Mengajari Suami Cara Memasak Nasi Di Kompor Agar Nasinya Pulen

Mengajari Suami Cara Memasak Nasi Di Kompor Agar Nasinya Pulen


Mengajari suami memasak nasi di kompor, kira-kira mau nggak ya? Dan Alhamdulillah, suami saya ternyata mau juga nih diajari cara memasak nasi di kompor yang benar agar nasi yang dimasaknya menjadi pulen.Saya tak mengira loh ternyata suami saya yang kerjanya hanya mantengin leptop mau terjun langsung untuk bekerja sama terutama dalam masalah perdapuran. Senangnya lagi dia mau menghemat listrik dengan cara memilih memasak nasi di kompor.Hahaha, hemat apa medit bang? Wekekek... Sama-sama lah ya, demi hidup yang terjamin. Duitnya bisa buat kepentingan yang lain.


Cara memasak nasi di kompor gas


Mengajarinya tidak cukup satu atau dua kali, perlu berkali-kali biar suami paham. Pernah sih, hasil nasi yang dimasaknya gosong. Hal ini berakibat nasi tak bisa dimakan dan panci yang dipakai pun sudah tidak bisa digunakan lagi. Tak masalah sih, karena namanya juga kab belajar. Belajar butuh proses, seperti halnya belajar cara memasak nasi di kompor agar hasilnya bener-bener maksimal dan bisa dinikmati seluruh anggota keluarga.



Poin penting  yang perlu diperhatikan saat memasak nasi menggunakan kompor

Oke deh, saya menjelaskan beberapa poin penting pada suami nih terutama hal yang perlu diperhatikan saat akan memulai memasak nasi di kompor, antara lain :

1. Pastinya harus sedia beras pulen, jenis beras apa saja sih sebenarnya nggak harus beras pulen. Ini saya memilih beras pulen agar nasi yang dimasak menjadi pulen nantinya. Teman-teman bisa memakai beras merek dan jenis apa saja.

2. Takar beras sesuai kebutuhan. Kalau hanya terdiri dari 3 orang mungkin 3 takar beras sudah cukup untuk seharian. Namun ini tergantung dari nafsu makan seseorang, terkadang ada yang nambah nasi hingga lebih dari sepiring untuk itu terkadang ada yang memasak lebih banyak.


Cara memasak nasi di kompor gas


3. Cuci beras sampai bersih dengan air yang mengalir. Air yang mengalir contohnya air dari kran.

4. Siapkan panci dan masukkan beras ke dalam panci kemudian tambahkan air dengan ukuran air setengah telunjuk. Jika ingin aroma nasi harum, bisa tambahkan daun pandan yang sudah dicuci bersih ke dalam panci yang sudah berisi air.

5. Hidupkan kompor dengan api sedang, biarkan hingga mendidih dan sesekali di aduk agar masaknya merata dan pastinya agar tidak gosong.

6. Setelah air dipanci sudah mulai habis dan beras sudah mulai menjadi nasi setengah matang yang masih bertekstur keras, maka matikan kompor dan biarkan sebentar nasi dalam panci tersebut.

7. Ambil dandang dengan saringannya. Isi air secukupnya dan jangan melebihi saringan. Hidupkan kompor dengan api sedang.

8. Setelah air di dandang mendidih, maka masukkan nasi dipanci yang masih setengah matang tadi ke dalam dandang.

9. Setelah itu tutup dandang dan biarkan hingga 10-15 menit hingga nasi masak dengan sempurna.

10. Nasi siap dihidangkan dan bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga dengan lauk dan sayur yang tersedia.



Mengajari anak membantu orang tua memasak di dapur

Setelah diajari cara memasak nasi di kompor, suami saya pun ketagihan. Terkadang dia yang memasak nasinya saat saya berbelanja ke pasar. Eh tau-tau nasinya sudah masak dan saya hanya tinggal menggoreng ikan dan membuat sayur bayam kesukaannya. Atau saat saya sakit dan tak mampu uprek didapur, maka pekerjaan saya pun digantikan oleh suami saya. Suami saya akan memasak nasi, menggoreng tempe kesukaannya, dan membuat sayur sop favorit keluarga.


Mengajari anak membantu orang tua memasak di dapur


Terkadang anak saya juga membantu saya menggoreng ikan. Ikan goreng kesukaan anak saya terutama ikan mujaer yang berukuran besar. Ah senangnya kalau anggota keluarga kompak dan saling membantu seperti ini. Pekerjaan cepat selesai dan sarapan bisa tepat waktu.Cara memasak nasi di kompor ternyata simpel banget ya, tak hanya kaum perempuan kaum lelaki pun bisa melakukannya. Tak ada usaha yang sia-sia ternyata. Oh ya, kompor yang saya gunakan pastinya kompor gas ya bu ibu. Hehehe...

Salam,
Dwi Puspita

1 comment:

  1. Wah,Ayman ikutan masak juga ya.. Ibuku masih sering masak nasi di kompor, aku belum pernah mbk cuma tau caranya gitu hehe

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)