Thursday, August 10, 2017

Inilah Rahasia Cara Enak Turunkan Kolesterol

Kali ini aku mau cuap-cuap tentang kesehatan ya. Soalnya penting banget nih, beberapa bulan terakhir ini badanku pegel, linu, dan sakit semua. Dibawa gerak malah tambah sakit, kata suamiku sih mungkin aku kena kolesterol. What??? Kolesterol. Padahal aku kan belum tua, masak sih sudah terjangkit penyakit mengerikan itu.

Aku sudah rutin konsumsi buah dan sayur setiap hari. Kadang juga olahraga walau hanya 15 menit setiap hari. Intinya tubuhku bergerak dan mengeluarkan keringat. Makananpun kadang aku jaga, yah walaupun tidak aku jaga semua. Sulit rasanya meninggalkan tahu petis dengan cabe rawit warna hijaunya atau makanan seperti mi goreng dengan toping telor ceplok, irisan cabe, dan bawang goreng. Huwahhhh... sumpah nggak nahan. Kadang aku kalap dengan semua makanan itu dan aku lupa dengan kesehatanku. 


Emang nggak dipungkiri, gaya hidupku yang kebablasan dengan pola makan yang cenderung salah telah mengakibatkan kefatalan yang luar biasa terhadap kesehatanku. Aku suka makan apa saja yang penting Halal. Hobiku memang kuliner, biasanya kuliner bareng suami dan anak, kadang juga bareng teman-teman. Gorengan, sate, nasi babat madura, rawon, lodeh, penyetan, bakso, dan masih banyak makanan lainnya yang sudah berhasil aku lahap setiap harinya. Setelah melahap habis makanan tersebut, beberapa saat kemudian pasti deh tubuhku ngilu semua. Awalnya sih cuek tapi kok tambah parah ngilunya.


Tidak sengaja saat melewati jalanan Basuki Rahmat Surabaya tepatnya Gedung Dyandra Convention Centre aku melihat banyak umbul-umbul, artinya sedang ada acara di gedung tersebut. Rupanya acara yang bertajuk "Gerakan Jantung Sehat : Indonesia Tangkal Kolesterol" ini membuatku penasaran dan akhirnya aku memilih memarkir mobil.

Iseng deh masuk ke gedung tersebut. Acaranya rame banget. Aku lihat disetiap booth banyak peserta yang sedang diperiksa. Ternyata mereka pada antri untuk periksa kolesterol dan darahnya.


Penderita kolesterol dan jantung koroner yang biasanya diderita usia 40 tahun, kini bergeser pada usia 30 an. Pada acara Gerakan Jantung Sehat : Indonesia Tangkal Kolesterol yang kadar kolesterolnya di atas 200mg/dl masih berusia 23-30 tahun.

Event tahunan ini mengajak para masyarakat untuk menjaga kesehatan terutama jantung. Jantung merupakan organ penting didalam tubuh sehingga kesehatannya perlu dijaga sedini mungkin. Gerakan Jantung Sehat mengajak masyarakat untuk selalu peduli dengan kesehatan agar tidak terkena jantung koroner.




Kok bisa sih terkena penyakit jantung koroner?

Dalam tubuh kita itu kan ada organ jantung, dimana organ jantung memompa darah keseluruh tubuh. Pembuluh jantung menyalurkan darah dengan lancar jika jantung manusia tersebut sehat.

Namun karena pola makan dan pola hidup yang salah seperti tidak mengontrol makanan yang masuk kedalam tubuh. Seperti makan sate, kentang goreng, rawon, mi goreng, jeroan kambing, dan berbagai makanan yang tinggi lemak serta kurangnya berolahraga maka lama kelamaan pembuluh darah yang ada dijantung tersumbat. Tersumbat oleh plak lemak yang dinamakan kolesterol. Dengan adanya penyumbatan ini maka aliran darah tidak lancar sehingga mengganggu kerja jantung dan dari sanalah penyakit jantung koroner muncul.


Penyakit jantung koroner adalah kondisi ketika pembuluh darah utama yang memberi pasokan darah, oksigen, dan nutrisi untuk jantung menjadi rusak. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh plak kolesterol dan proses peradangan. Pembentukan plak tersebut menyebabkan penyempitan pada arteri koroner dan menurunkan airan oksigen ke jantung. Hal inilah yang bisa menyebabkan nyeri dada. Karena pembentukan plak terjadi selama beberapa dekade, Anda tidak akan menyadarinya sampai benar-benar memberikan gejala klinis berupa nyeri dada tersebut.




Gejala utama dari penyakit jantung koroner adalah:

1. Nyeri dada (angina)
Tekanan atau beban berat terasa menghinggapi dada, seperti seseorang berdiri di atas dada. Nyeri ini biasanya hilang dengan istirahat.

2. Sesak napas
Apabila jantung gagal memompa darah ke seluruh tubuh, gejala sesak napas bisa timbul.

3. Serangan jantung
Serangan jantung terjadi apabila terjadi blokade total dari arteri koroner.

Penyebab penyakit jantung koroner adalah saat terjadinya kerusakan dari lapisan dalam arteri. Hal ini sebabkan oleh:
  • Merokok
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol tinggi
  • Diabetes
  • Gaya hidup sedenter
Beberapa faktor risiko yang menyebabkan penyakit jantung koroner, yaitu:
  1. USIASemakin bertambah usia, semakin tinggi risiko Anda mengalami kerusakan arteri.
  2. JENIS KELAMINPria lebih mungkin untuk mengalami penyakit jantung koroner.
  3. RIWAYAT KELUARGAMempunyai anggota keluarga dengan penyakit jantung koroner meningkatkan risiko kamu untuk mengalami hal yang sama.
Maka dari itu sayangi jantungmu. Jantungmu jantung keluargamu. Penyakit jantung bisa dicegah sejak dini, caranya pun mudah. Tergantung niat kita mau sehat atau tidak.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah cek darah dan kolesterol secara rutin. Jika kadar kolesterolmu di bawah 200mg/dl maka kamu wajib berbangga karena kamu belum terjangkit kolesterol. Namun jika sebaliknya, kadar kolesterol diatas 200mg/dl sepertinya kamu harus waspada. Penyakit jantung sudah didekatmu.

Kedua kamu harus ubah pola makan dan pola hidupmu. Caranya bagaimana?
1. Kamu harus ubah pola makanmu. Rajin konsumsi sayur dan buah dan kurangi makanan yang digoreng serta berlemak tinggi.
2. Kamu harus ubah pola hidupmu dengan banyak aktifitas dan bergerak. Usahakan olahraga seminggu sekali. Jauhi rokok dan minuman beralkohol.
3. Jangan strees dan jaga berat badan
4. Rajinlah konsumsi Nutrive Benecol sehari dua kali.







Dengan mengkonsumsi Nutrive Benecol secara rutin 2 kali sehari selama 2-3 minggu, efektif turunkan kolesterol hingga 7-10% dan mengurangi resiko jantung koroner.

Ternyata hidup sehat itu penting ya, salah satunya menjaga pola makan. Pola makan yang teratur dan menjaga makanan apa saja yang masuk. Selain itu olahraga, orang yang malas gerak alias mager pasti sudah rentan terhadap penyakit. Dengan mudahnya penyakit akan menghampiri mereka yang kurang menggerakkan badannya.



Hidup sehat yang dimaksud adalah gaya hidup yang aktif dan rutin berolahraga, menerapkan pola makan seimbang rendah lemak jenuh dan kolesterol serta kebiasaan sehat tanpa rokok dan minuman beralkohol. Hal ini sangat efektif mencegah faktor resiko utama penyakit jantung yang meliputi diabetes mellitus (penyakit gula atau kencing manis), hipertensi (tekanan datah tinggi), kebiasaan merokok, kegemukan, dan kadar kolesterol tinggi.


Cara enak turunkan kolesterol adalah dengan mengkonsumsi Nutrive Benecol secara rutin. Nutrive Benecol mengandung plant stanol ester yang sebetulnya terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang kita konsumsi sehari-hari. Namun jumlah kandungannya amat sedikit dibandingkan kebutuhan untuk menurunkan kolesterol.



Selain itu rutin berolahraga senam B-FIT 2.0 yang bermanfaat untuk membakar kolesterol, merelaksasi tubuh (mengurangi stress), membakar kalori dan memperbaiki postur tubuh. Senam ini bisa dilakukan oleh siapa saja baik tua maupun muda yang ingin menekan kolesterolnya. Senam B-Fit bisa dilakukan dirumah ataupun ditempat kerja. Nggak ada alasan lagi untuk bisa menggerakkan badanmu.


Nutrive Benecol dalam kampanyenya "Gerakan Jantung Sehat : Indonesia Tangkal Kolesterol" mengajak masyarakat Indonesia untuk bahu membahu dalam menurunkan resiko jantung koroner melalui Gerakan Jantung Sehat, yaitu mengenal, menurunkan, dan mengontrol kolesterol dengan gaya hidup TANGKAL yang terdiri dari 7 langkah tangkal kolesterol yaitu :

  1. Teratur periksa kolesterol
  2. Awasi asupan dan pola makan
  3. Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol
  4. Giat berolahraga dengan senam B-Fit
  5. Kendalikan berat badan dan hindari stress
  6. Awasi tekanan darah
  7. Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x sehari

Nah bagaimana, sudah paham kan dengan yang namanya kolesterol. Kolesterol itu bisa menyerang siapa saja. Tua, muda, laki-laki, perempuan pasti akan mengalaminya jika mereka kurang mengatur pola hidup mereka. Mulailah dari sekarang untuk hidup sehat gaes karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Event ini juga akan terselenggara dibeberapa kota besar di Indonesia yaitu Makassar (27 Agustus 2017), Bandung (23 September 2017), dan Jakarta (8 Oktober 2017). Lebih lengkapnya bisa kalian cek di IG @nutrivebenecol_id atau di website https://nutrivebenecol.com/.



Yuk tonton videonya dibawah ini agar kamu semakin sadar bahwa jantung sehat impian setiap orang. Semoga bermanfaat ya.



Related Posts

Inilah Rahasia Cara Enak Turunkan Kolesterol
4/ 5
Oleh

6 komentar

Kadang badan tiba2 cekot2. Kata orang sih kolesterol, tapi waktu cek kadar kolesterol normal. Iyah nih kudu jaga pola makan..

Boleh nih coba Nutrive Benecol untuk turunkan kolesterol :)

harus rutin olahraga yaa mbaaa...kalau acara begini enak banyak ilmunya

Duh.. bakso & gorengan.. huhuhu catet! Emang harus dikurangi makan-makanan ga sehat & mulai olahraga biar badan lebih sehat & jauh2 dari kolesterol..

kebetulan nih nenek saya tuh punya obesitas asam urat sama kolestrolnya tinggi, thanks buat infonya.....

Saya juga kadang minum Nutrive Benecol

Yuk berkomentar :)