Yuk Ajak Anak Belajar Keuangan dengan Bermain Game Seru!

Assalamualaikum...
Hai, bertemu dengan tulisan saya! Pada artikel ini saya mau cerita sekaligus mau review tentang permainan yang pernah saya lakukan bersama anak-anak terutama anak pertama saya yang sudah mulai banyak bertanya hal-hal yang kadang saya sulit menjawabnya. Ada nggak para orang tua yang senasib dengan saya yang anaknya aktif dan nggak mau diam. Kadang kami perlu mencari tempat bermain untuk anak-anak kami karena disana mereka akan membuang energi mereka. Entah lari-larian, petak umpet, bermain pasir, perosotan, ataupun teriak-teriak. Dengan begitu anak-anak merasa puas, bahagia dan keinginan mereka tersalurkan.

Money games


Lain hal dengan permainan yang dapat merangsang otak si anak, misalnya bermain game keuangan. Oke, ini cerita saya saat mengajak Ayman belajar hitung-hitungan uang. Cara pertama yang saya lakukan adalah menyuruhnya membeli sesuatu barang seperti jajan dan memberinya uang, misal uang yang saya berikan 20 ribu rupiah. Nah, nantinya biarkan anak menjumlahkan total belanjaannya dan kemudian menghitung sisa/kembalian dari uang tersebut. Cara ini bagi saya sangat efektif karena anak belajar keuangan sekaligus bermain. Ini merupakan praktek langsung, apakah anak-anak sudah menguasai keuangan. Memang sih, Ayman lemah dalam keuangan, tapi saya tidak ingin membiarkan Ayman seperti ini terus menerus. Anak ini harus bisa sehingga saya melatihnya dengan mengajak bermain keuangan agar anak ini bisa dan terbiasa hitung-hitungan uang.

Money games

Cara kedua dengan cara membelikannya permainan mesin kasir. Nah, dengan permainan ini saya dan anak saya bisa pura-pura menjadi penjual dan pembeli walaupun uangnya hanya uang mainan. Tapi dengan ini anak saya bermain menghitung uang, uang kembalian dan total jumlah pembelian.

Money games

Cara ketiga yaitu dengan mengajaknya bermain game online tentang keuangan untuk anak-anak. Teman-teman bisa mendapatkannya di website http://mortgagecalculator.org/money-games/ karena permainan "game untuk anak-anak" di website menurut saya sangat lengkap untuk anak-anak.

Game untuk anak


Mengapa sangat lengkap untuk anak-anak? Ya karena pastinya banyak pilihan permainan yang bisa dipilih anak-anak. Contohnya, Money Games dengan pura-pura menjadi kasir. Anak akan belajar menghitung uang dan pastinya permainan ini sangat menyenangkan. Kalau nggak percaya coba deh permainan simulator kasir disini, seru banget loh.

Simulator kasir

Ada lagi jenis permainan lain, seperti bermain permainan real estate yang mana bisa melakukan jual dan beli properti. Bentuknya dari LEGO sehingga membuat anak-anak tertarik dan menyukainya saat bermain game ini. Permainan lainnya seperti simulasi bertani yang cocok untuk anak-anak yang hobinya bertani atau berkebun. Macam permainan lainnya bisa teman-teman cek disini, banyak pilihan permainan dan sangat disukai anak-anak.

Money games


Bagi saya pribadi permainan seperti ini sangat bermanfaat, tinggal para orang tua mengarahkan permainan yang cocok untuk usianya, baik buruknya permainan yang dipilih dan pastinya apakah bisa menstimulasi otaknya untuk berfikir. Permainan dengan cara berfikir lebih saya sukai karena pastinya bisa merangsang otak dan juga sangat bagus untuk perkembangan anak-anak. Kembali lagi pada peran orang tua juga saat akan memberikan permainan edukasi seperti ini, apakah permainan ini disukai anak-anak dan apakah anak bisa menikmati permainan dengan bahagia. Ya karena kuncinya hanya satu, yaitu anak bahagia.

Salam,
Dwi Puspita

1 comment:

  1. main gamenya boleh, tp jangan lama2 ya. lama g berkunjung kesini mbak Dwi Puspita.

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)