Gerhana Matahari Total 2016

Hello gaes, apa kabar semua. Sudah pada menikmati libur tanggal 9 Maret 2016 kemarinkan sekaligus melihat Gerhana Matahari Total yang katanya cuma terjadi 350 tahun sekali itu bukan? Ada yang lucu sebenarnya, aku kira libur tanggal 9 Maret 2016 itu karena akan adanya Gerhana Matahari Total, tapi ternyata libur tanggal merahnya gegara perayaan Hari Raya Nyepi toh. Gini nih efek ibu rumah tangga yang nggak update dengan tanggal merah dan sibuk dengan dunianya sendiri. Apakah kalian mengalami hal yang sama sepertiku?
Sumber : www.sindonews.com
Pagi-pagi diriku udah rieweuh sendiri, mulai dari memandikan my babyboy yang berusia 2,5 bulan dan mencuci beberapa baju yang memang harus segera kering untuk besok. Setelah my baby boy mandi baru aku yang bersiap-siap mandi. Aku nggak mau ketinggalan untuk melihat Gerhana Matahari Total ini.
By the way udah pada tau kan yang dimaksud dengan Gerhana Matahari? Menurut Wikipedia, Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. Gerhana Matahari Total terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.
Sumber Wikepedia
Gerhana Matahari Total yang terjadi pada tanggal 9 Maret 2016. Beruntung banget negara Indonesia karena menjadi negara VIP yang bisa menikmati momen Gerhana Matahari Total ini. Daerah-daerah di Indonesia yang dilewati oleh Gerhana Matahari Total antara lain : Palembang, Belitung, Bangka, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate, dan Halmahera.

Sumber : http://eclipse.gsfc.nasa.gov
Untuk kawasan Surabaya dan sekitarnya mungkin Gerhana Matahari tersebut hanya tampak seperti bulan sabit didukung cuaca yang agak mendung. Masyarakat di sekitar perumahanku memilih sholat Gerhana di Mushola perumahan. Para bapak dan ibu berduyun-duyun ke Mushola sambil berdzikir sebanyak-banyaknya. Menikmati fenomena alam yang langka dan hanya terjadi 350 tahun sekali. Subhanallah begitu kecilnya kita saat fenomena alam itu tampak nyata di depan mata kita dan hanya Allah yang Maha Besar.

Menilik lagi tentang fenomena langka ini, ternyata Gerhana Matahari Total 2016 telah menyumbang devisa sebesar 150 milyar rupiah. Angka yang fantastis bukan... Animo wisatawan baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri sangat antusias untuk melihat Gerhana Matahari Total ini. Selain itu Gerhana Matahari Total menjadi trending topic di Twitter. Nah, jika kalian ingin membaca lebih jelasnya tentang Gerhana Matahari Total ini silahkan kalian serching dengan kalimat "Gerhana Matahari Total 2016" atau "Gerhana Matahari" di Sindonews.
Sumber : www.sindonews.com

Disana, banyak sekali informasi yang kita dapatkan tentang Gerhana Matahari Total ini. Salah satunya adalah berita tentang Gerhana Matahari Total yang menyumbang devisa negara sebesar 150 milyar rupiah. Tidak hanya berita-berita tersebut, namun berita lain bisa kita dapatkan disana. Gerhana Matahari Total yang melintasi 12 provinsi di Indonesia yaitu Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara menjadikan Indonesia sebagai negara VIP yang bisa menikmati momen langka ini.

Momen langka ini setidaknya bisa kita abadikan dengan berbagai cara, dengan memoto objek tersebut, atau dengan membuat video. Ada juga dengan cara yang lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta yaitu dengan sholat Gerhana Matahari atau sholat Kusuf. Mereka sadar dengan adanya fenomena alam yang sungguh memukau ini mereka tampak sangat kecil sekali di hadapan sang Pencipta. Subhanallah...

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)