Monday, June 05, 2017

7 Menu Hidangan Buka Puasa Favorit Keluarga

Menantikan saat berbuka puasa rasanya deg-degan. Antara bahagia dan lega campur menjadi satu. Seharian berpuasa menahan haus dan lapar serta emosi yang bergejolak. Kadang tanpa diundang abang siomay disiang hari lewat depan rumah, duh rasanya bener-bener deh bikin urat nadi lemes #lebay. Hehehe
Tapi, tapi beneran kok...bagi aku yang doyan makan dan tak terjadwal melihat abang tukang jualan lewat depan di siang hari dan diwaktu puasa bener-bener menggoda. Kadang abang siomay dan abang es bubur kacang hijau berkolaborasi lewat depan rumah dengan bunyi-bunyian khas mereka.

Bener-bener diuji dan alhamdulillah kuat.
Ngomong-ngomong tentang buka puasa, beberapa menu pilihan keluargaku adalah makanan yang simpel, murah, dan bergizi. Tak harus mahal yang penting bisa mengenyangkan dan hendaknya berhenti makan sebelum kenyang.

1. Kolak
Kolak tetap menjadi primadona, entah itu kolak pisang, kolak singkong, kolak ubi, kolak labu, kolak kacang hijau, ataupun kolak tape dan nangka. Bener-bener berbuka puasa dengan yang manis-manis macam kolak ini kadang bikin nambah dan akhirnya lupa untuk menyantap menu buka puasa yang lainnya.


2. Minuman serba es
Minuman serba es disini seperti es cao, es agar-agar, es dawet, es kelapa muda, es teh, es campur, es buah, dan lainnya. Padahal minuman hangat lebih baik diminum terlebih dahulu saat kita berbuka puasa namun entah mengapa minuman serba es ini kadang menjadi favorit. Tak lengkap rasanya jika tak ada es dalam minuman yang akan kita minum.




3. Sayuran
Untuk sayuran biasanya aku membuat menu sayuran yang simpel seperti sayur sop yang memang menjadi menu favorit suamiku. Kadang menu sayuran ini setiap hari diganti agar tidak bosan. Beberapa menu sayuran yang aku buat antara lain sayur bayam, oseng-oseng kangkung, lodeh, sayur singkong, urap-urap, dan pecelan. Semua menu sayuran tersebut sangat mudah membuatnya.



4. Ikan laut dengan aneka bumbu
Hmmm.... lauk yang aku suka adalah ikan laut daripada daging. Selain tinggi protein, ikan laut bener-bener maknyus saat dimasak dan diolah dengan bumbu-bumbu yang menggoda selera. Salah satu favoritku adalah ikan tongkol bumbu balado, cumi, idang, dan kerang bumbu saos tiram, kakap bakar bumbu lada hitam, patin bumbu rica-rica, Pe bumbu rujak, pokoknya semua ikan laut yang sudah berkolaborasi dengan bumbu khas Indonesia rasanya mantap.




5. Daging dengan berbagai olahan
Daging dengan berbagai olahan seperti semur, krengsengan, rendang, opor, sate, soto, rawon, bakso dan lainnya masih tetap menjadi pilihan. Jika sesorang tidak suka menu ikan laut maka mereka akan memilih menu daging. Menu daging memang sangat istimewa, selain banyak sekali kandungan gizinya pun kita harus waspada untuk mengatur berapa banyak daging yang kita konsumsi. Hal ini agar kita terbebas dari penyakit.




6. Aneka sambal
Hambar rasanya setiap makanan jika tak ada sensasi spicynya. Untuk itu sambal sangat dibutuhkan ditengah-tengah makanan tersebut. Berbagai jenis sambal pun akan menghiasi meja sesuai dengan menu hari itu. Sambal-sambal favorit antara lain sambal terasi, sambal roa, sambal bawang goreng, sambal kacang, sambal kecap, dan sambel tomat.


7. Tahu, tempe, dan kerupuk.
Walaupun termasuk jenis makanan murah meriah namun rasanya kurang afdol jika salah satu dari menu ini tidak ada. Apalagi kerupuk... insyaallah semua orang menyukainya. Tahu tempe merupakan lauk yang mengandung protein nabati. Protein nabati sangat dibutuhkan dan baik untuk tubuh kita. Lauk asli Indonesia ini bisa diolah dengan berbagai hidangan yang sangat lezat. Favoritku adalah tahu tempe bacem dan kerupuk nggak boleh ketinggalan donk.




Nah gaes itulah 7 menu berbuka puasa yang akan menjadi favorit kalian. Kalian pilih yang mana? Tahu tempe sayur sop oke juga kan?

Apapun makanannya jangan lupa buah ya, karena makan buah sangat menyehatkan. Yuk... share juga menu buka puasa kalian gaes.






Related Posts

7 Menu Hidangan Buka Puasa Favorit Keluarga
4/ 5
Oleh

7 komentar

Meskipun saya tidak puasa, tapi Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang paling saya rindukan. Alasannya ya itu poin-poin yang kamu tulis di atas. Banyak makanan enak di bulan Ramadhan, salah satunya KOLAK. Sekarang saya tinggal di negeri orang, sama sekali ga kerasa suasana Ramadhannya. Rindu banget sama Kolak, tapi meskipun bisa bikin sendiri, rasanya tetep ga seenak Kolak yang dijual sore-sore di depan gang dekat rumah, hahaha. Rindu banget sama Indonesia. Selamat menunaikan ibadah puasa ya bagi teman-teman yang merayakan =)

Saya paling suka nyemil mangga atau tahu plus sambel hehe, mantabs

Kalo saya, buka itu yang penting ada yang pedessss... hihi. tapi yang paling favorit sih, kolak. Buka puasa tanpa kolak, rasanya kurang afdol

ahaha... senangnya masih diberi Allah kesempatan oleh Allah berjumpa lagi dengan Ramadhan,
Semoga Ramadhan tahun ini dapat menjadikan kita menjadi lebih baik lagi, menghapus dosa, dan mengantarkan ke Surga,

Seger-seger mbak...jadi kangen rumah

Tahu, tempe dan kerupuk, wah ini kelas strata sosial saya. Murah meriah, dan abdol.

hampir semua keluarga yang saya temui memang begitu makanan favoritnya

Yuk berkomentar :)