Seberapa Penting Kecepatan Sebuah Blog?

Seberapa Penting Kecepatan Sebuah Blog?


Memiliki sebuah blog, adalah hal yang bisa dilakukan oleh banyak orang yang ingin memulai di dunia blogging. Mereka bisa menggunakan beberapa platfrom yang mungkin bisa digunakan secara gratis dan berbayar. Seperti blogger, ataupun wordpress.

Dengan begitu, mereka bisa dengan mudah membuat sebuah blog dan menulis artikel pertama mereka.


pentingnya kecepatan sebuah blog


Namun, ternyata masih banyak para blogger yang kurang memahami betul bagaimana konsep SEO dan juga Robot Google bekerja didalamnya. Sehingga, mereka terlalu fokus untuk membuat artikel, dan optimasi SEO dengan menggunakan backlink.

Sebenarnya, ada beberapa faktor lain yang sangat berperan penting bagi blogger, dan juga pengunjung yang mengunjungi blog tersebut.

Kecepatan Loading pada Blog


Ya, hal ini sangat berperan penting bagi seorang blogger. Ketika seorang pengunjung memasuki sebuah web atau blog yang memiliki kecepatan loading yang rendah, tentunya pengunjung akan terlalu lama menunggu, sampai semua laman atau tulisan di blog tersebut tayang secara utuh.

Google sendiri sudah menguatamakan sebuah website yang memiliki kecepatan loading yang cepat untuk naik ke halaman pertama, daripada yang memiliki kecepatan loading yang cepat.

Bahkan dari situs aksesdigital.com juga dikatakan, bahwa kecepatan loading blog yang cepat, adalah salah satu hal penting dalam penerapan strategi SEO yang baik, untuk mendapatkan peringkat 1 di halaman pertama pencarian Google.


  • Untuk itu, kalian perlu memperhatikan beberapa aspek, agar kecepatan loading blog kalian semakin cepat. Seperti

  • Menggunakan Gambar format .jpg dengan kualitas sekitar 70% sudah cukup

  • Menghilangkan Widget yang tidak diperlukan di bagian sidebar atau footer

  • Menggunakan template / theme yang ringan, dan Userfriendly

  • Menggunakan hosting yang memang memiliki kecepatan yang stabil, serta memiliki bandwith unlimited

  • Menghapus Script yang tidak di butuhkan didalam blog.

Sebenarnya sangat sederhana, penggunaan gambar misalnya. Terkadang kita sering kali membuat artikel dengan gambar yang memiliki resolusi yang cukup besar, sehingga ukuran file nya pun membengkak.

Dan masalah kompresi gambar, juga sering menjadi salah satu faktor penyebab kecepatan loading blog berkurang, karena ukuran gambar yang terlalu besar.

Untuk faktor yang lain, masih di pengaruhi dari sebuah template atau blog yang digunakan. Terkadang ada beberapa javascript pada template, yang membuat kecepatan loading blog menjadi lebih lambat dari sebelumnya.


Kesimpulan

Apakah kecepatan loading blog itu berpengaruh? Iya, jelas sangat berpengaruh. Selain membuat pengunjung harus menunggu terlalu lama, kecepatan loading blog yang lambat juga, dinilai memiliki nilai yang kurang baik di mata Google bot, serta google Crawl (robot perayap google).

Hindari menggunakan widget widget yang tidak di perlukan didalam sebuah blog. Gunakan template yang memang seo friendly, user friendly, serta juga responsive. Sebab beberapa template/theme yang tersedia saat ini, sudah memiliki fitur fast loading.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)