Cara Diet Sehat Ala Saya

Punya hobi suka nyemil tuh sebenarnya tantangan sendiri, nggak nyemil rasanya kok kadang sakau gitu ya. Pengen semua yang ada didepan mata ingin di lahap semua. Camilan yang saya suka seperti roti, tapi kalau dibiarkan kok ya semakin hari jarum timbangan BB bergeser syantik ke arah kanan. Repot memang punya hobi ingin nyamil terus seperti saya ini.
Saya Hobi Nyemil
Ini berat badan stabil saya setelah melahirkan. Diangka ini sepertinya berat badan saya stagnan. Maksudnya walau saya diet, angka ini tetap saja menemani saya walaupun saya makan banyak ataupun makan sedikit. Yang ada hanya badan saya yang membengkak, terutama bagian perut, paha, dan lengan sedangkan jarum timbangan tetap diangka tersebut.



Saya Bertubuh Subur dan Mudah Sekali Berat Badan Saya Naik
Saya memiliki tubuh yang subur dan gampang sekali berat badan saya naik. Gampang naiknya tapi susah banget buat nurunin. Pernah sih dulu diet gila-gilaan. Diet ekstrem selama seminggu nggak makan nasi, nggak makan gorengan, dan anti nyemil. Yang saya makan selama diet hanya buah dan sayur saja serta tak lupa rajin minum air putih agar metabolisme tubuh tetap terkendali. Tapi... plisss jangan ditiru cara diet saya seperti ini.

Beuh.... dengan diet gila-gilaan itu bikin saya bahagia. Langsung deh kuping saya rasanya mekrok seperti kembang dari saking senengnya. Selama seminggu diet gila-gilaan itu lemak ditubuh saya musnah 4 kg. Alamakkkk... seneng sekali rasanya.


Dampak Diet Gila-Gilaan
Memang sih, wajah saya kelihatan pucat, nggak sehat, lemas, la wong dietnya saja gila-gilaan bukan diet sehat. Kalau diet sehat pastinya diimbangi dengan olahraga dan pola makan yang teratur. Tapi saya tidak, saya hanya memikirkan bagaimana caranya saya bisa langsing dalam sekejap. Celana dan baju yang dulunya pas sekarang agak longgaran, kadang celana melorot dan harus memakai ikat pinggang. Perut yang buncit hampir sedikit rata. Senang sekali deh pokoknya, nggak bisa diungkapin dengan kata-kata.

Diet Sehat Ala Saya
Tapi saya sekarang sudah berhenti diet seperti cara tersebut, nggak baik. Mending diet sehat. Atur pola makan dan rajin olahraga pastinya. Konsumsi air putih setiap hari juga sangat penting, minimal saya minum air putih 8 gelas setiap hari.



Nyemil sih boleh-boleh saja asalkan nggak keterusan. Biasanya saya membeli camilan yang lagi diskon di minimarket. Selain barang kebutuhan sehari-hari pastinya saya mencari camilan buat persiapan dirumah saat bete melanda atau sebagai teman menonton TV.

Bersyukur banget tinggal diperumahan yang akses kemana-mana yang lumayan serba mudah. Pengen ke kota tinggal nunggu angkot aja di depan gang, pengen ke pasar tinggal jalan kaki aja dari rumah sambil olahraga pagi. Pengen belanja kebutuhan sehari-hari seperti sabun mandi, sabun cuci, camilan tinggal mampir ke minimarket dekat rumah.



Perumahan saya memang terbilang jauh dari pusat Kota Surabaya. Kalau nggak macet, nggak kena lampu merah dan lewat jalan tol bisa ditempuh selama satu jam saja. Tapi kalau sudah kena ketiga-tiganya bisa-bisa dua jaman terjebak macet di jalanan menuju Kota Surabaya.

OMG pusing kadang kepala saya kalau sudah kena macet. Kalaupun terpaksa keluar rumah, sebelum berangkat biasanya saya sering membawa segala keperluan untuk menemani saya selama di dalam perjalanan yang macet dan panjang menuju arah yang dituju agar saya tidak bete.

Intinya diet sehat ala saya itu, antara lain :

  1. Olahraga yang teratur, minimal olahraga seminggu dua kali.
  2. Konsumsi makanan sehat yang bergizi dan mengatur pola makan yang benar.
  3. Konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari.
  4. Perbanyak sayur dan buah daripada karbohidrat seperti nasi.
  5. Boleh saja nyemil tapi harus diimbangi dengan banyak gerak, seperti cuci baju, cuci piring, berkebun, dan pekerjaan lainnya yang bisa membakar kalori.
  6. Biasakan jalan kaki jika jarak yang ditempuh dekat. Misalnya saat saya ke pasar saya selalu jalan kaki, hitung-hitung saya olahraga pagi.
  7. Sebenarnya saya suka sekali ngopi, tapi saya membatasi penggunaan gula dalam kopi yang saya seduh.


Lengkap banget ya curcolan saya kali ini. Dari cerita diet, doyan ngemil, akses tempat tinggal saya, hingga terjebak macet. Maklum ceritanya sambil ngemil ya sudah jadinya panjang kali lebar deh.

Salam,
Dwi Puspita



No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)