Lagu Anak, kok menghilang?

Diobok-obok airnya diobok-obok,
Ada ikannya kecil-kecil pada mabok.
Disemprot-semprot airnya disemprot-semprot,
Kena mukaku aku jadi mandi lagi.
Dingin dingin, dimandiin... nanti masuk angin


Penikmat Lagu Anak Tahun 90an

Sepenggal lirik lagu yang dinyanyikan Joshua Suherman yang berjudul Air. Lagu anak-anak ini sering sekali aku nyanyikan setiap kali ibu menyuruhku mandi. Lagu yang sempat ngehitz di eranya dan berhasil membuat anak-anak pada waktu itu menyanyikan lagu tersebut. Sekarang si penyanyi sudah bertransformasi menjadi penyanyi remaja, namun karyanya masih tetap diingat oleh para penikmat lagu itu dimasa dulu, termasuk aku.



Tidak hanya Joshua, namun masih banyak artis cilik yang lagunya sangat populer. Trio Kwek Kwek yang terdiri dari Dea Ananda, Leonny, dan Affandi, ada si Tasya Kamila yang wajahnya imut-imut saat menyanyikan lagu Libur Telah Tiba, dan si Tina Toon yang menggemaskan dengan lagu Bolo-Bolo nya.


Aku yang terlahir di zaman yang lagu anak-anak masih sangat populer mengaku sangat bangga. Memahami setiap lirik lagunya seperti sedang bercerita. Di masaku lagu anak-anak sangat populer dan selalu diputar di stasiun televisi. Mau tidak mau aku selalu mendengarkan dan menyanyikan lagu itu saat ibu menyuapiku makanan agar aku mau makan. Ketika ada tukang bakso lewat didepan rumah ibu mengajakku menyanyikan lagu abang tukang bakso. Ketika kakekku sedang mengembala kambingnya pun aku disuruh menyanyikan lagu anak gembala.





Tidak hanya lagu anak, tetapi lagu Islami juga untuk anakku


Sebagai seorang ibu yang memiliki anak berumur 8 bulan, aku tidak mau anakku menyanyikan lagu yang bukan lagu untuk seumurannya. Memang ada beberapa orang tua yang membatasi anaknya menonton televisi disebabkan siaran televisi sekarang lebih bebas dari yang dulu. Oleh sebab itu kontrol orang tua sangat perlu, menemani sang anak menonton acara televisi yang cocok dan mengarahkannya untuk menonton acara televisi yang lain jika tontonan tersebut kurang pantas.

Lagu anak-anak masih bisa aku nikmati, yaitu dengan membeli kaset DVD yang dijual di toko kaset. Ini aku lakukan agar anakku tetap bisa menikmati lagu anak-anak yang bahasanya mudah dimengerti si anak. Selain lagu anak, aku juga membelikan kaset DVD nyanyian Islami, seperti Rukun Islam dan Rukun Iman yang dilagukan. Anak-anak biasanya mudah menghapal jika dilagukan, untuk itu aku ingin mencobanya.



Sekarang zamannya mudah, tinggal mencari di internet. Salah satu lagu Islami untuk anak-anak yang aku ambil sumbernya dari Pinterest seperti ini.



Setidaknya lagu-lagu Islami yang aku nyanyikan kepada anakku bisa dia hafal dengan baik. Memberikan bekal ilmu agama sedini mungkin pada anak-anak. Lagu anak Islami akan memberikan bekal positif pada mereka daripada lagu-lagu yang populer di zaman sekarang. Tidak pantas sekali jika lagu orang dewasa dinyanyikan untuk anak-anak. Semoga para orang tua bijak dalam menyikapi ini semua.



Lagu anak, kok menghilang?

Dan... kemanakah nasib lagu anak-anak di masa sekarang, apakah lagu untuk anak-anak sudah menghilang?
Tentunya lagu anak-anak dizaman sekarang tetap ada, namun tidak disiarkan di stasiun televisi. Yach walaupun disiarkan tidak seperti zamanku dulu. Yang memang khusus ada setiap hari dan kadang bisa setiap waktu aku bisa menonton dan menyanyikannya. Memang sangat disayangkan, lagu anak-anak kini semakin minim. Anak-anak zaman sekarang cenderung menyanyikan lagu orang dewasa yang belum pas untuk mereka.
Salah satu cara menyelamatkan hak anak-anak untuk mendapatkan lagu-lagu yang berkualitas adalah mempopulerkan kembali lagu anak-anak tersebut kepada anak-anak kita serta mendukung kembali gerakan #SaveLaguAnak yang diprakarsai Leonny dan mantan artis-artis cilik lainnya.

 
Caranya yaitu dengan mengajari dan menyanyikan lagu-lagu tersebut pada anak-anak kita. Para Ayah dan Bundapun pastinya dituntut menemani dan ikut bernyanyi. Kini lagu-lagu di era Ayah Bunda bisa populer lagi di era anak-anak kita. Mari kita berikan yang terbaik untuk mereka, karena lagu-lagu tersebut juga bisa merangsang perkembangan otaknya.

Mari populerkan lagu anak-anak yang bisa memberikan energi positif pada anak-anak kita. #SaveLaguAnak

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)