Puasa Ramadan Bisa Bikin Turun BB, Apa Iya?

Selamat berpuasa Ramadan buat teman-teman pembaca dwipuspita.com. Nah, kali ini saya mau share beberapa cara menurunkan berat badan saat puasa. Btw, puasa Ramadan ini terbukti bisa menurunkan berat badan saya loh hingga 5 kg pada tahun lalu tapiiiiiii setelah Lebaran saya tidak bisa mengontrol makanan yang saya makan sehingga berat badan saya kembali ke awal. Ini pengalaman saya tahun 2023 saat puasa Ramadan.

Andaikan saya tetap menjaga dan mengontrol makanan apa saja yang masuk ke mulut setelah Lebaran pasti deh berat badan saya nggak akan naik lagi. Cara mudahnya adalah kembali berpuasa sunnah setelah Lebaran yaitu dengan cara berpuasa sunnah pada bulan Syawal, insyaallah berat badan bisa stabil atau bisa jadi berkurang lagi. Saya yakin cita-cita setiap orang ingin memiliki tubuh ideal dan sehat, terutama kaum cewek sudah pasti ingin lansing semlohay. Iya kan?


Langsing dengan berpuasa


Puasa Ramadan Bisa Bikin Turun BB, Apa Iya?

Berpuasa memang terbukti dapat menurunkan berat badan. Namun, kalian tidak boleh menjalaninya secara sembarangan karena bisa memicu sejumlah penyakit. Perhatikan saat ingin menurunkan berat badan saat berpuasa Ramadan agar tidak memicu berbagai penyakit. Perhatikan juga asupan makanan ketika sahur dan berbuka. Karbo, protein, serat mineral, dan vitamin tidak boleh ke skip sama sekali.

Hindari makanan yang berminyak, seperti gorengan. Coba deh ganti makanan yang digoreng dengan cara dikukus atau dipanggang. Kalau nggak bisa menjauhi gorengan ya batasi gorengan yang masuk. Tahu sendiri kan kalori 1 gorengan itu sangat menyeramkan?

Mengurangi makanan dan minuman yang manis, seperti kolak, es buah dengan campuran SKM atau gula berlebih. Kalau gak bisa minum kalau minumannya nggak manis coba deh ganti gulanya dengan gula stevia atau madu.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan cara minum air putih minimal 2 liter setiap hari. Tapi apakah bisa dalam durasi berbuka hingga sahur mengkonsumsi 2 liter air? Bisa-bisa aja kok, itu tergantung kalian mau memberikan cairan tubuh kalian sebanyak apa.

Tetap beraktivitas dan bergerak selama berpuasa. Aktivitas dan geraknya nggak usah yang terlalu berat. Cukup 1 jam sebelum berbuka bisa olahraga ataupun jalan kaki sambil cari takjil sehat disekitar perumahan kalian. Gerak-gerakkan aja badan kamu, entah itu jalan di tempat, lari di tempat, atau apalah. Pokoknya gerak, gerak, gerak jangan mager.

Tapi dengan puasa, kalian sudah bisa membuat istirahat alat pencernaan kalian selama 12 jam dan itu efeknya sangat bagus untuk tubuh kalian. Jangan sampai kendor puasa Ramadannya ya teman, selain wajib puasa sangat banyak manfaatnya untuk tubuh. Semangat selalu untuk menjaga kesehatan, paling tidak sudah pernah menurunkan berat badan setahun sekali gara-gara puasa Ramadan.

Salam,
Dwi Puspita




No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)