Inspirasi Desain Kolam Ikan yang Estetik dan Menawan

Memiliki kolam ikan di rumah tentu dapat dijadikan sebagai pilihan karena dapat mempercantik tampilan hunian Anda selama didesain dengan tepat. Namun kadang kala, masalah yang dapat terjadi adalah kebocoran pada kolam tersebut. Maka dari itu, diperlukan waterproofing coating untuk terhindar dari kemungkinan tersebut.

Inspirasi desain kolam ikan

Sumber gambar : https://www.pexels.com/photo/shoal-of-orange-koi-2131846/

Kolam ikan yang dibuat tidak melulu harus berukuran besar, cukup kolam ikan minimalis saja dapat mempercantik pemandangan di rumah. Fungsi lainnya yaitu dapat menjadi tempat relaksasi bagi para penghuni rumah. Jika Anda ingin membuat kolam ikan di rumah, simak artikel berikut ini untuk mendapatkan beberapa referensi desain kolam renang terbaik.

6 Desain Kolam Ikan, Lapisi dengan Waterproofing Coating

Untuk membantu Anda menentukan desain kolam ikan yang paling tepat, berikut ini beberapa referensinya:

1. Kolam Gaya Natural

Desain kolam ikan yang pertama yaitu kolam ikan dengan konsep natural. Desain semacam ini mampu menciptakan nuansa alami dan juga organik pada taman Anda.

Umumnya, desain semacam ini meniru ekosistem alami dengan menggunakan material seperti batu alam, tanaman air liar, dan memilih ikan yang memang sesuai dengan lingkungan alaminya.

Kolam ikan semacam ini cenderung memiliki tepian yang lebih abstrak dengan bebatuan yang membingkai tepian kolam tersebut, bak kolam alami. Dengan desain seperti ini, tentu akan menawarkan keindahan alam yang tenang di lingkungan rumah Anda.

Pada bagian dasar dan dinding kolam, Anda dapat menggunakan lapisan waterproofing. Apa itu waterproofing coating? Ini merupakan salah satu cat yang berfungsi sebagai pelapis anti bocor serbaguna dan dapat diaplikasikan ke berbagai permukaan.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan SikaTop-107 Plus. Produk ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain komposisi yang mudah diaplikasikan, kedap air, ketahanan yang baik terhadap abrasi dan pengikisan, tidak beracun untuk tangki air minum, kolam ikan, dan kolam renang, fleksibel, kualitas produksi pabrik yang konsisten, serta kemudahan dalam penggunaan dengan hanya mencampur kedua bahan yang ada.

Sebagai produk yang dikeluarkan oleh Sika Indonesia, tentu tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Mengapa demikian? Karena Sika sudah berpengalaman selama 113 tahun dan telah berhasil menangani proyek berskala internasional, salah satunya yaitu Bendungan PLTA Ulu Jelai, Malaysia. Sika juga menjadi pencetus pertama waterproofing semen di Indonesia.

2. Kolam dengan Gaya Etnik

Untuk menciptakan kolam ikan dengan desain etnik, Anda dapat menggunakan beberapa elemen khas, seperti patung, untuk menambah kesan etnik pada kolam tersebut. Pada bagian kolamnya, gunakan paduan antara beton dengan kaca sehingga terlihat lebih estetik.

Anda dapat mengadaptasi beberapa gaya etnik, salah satunya yaitu etnik Bali. Untuk menambah kesan etnik, Anda dapat menggunakan beberapa bentuk patung seperti patung hewan, dewa-dewi, hingga abstrak yang disesuaikan dengan selera pemilik rumah.

Inspirasi kolam ikan

Sumber gambar : https://www.pexels.com/photo/women-in-white-dress-sitting-near-a-fish-pond-5145519/

3. Kolam Ikan Tengah Taman

Jika memiliki taman yang cukup luas, baik di depan atau belakang rumah, Anda dapat membuat kolam ikan di area tengah taman tersebut. Untuk mempercantik kolam tersebut, Anda dapat menambahkan air terjun mini atau mungkin air mancur.

Anda juga dapat menempatkan kursi taman di pinggir kolam untuk dapat menikmati ketenangan dari kolam ikan dari dekat. Lalu, gunakan beberapa jenis tanaman hijau dengan ukuran sedang di setiap sudut kolam agar semakin enak dipandang.

Pada saat membangun atau membuat kolam, pastikan untuk menggunakan waterproofing coating terbaik agar kolam ikan tidak mudah bocor.

4. Kolam Gaya Klasik

Gaya klasik yang dimaksud di sini adalah kolam ikan minimalis dengan bentuknya yang bulat atau bentuk lainnya dan terletak di depan atau belakang rumah. Untuk bagian pinggirannya, biasanya menggunakan batu alam berukuran sedang hingga besar di sekelilingnya.

Tak lupa, tanamlah tanaman hijau atau berbagai jenis bunga di sekitarnya untuk menambah keindahan kolam tersebut. Untuk menambah kesan klasik, Anda juga dapat menempatkan beberapa batu besar tak beraturan di sekitar kolam yang dapat digunakan sebagai tempat duduk.

5. Kolam dengan Desain Jembatan Kayu

Desain kolam ikan lainnya yang dapat Anda aplikasikan adalah kolam dengan jembatan kayu di atasnya. Secara bentuk, Anda bebas memilih bentuk kolam yang diinginkan seperti kotak atau bulat.

Anda hanya perlu menambahkan jembatan kayu sederhana di atasnya, sehingga siapapun dapat berjalan bak di atas air. Selain menambahkan jembatan, Anda juga dapat memberikan ruang sedikit lebih luas di atas kolam untuk digunakan menyimpan kursi taman sederhana.

Kehadiran air mancur kecil juga dapat mempercantik tampilan kolam ikan ini. Tak lupa untuk menyimpan tanaman air seperti teratai atau eceng gondok, supaya dapat memberikan kesan tenang pada saat melihatnya.

6. Kolam dengan Desain Asimetris

Desain lainnya yang dapat Anda gunakan adalah desain kolam ikan asimetris. Anda dapat membuat kolam dengan bentuk lekukan dan ukuran khusus yang dapat menyesuaikan dengan lahan yang tersedia.

Kombinasikan kolam tersebut dengan lantai berbahan kayu, batuan alam, dan tanaman hijau dengan berbagai ukuran untuk mempercantik area kolam tersebut. Tata secantik mungkin kolam ikan ini, agar Anda semakin nyaman berada di rumah.

Itulah beberapa referensi desain kolam ikan yang dapat Anda buat di rumah untuk mempercantik tampilan rumah dan menambah kenyamanan para penghuninya.

Dalam membuat kolam ikan, pastikan untuk menggunakan lapisan waterproof dengan kualitas terbaik. Dengan produk demikian, maka kolam ikan bisa mendapatkan manfaat waterproofing coating, yakni membuatnya tidak mudah bocor dan senantiasa awet.

Mulai sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi kolam ikan akan mengalami kebocoran dengan adanya produk SikaTop 107 Plus. Untuk informasi lebih lengkap tentang waterproofing coating, klik di sini!

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)