Salah satunya adalah memberikan perhatian yang lebih kepada ibu hamil seperti membantu meringankan pekerjaannya. Jika ibu yang memasak maka Ayah yang mencuci piring, jika ibu mencuci pakaian maka Ayah menjemur pakaian.


Tidak ada salahnya jika Ayah juga mengajak ibu hamil jalan-jalan dan memberikan perhatian khusus, seperti memberikan surprise. Ini semua agar ibu hamil selalu bahagia dan janin yang dikandungnya juga bahagia. Intinya buatlah ibu hamil bahagia, selain itu Ayah harus siaga dimana pun dan kapan pun. Selain itu, penuhi nutrisi ibu hamil dan janin yang dikandungnya ya Ayah :)



Karena itu, Prenagen sebagai ahlinya Nutrisi Kehamilan dan Menyusui  kini dilengkapi dengan Prenapro. Formula yang dirancang khusus untuk memberikan solusi nutrisi dalam membantu memenuhi kebutuhan ibu dan janin di awal 1000 hari pertama kehidupan.





Janin dan bayi bergantung sepenuhnya pada status gizi ibu untuk tumbuh kembang yang optimal. Prenagen dengan Prenapro dirancang khusus untuk memberikan solusi nutrisi dalam membantu memenuhi kebutuhan ibu dan janin selama 1000 hari pertama qkehidupan.

Nutrisi untuk janin antara lain : asam folat, kalsium, fosfor, magnesium dan vitamin D, protein, zat besi, DHA, dan kolin. Sedangkan nitrisi untuk Ibu antara lain : kalsium, fosfor, magnesium dan vitamin D, seratnpangan (inulin).


Penting sekali bagi ibu hamil untuk mencukupi nutrisi persiapan kehamilannya. Sebagian besar kehamilan baru diketahui setelah usianya 4 minggu. Saat itu tabung saraf sudah selesai terbentuk, oleh karena itu konsumsi asam folat dianjurkan sejak 3 bulan sebelum konsepsi untuk mencegah NTD (cacat tabung saraf).


Dan untuk pembicara terakhir, Irene F. Mongkar membahas tentang evaluasi kemampuan dasar si kecil saat lahir dari tahap per tahap serta teknik-teknik yang diberikan pada anak sesuai umurnya.  Meliputi kompetensi penglihatan, kompetensi auditori, kompetensi taktil, kompetensi gerak, kompetensi bahasa, dan kompetensi manual.

Ibu Irene F. Mongkar juga memberikan contoh melalui video langsung pada para peserta PPEJ 2016 dalam menstimulasi anak agar anak aktif.


Para Ayah dan Ibu jika ingin datang juga di PPEJ 2016 langsung aja daftar. Pembelian tiket onlinenya disini Pembelian Tiket Onlinenya disini . Pilih kota yang terjangkau oleh Ayah dan Ibu ya.


#PPEJ2016SBY #IbuSehatIndonesiaSehat #PRENAGEN #PRENAGRAM

Website : www.prenagen.com
Facebook : https://web.facebook.com/PrenagenWorld/
Twitter : https://mobile.twitter.com/PrenagenWorld
Instagram : https://www.instagram.com/prenagenworld/
Youtube : https://www.youtube.com/user/PrenagenWorld


Related Posts

1000 Hari Pertama Kehidupan Bersama PRENAGEN
4/ 5
Oleh

20 komentar

hmmm, aku gak cocok minumnya, tapi kalo busui cocok, tau kenapa

asyik acaranya, memang sedari ajnin kita sebagai ibu harus memberi asupan makanan bergizi agar janin tumbuh baik

Tetap saya catat ilmunya, siapa tahu ke depan ada gunanya kalau udah menikah. Lumayanlah bisa ngebantuin bini.

dari rencana hamil sampai hamil,aku pakai prenagen hehehe

wah kayaknya istri saya harus baca artikel ini nih, makasih ya atas tmbahan infonya

Dulu pas hamil dan menyusui, kurang suka minum susu merk ini, rasanya aneh. Tapi ktnya rasa prenagen sekarang lebih enak yah, hihih :D

WIks, ada foto tahun lalu juga ya mbaaa, cihuuuuyyy

bukanbocahbiasa(dot)com

Eh busyet rame bener yg datang

Prenagen ini sekarang variannya banyak ya, dulu nggak deh.
Waktu hamil aku minum prenagen juga, yang warna cokelat :)

Coba minum yg anti mual itu mbak susunya...

Iya mbak, dari janin emang harus diperhatikan nutrisinya

Sip...laki2 super mah ini namanya

Samaan kalo gitu mbak...

Sama2 semoga bermanfaat

Iya enak banget mbak, banyak macamnya

Iyo mbak, tahun lalu kan aku ikutan acaranya

Iya, yg datang byak mas...

Iyo mbal, sekarang macem2 rasanya...

Banyak ilmu lagi yang didapat ya mbaaa.. Dan fotonya udah lengkap sekaraaang :)

Iya mbak...alhamdulillah

Yuk berkomentar :)