Cara Membuat Aquascape yang Mudah

Untuk kamu yang ingin mempercantik sebuah ruangan seperti kamar, ruang tamu, dan ruang keluarga. Kamu bisa mempercantiknya dengan berbagai hiasan dan barang yang cantik. Salah satunya yaitu dengan aquascape. Apa itu aquascape? Aquascape adalah seni mendekorasi akuarium dengan tanaman hias, bebatuan, kayu, air, dan fauna air agar terlihat indah dan estetik. Tidak hanya ikan hias saja yang dirawat dan diperhatikan, tetapi seluruh komponen yang ada di dalam akuarium. Bahkan sebenarnya ikan hanya sebagai pelengkap saja. Berikut di bawah ini cara membuat aquascape dengan mudah.

Cara membuat aquascape



1. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Pastinya sebelum membuat sesuatu diperlukan alat dan bahan. Alat dan bahan untuk membuat aquascape biasanya bisa kamu jumpai dan beli di toko ikan hias. Pertama kamu siapkan akuarium, filter, lampu, pasir silika, pupuk dasar atau pupuk cair juga bisa, tanaman yang cantik, ikan hias, CO2, kayu-kayuan dan bebatuan.


2. Menata Pasir

Sebelum memulai lebih baik kamu menentukan konsep dan desain untuk aquascape kamu. Setelah itu kamu bisa memulai membuat aquascape. Pertama, kamu menaburkan pasir halus atau pasir silika di bagian dasar dengan ketinggian kurang lebih 2-3 cm atau disesuaikan dengan selera masing-masing. Jenis pasir yang digunakan bisa pasir silika yang sudah kamu siapkan sebelumnya dan tambahkan di bagian tengahnya karbon aktif. Karbon aktif ini memiliki fungsi untuk menyerap zat yang berbahaya yang ada pada air saat kita membuat aquascape. Usahakan untuk membuat pasirnya tersebut memiliki semacam pola lekukan menjorok di bagian tengah dan agak tinggi di sampingnya.


3. Memberikan Pupuk

Setelah kamu menata pasir dalam akuarium, langkah selanjutnya kamu bisa memberikan pupuk di atas pasir pada bagian lekukan yang sudah kamu atur sebelumnya, sehingga pupuk tersebut tidak akan terlihat jika dilihat dari samping. Setelah pupuknya sudah dimasukkan, sekarang tutup kembali dengan pasir agar pupuknya tidak terlihat dan akan menjadi lebih rapi.


4. Menanam Tanaman

Sebelum menanam kamu harus memilih tanaman yang cocok untuk dijadikan aquascape dan pastinya akan terlihat lebih cantik. Langkah pertama dalam memilih tanaman aquascape, pastikan kamu tahu seberapa tinggi tanaman tersebut akan tumbuh, kemudian tentukan warna tanaman agar sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Lalu langkah selanjutnya yaitu menanam tanaman ke dalam akuarium. Menanam tanaman ini sebenarnya bisa kamu lakukan sebelum akuarium diisi air penuh. Tetapi lebih baik jika diisi air terlebih dulu seperempat bagian aquarium dengan air. Pastikan untuk memasukkan airnya secara perlahan dengan menggunakan bantuan saringan agar airnya tidak merusak dekorasi pasir dan pupuk yang telah kamu tata sebelumnya.

Membuat aquascape



5. Membuat Hardscape dan Masukkan Ikan

Selanjutnya membuat hardscape. Hardscape adalah penambahan hiasan berupa bebatuan atau kayu-kayuan yang telah kamu siapkan untuk membentuk aquascape yang lebih cantik dan menarik. Penataan kayu dan batu tidak boleh secara sembarangan, harus dilakukan dengan baik agar ketika ditambahkan tanaman, hasilnya akan seperti yang kamu inginkan. Jika kamu ingin membentuk efek kedalaman, kamu bisa membuat pasir yang ada di bagian belakang akuarium lebih tinggi daripada yang ada di bagian depan. Setelah semua kamu lakukan, isi penuh akuarium dengan air, secara perlahan. Pasang peralatan seperti outlet filter, diffuser CO2, lampu, dan peralatan lainnya. Tidak lupa untuk memasukkan hewan kecil seperti ikan hias.


Salam,
Dwi Puspita


Keterangan :
Sumber gambar dari www.popbela.com

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)