Mengenal Tentang Ilmu Financial Analysis Yang Mutlak Dibutuhkan Dalam Bisnis Serta Tekniknya

Financial analysis atau yang lebih akrab dengan analisis keuangan tentunya bukan hal yang baru lagi, ilmu yang harus dipelajari oleh siapa saja, karena menyangkut dengan financial Anda. Tidak hanya dibutuhkan dalam dunia usaha atau perusahaan, melainkan dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya setiap orang tidak akan pernah terlepas dari hal yang satu ini. lalu sebenarnya apakah itu? Mungkin banyak juga yang belum tahu.
Financial analysis
Sebenarnya analisis keuangan merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengevaluasi kelangsungan bisnis dalam sebuah perusahaan. Hal ini biasanya dilakukan oleh profesional yang mana mereka menggunakan data dari berbagai laporan perihal keuangan. Jangankan sebuah perusahaan besar, bahkan dalam lingkup usaha yang kecil sekalipun pastinya selalu membuat catatan atau laporan keuangan sebagai bahan untuk evaluasi.

Financial analysis


Tentunya untuk melakukan analisis ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan, mengingat ada tata caranya dan sudah berdasarkan pada aturan yang berlaku. Sehingga hasilnya juga dapat dibaca secara jelas dan mudah. Di dalam financial analysis ini sendiri ada beberapa jenis teknik yang dapat digunakan, diantaranya adalah


1. Comparative Statements

Teknik yang satu ini dilakukan dengan cara membandingkan laporan keuangan yang ada pada periode sebelumnya, baik 2 periode ataupun lebih dan dilakukan secara umum. Hal tersebut dilakukan apakah selama periode yang dimaksudkan tersebut perusahaan mengalami perkembangan atau tidak. Dalam hal ini bisa ke arah yang positif atau sebaliknya mengalami kerugian, karena idealnya perkembangan harus meningkat dari waktu ke waktu.


2. Trend Percentage Analysis

Ini adalah teknik yang dilakukan untuk melihat kecenderungan kondisi perusahaan, hasilnya adalah dalam bentuk persentase untuk menilai terjadinya kemajuan atau kemunduran perusahaan tersebut. Hasil yang didapatkan dari sini nantinya bisa digunakan untuk proses pengambilan keputusan di dalam perusahaan tersebut, jikapun ingin menutup usaha juga bisa dilakukan ketika hasilnya tidak memuaskan.


3. Common Size Statement

Metode analisa ini dilakukan untuk mengetahui berapa jumlah prosentase yang ada dalam investasi, yang mana nantinya berguna untuk mengetahui berapa jumlah prosentase pada aktiva. Cara ini digunakan agar perusahaan mengetahui bagaimana modal digunakan dalam berbagai pembiayaan yang ada dan nantinya dihubungkan dengan berapa nilai jumlah dari penjualan yang ada di perusahaan tersebut.


4. Statement of Change in Working Capital

Teknik ini merupakan teknik dari analisa baik itu sumber maupun modal kerja yang ada pada perusahaan. Agar mengetahui sumber-sumber serta pemakaian modal kerja, ia juga berguna dalam mengetahui sebab perubahan modal kerja dalam sebuah periode tertentu.


5. Cash Flow Statement

Teknik analisis ini dilakukan dengan mengidentifikasi pada bagian kas perusahaan, jadi dari ini akan diketahui sebab adanya perubahan pada jumlah uang serta mengetahui sumber pemakaian uang kas perusahaan tersebut.

Dari hasil analisis laporan keuangan ini nantinya bisa digunakan untuk:

  • Mengambil keputusan terkait dengan masa depan perusahaan, jika seandainya dilihat laba perusahaan terus meningkat maka bisa mengambil keputusan melakukan ekspansi atau dengan memperbesar usaha tersebut, namun jika sebaliknya hasil justru menurun maka bisa ambil keputusan tutup sebelum jatuh bangkrut.
  • Dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan yang ada dalam perusahaan, selanjutnya dengan hasil dari evaluasi tersebut juga bisa dipakai oleh perusahaan dalam mengevaluasi jika seandainya terjadi masalah dan juga dilakukan perbaikan pada masalah agar tidak sampai bertambah parah.
  • Dijadikan sebagai pembanding untuk melihat tingkat kemajuan dalam perusahaan, dalam melakukan analisis sendiri juga kerab dengan cara membandingkan antara satu periode pembukuan dengan yang lainnya, hal ini secara otomatis akan membantu menyimpulkan mengenai hasilnya, apakah selama beberapa tahun tersebut mengalami peningkatan atau justru sebaliknya.
  • Dipakai untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan pada saat ini, mulai dari harta, kewajiban sampai dengan modal yang dimiliki perusahaan.
Financial analysis


Financial analysis ini bisa dilakukan oleh ahlinya maupun juga dipercayakan kepada perusahaan pihak ketiga. Ikuti pelatihannya jika ingin lebih mengasah ilmu tentang analisis keuangan ini, salah satunya adalah lewat program pelatihan yang diadakan oleh Prasmul-ELI. Program pelatihan yang dihadirkan oleh Prasmul-ELI ini ada mulai dari yang langsung sampai dengan program secara online.

Salam,
Dwi Puspita

Sumber gambar :
https://pixabay.com/id/images/search/financial%20analysis/

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)