Tuesday, July 12, 2016

Yang Dirindukan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan kini sudah selesai, berharap masih diberikan kesempatan oleh Allah bisa menikmati dan merasakan bulan Ramadhan tahun depan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh semua muslim di seluruh penjuru negeri, pasalnya bulan Ramadhan adalah bulan yang memberikan arti sendiri pada kehidupan. Rugi sekali menurutku jika mereka sampai tidak memuliakan bulan Ramadhan ini, bulan yang memberikan berlipat-lipat pahala.

Bulan Ramadhan kali ini sedikit berbeda untukku (pribadi), karena si kecil telah menemani hari-hari kami selama Ramadhan. Mengingat tahun lalu saat usia kehamilan akan menginjak 5 bulan aku rajin sekali berpuasa tanpa ada kata "puasa bolong". Alhamdulillah masih diberikan kekuatan oleh Allah untuk menjalankan serangkaian aktivitas di bulan Ramadhan.

Ramadhan... semoga tahun depan aku bisa menyambutmu dengan senang, bahagia, dan penuh syukur. Kini aku merindukan dirimu...
Yang aku rindukan di bulan Ramadhan adalah :

1. Buka puasa dan sahur bersama keluarga ataupun teman

Iyupz, aku rindu banget buka dan sahur bersama orang-orang tercinta. Bersama suami, anak, orang tua, saudara, kakak, adik, dan semua keluarga pokoknya. Selain itu pasti ada undangan buka bersama di luar, entah itu undangan buka bersama dari teman, kantor, atau dari keluarga sendiri. Moment seperti ini memang sangat ditunggu, bisa berkumpul dengan mereka dan bisa buka puasa bersama mereka juga.




2. Shalat Terawih

Shalat Terawih bisa dilakukan dimana saja, di rumah, di langgar, di musholla, atau di masjid. Shalat Terawih adalah sholat malam yang dilakukan setelah sholat Isya' dan dilaksanakan hanya pada bulan Ramadhan. Shalat Terawih memberikan semangat tersendiri untukku, aku bisa sholat malam secara rutin dan berjamaah bersama jamaah lainnya. Semoga tetap istiqomah untuk seterusnya.


3. Tadarus Al Qur'an

Tadarus Al Qur'an bisa dilakukan sendiri ataupun bersama-sama. Biasanya aku melakukan tadarus Al Qur'an setelah melaksanakan sholat Terawih atau setelah sholat Shubuh. Jika dilakukan sendiri biasanya setelah selesai sholat Fardhu 5 waktu. Paling tidak sehari bisa menyelesaikan 1 juz dengan target bisa mengkhatamkan Al Qur'an 30 juz selama bulan Ramadhan.

4. Lantunan ayat suci hingga malam hari kadang berlanjut setelah selesai sholat Shubuh

Setiap malam di bulan Ramadhan aku selalu mendengarkan lantunan ayat suci Al Qur'an dari Musholla perumahan. Adem rasanya bisa mendengarkan ayat suci itu hingga jam 11 malam, kadang sebelum tidurpun aku bisa mendengarkan lantunan ayat-ayat suci itu hingga aku tertidur nyenyak. Lantunan ayat suci itu tidak hanya pada malam hari tapi terkadang setelah sholat Shubuh aku bisa mendengarkan lantunan ayat suci itu dari bapak-bapak yang rajin mengikuti Tadarus setiap harinya. Apakah ditempatmu begitu juga kawan?

5. Persiapan Mudik Lebaran

Persiapan mudik Lebaran pasti donk, itu sih aku. Maklum masih punya kampung halaman dan orang tua aku dan suami semuanya ada disana. Tapi bagi yang nggak mudik pasti juga mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat Lebaran. Iya kan? Bagi yang mudik ataupun tidak pasti sama-sama mempersiapkan segala sesuatunya di hari kemenangan.



6. Membuat kue Lebaran

Membuat kue Lebaran pasti sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Yang paling ngehitz kue Lebaran adalah nastar, kastangel, putri salju. Iya nggak? Kalau kamu bikin kue Lebaran sendiri atau beli kawan? Bagi yang hobi bikin kue pasti mereka bikin sendiri dan terkadang memanfaatkan sebagai ladang rezeki untuk oper order kue Lebaran tersebut.

7. Belanja segala keperluan yang dibutuhkan selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran

Hmmm... belanja. Nggak hanya bulan Ramadhan atau menjelang Lebaran sih untuk belanja. Hari-hari biasa juga doyan belanja kok diriku. Biasanya yang di belia adalah berupa sirup, susu, baju, biskuit, tepung, gula, telor. Pokoknya belanja di bulan Ramadhan ada sedikit perbedaan dech... Bedanya adalah pada bulan Ramadhan kadang belanjanya sambil berpuasa, kadang maruk yang dibeli dan berniat ingin dimakan semua saat sudah berbuka.



Pokoknya... bulan Ramadhan memang bulan yang di nanti oleh seluruh umat muslim. Bulan yang dirindukan karena pahala dilipatgandakan di setiap perbuatan baik yang kita lakukan. Semoga kita semua umat muslim bisa merasakan Ramadhan tahun depan. Amiiin...




Related Posts

Yang Dirindukan di Bulan Ramadhan
4/ 5
Oleh

6 komentar

gabisa move on dr Ramadan ya mba? hiks, sama

entahlah byk cerita diramadhan selain ibadah dah nguras byk slot diotak xD jdi g kepikiran kangen gak ya... duh dosa ya aku

banyak cerita indah yang terjadi di bulan ramadhan, salah satunya yaitu moment sahur dan berbuka bersama keluarga. walaupun bulan ramadhan sudah berlalu, tapi saya sangat merindukan moment seperti itu :)

Wallahua'lam mbak cha...pokoke kita positif thinking sama Allah

Iya, sama mas...kenangan yg indah apalagi bersama keluarga

Yuk berkomentar :)