Pentingnya IMD dan Cara Memperlancar ASI

Impian menjadi seorang ibu pastinya sangat diidamkan oleh perempuan yang telah menikah. Mendapatkan pasangan yang saling mensupport satu sama lainnya akan menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi setiap suami istri. Pengalaman pribadi saya saat berusaha mendapatkan momongan pun menjadi salah satu kunci kesabaran kami dalam mahligai pernikahan. Alhamdulillah 3 tahun kemudian setelah menikah kami mendapatkan amanah untuk menjaga dan merawat anak pertama kami.

Bahagia sudah pasti, kebahagian yang bercampur dengan tangisan syukur akhirnya kami bisa memiliki anak pertama. Namanya anak pertama, penuh dengan drama dan cerita. Saat merawat si kecil pun kadang menjadi pengalaman tersendiri dan pertama bagi kami. Kami banyak membaca artikel seputar mengASIhi, merawat dan masih banyak lainnya tentang mengasuh bayi. Tidak hanya membaca artikel, kami juga rajin bertanya pada orang tua, tetangga dan teman-teman yang sudah berpengalaman agar tidak salah dalam merawat si kecil yang masih bayi. 

5 tahun kemudian, kebahagiaan makin bertambah. Kami mendapatkan amanah anak kedua. Tentunya kami sangat bersyukur atas rezeki besar yang kami dapatkan dari Yang Maha Kuasa. Rezeki yang begitu sangat besar menurut kami adalah mendapatkan keturunan.

Saat hamil, baik anak pertama maupun anak kedua saya selalu berusaha untuk berpikiran positif bahwa saya nantinya bisa mengASIhi anak-anak saya hingga 2 tahun. Hal inilah yang selalu saya tanam dipikiran saya agar ASI bisa keluar dengan lancar dan deras.

Tidak hanya itu, saya selalu mengkonsumsi makanan sehat seperti makan buah dan sayuran setiap hari. Sayur dan buah pastinya sangat bagus sekali untuk tubuh saya terutama untuk produksi ASI nantinya. Buah dan sayuran sangat baik sekali manfaatnya dan pastinya dalam buah dan sayuran terkandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh ibu maupun produksi dari ASI sendiri.

Kemudian, beberapa teman menyarankan untuk mengkonsumsi daun katuk agar produksi ASI lancar. Akhirnya saya meminta beberapa lembar daun katuk ke teman untuk saya bikin jus. Kadang daun katuk tersebut saya olah menjadi lalapan atau sayuran berkuah agar menjadi nikmat saat mengkonsumsinya. Ditanya ribet apa nggak, pastinya nggak lah karena saya ingin ASI saya deras dan berkualitas.

Cerita pengalaman mengASIhi anak pertama dan anak kedua saya tidak berhenti sampai disini. Banyak sekali drama yang saya hadapi saat itu apalagi pasca operasi caesar anak pertama dan anak kedua ini. Ternyata pasca operasi ini membuat ASI tidak keluar secara langsung menurut perawat di Rumah Sakit tempat saya di rawat. Memang ada beberapa orang yang setelah operasi ASInya langsung keluar dengan lancar dan ada yang sebaliknya tidak keluar dan harus menunggu kurang lebih 3 hari setelah operasi caesar. Agar ASI lancar para perawat menyuruh saya untuk IMD agar menstimulasi keluarnya ASI. IMD atau Inisiasi Menyusui Dini membuat payudara terstimulus untuk mengeluarkan ASI.

Cara memperlancar asi dengan herba asimor

Pengalaman IMD saya mulai anak pertama dan kedua pastinya penuh hal yang berkesan. Mulai dari khawatir ASI tidak akan keluar hingga puting lecet. Tapi semuanya saya tepis, saya harus berpikir positif dan bahagia demi si kecil agar bisa mengASIhi. Para Mamsi sebenarnya tak perlu khawatir dengan puting lecet, semakin sering bayi menyusui maka puting lecet tersebut akan cepat sembuh dengan sendirinya.

Puting lecet sudah menjadi resiko dari mengASIhi, namun Mamsi tak perlu khawatir, karena puting lecet akan cepat sekali sembuh dengan sendirinya selama 3-7 hari. Yang terpenting adalah Mamsi menyusui si kecil dan bagaimana Mamsi memberikan makanan terbaik untuk si kecil agar ASI keluar dengan lancar, deras dan berkualitas.

Pastinya saat pertama kali melihat bayi, para Mamsi akan menangis haru dan bahagia. Sama seperti saya saat itu, sayatan pisau operasi rasanya tak ada artinya jika dibandingkan keselamatan anak saya. Tangisan si kecil pada waktu itu membuat air mata saya keluar dengan sendirinya. Yah, anak saya menangis, artinya dia hidup dan selamat. Tak sabar saya ingin melihat wajahnya, memeluk tubuh mungilnya, dan mencium jari jemarinya yang kecil.

Dokter memperlihatkan wajah bayi saya yang kemudian meletakkan tubuhnya yang masih berlumur dengan darah dan cairan ketuban di dada saya. Disuruhnya saya untuk IMD saat itu, agar si kecil langsung mendapatkan kolostrum. Pertama kali skin to skin dengan baby membuat saya bahagia. Saya tak percaya, bahwa si kecil sudah berada dipelukan saya.

Kolostrum adalah ASI pertama yang sangat baik bagi tumbuh kembang bayi. Kolostrum memiliki banyak peran penting bagi kesehatan bayi, salah satunya untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh bayi.

Kolostrum sudah mulai diproduksi sejak masa kehamilan, hingga 2-4 hari setelah melahirkan. Warna dan tekstur kolostrum sedikit berbeda dari ASI. Kolostrum berwarna kuning keemasan dan teksturnya lebih kental.

Beberapa hari setelah bayi lahir, kolostrum akan digantikan oleh ASI transisi, sebelum akhirnya menjadi ASI yang sebenarnya. Perlahan-lahan, ASI akan menjadi lebih encer dan warnanya menjadi lebih putih.

Rata-rata wanita akan menghasilkan sekitar 50 ml cairan kolostrum, dalam waktu 48 hingga 72 jam setelah melahirkan. Di dalam kolostrum terkandung sel darah putih dan zat pembentuk kekebalan tubuh yang disebut imunoglobulin. Kedua kandungan ini berperan penting dalam membantu tubuh bayi melawan bakteri, jamur, dan virus penyebab infeksi.

Tidak hanya itu, kolostrum juga mengandung nutrisi penting, seperti karbohidrat, lemak, protein, air, vitamin A, B, dan K, serta kalium, zinc, dan kalsium yang dibutuhkan oleh bayi untuk menunjang proses tumbuh kembangnya. Maka dari itu IMD sangat dianjurkan sekali bagi para Mamsi setelah melahirkan.

Ada banyak manfaat kolostrum untuk kesehatan bayi, di antaranya:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

2. Mendukung kesehatan pencernaan

3. Mencegah penyakit kuning

4. Mendukung tumbuh kembang yang optimal


Cara memperlancar asi dengan herba asimor

Inisiasi Menyusui Dini memang sangat penting dan bermanfaat untuk bayi yang baru lahir. Dalam 1 jam setelah bayi dilahirkan dengan cara menempelkan bayi ke puting Mamsi akan membangun hubungan istimewa, selain juga menstimulasi produksi ASI pertama yang mengandung kolostrum.

Tahap-tahap memberikan IMD (Inisiasi Menyusui Dini) antara lain :

1. Setelah bayi lahir (tanpa membutuhkan tindakan medis lain), segera letakkan bayi di atas perut atau dada Mamsi.

2. Biarkan bayi Mamsi mencari sendiri puting Mamsi, bantu dengan posisi yang nyaman.

3. Biarkan kulit bayi bersentuhan dengan kulit Mamsi.

Jadi dimanapun nanti Mamsi akan melangsungkan proses persalinan, pastikan untuk bisa kawal awal untuk selamanya dengan melakukan inisiasi menyusui dini, di 1 jam pertama setelah melahirkan ya. Karena bayi yang menyusu di 1 jam pertama kehidupan akan lebih kuat. Menjadi awal yang lebih pasti untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan berikutnya.

Cara memperlancar asi dengan herba asimor

Tantangan yang dihadapi selama menyusui pasti setiap Mamsi berbeda-beda ya. Saya pribadi selama menyusui tantangannya adalah puting lecet, tiap malam begadang untuk rajin menyusui si kecil setiap 2 jam, sering lapar, kadang mudah emosi kalau sudah capek. Alhamdulillah, ada suami yang selalu pengertian. Kadang gantian jaga si kecil sehingga saya bisa istirahat walaupun hanya beberapa menit saja.

Cara memperlancar asi dengan herba asimor

Namun sekarang para Mamsi tak perlu repot lagi agar ASI lancar, deras dan berkualitas. Dengan rutin mengkonsumsi Herba Asimor akan membantu melancarkan ASI. Herba Asimor adalah produk herbal untuk membantu melancarkan ASI yang terbuat dari kombinasi 2 tanaman asli Indonesia, yaitu daun katuk dan daun torbangun yang secara turun temurun dipercaya dapat membantu melancarkan produksi ASI.

Manfaat daun katuk untuk ibu menyusui antara lain : 

1. Membantu Meningkatkan Produksi ASI karena di daun katuk mengadung Laktagagum dan Prolaktin yang tinggi.

2. Membantu Mencegah Osteoporosis karena mengandung Kalsium, Fosfor, Zat Besi, dan Potassium. Bahkan kandungan zat besinya lebih tinggi jika dibandingkan dengan daun pepaya dan daun singkong.

3. Membantu Meningkatkan Imun Tubuh karena terdapat Kalori, Protein, dan Karbohidrat di dalamnya juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

4. Baik untuk Kesehatan Mata karena mengandung vitamin A


Manfaat daun torbangun untuk ibu menyusui diantaranya :

1. Daun torbangun bermanfaat untuk meningkatkan air susu ibu

2. Daun torbangun mampu menjaga daya tahan tubuh ibu menyusui karena mengandung laktagogum yang berfungsi untuk menstimulir produksi kelenjar air susu pada ibu menyusui. 

3. Membersihkan rahim pasca melahirkan dan menghentikan pendarahan

4. Daun torbangun dapat menurunkan kolesterol dan mencegah hipertensi pada ibu menyusui karena mengandung fenol, karvakrol, flavonoid dan glikosida. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengurangi nyeri, membersihkan saluran reproduksi pasca melahirkan, mencegah anemia hingga menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah.

5. Membuat produksi ASI semakin berlimpah, deras, lancar, berkualitas dan menyimpan zat besi yang tinggi
Cara memperlancar asi dengan herba asimor

Selain itu, Herba Asimor juga mengandung tambahan bioactive protein fraction dari ikan gabus yang bisa mempercepat menyembuhkan luka setelah melahirkan.

Beberapa manfaat ikan gabus yang perlu Mamsi ketahui antara lain :

1. Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh, karena dalam ikan gabus terdapat albumin.

2. Mempercepat Pemulihan Luka Pasca Operasi namun tidak hanya untuk luka operasi, luka akibat kecelakaan, luka bakar atau cidera lainnya.

3. Baik Untuk Ibu Hamil atau Ibu Menyusui karena mengandung protein yang tinggi

4. Baik untuk Kesehatan Mata karena ikan gabus mengadung vitamin A

5. Penuhi Asupan Gizi Anak karena selain mengandung protein, albumin, dan vitamin A juga terkandung asam lemak dan omega 3 yang dibutuhkan oleh anak-anak.

6. Mudah Dicerna Tubuh karena dalam ikan gabus terkandung albumin yang baik untuk pencernaan. 

7. Menjaga Stamina Tubuh karena nutrisi yang dimiliki oleh ikan gabus.

Cara memperlancar asi dengan herba asimor

Dalam produk Herbal Asimor berisi 5 strip, setiap strip ada 6 kaplet salut selaput. Para Mamsi bisa mengkonsumsi 2 kali sehari untuk memperlancar proses ASI. ASI deras dan berkualitas pasti akan membuat bayi tumbuh dan berkembang secara optimal. Bayi sehat pasti menjadi dambaan para Mamsi semua bukan? Nah, mumpung ada promo nih setiap membeli Herba Asimor yuk Mamsi bisa berbelanja di link berikut https://bit.ly/shopeeASIMOR dan ketikkan "GOAPMOMS" untuk mendapatkan diskon 10%.

Cara memperlancar asi dengan herba asimor

Nah, pada tanggal 1-7 Agustus 2020, merupakan Pekan ASI Sedunia yang mana banyak sekali dukungan untuk para Mamsi yang sama-sama menyusui untuk selalu semangat mengASIhi. Mereka saling memberikan dukungan satu sama lainnya untuk tetap semangat mengASIhi si kecil sampai 2 tahun. Yuk Rayakan pekan ASI bersama Herba Asimor. Dengan menggunakan Herba Asimor, ASI bisa lancar, deras, dan pastinya berkualitas.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)