Cara Mudah Menghemat Listrik Yang Wajib Kalian Tahu!

Kebanyakan, kegiatan sehari hari dalam rumah tangga membutuhkan peralatan elektronik. Hal inilah yang membuat kalian harus membayarkan listrik setiap bulannya. Namun jika terlalu memakai banyak listrik, tentu akan membuat anggaran membengkak. Agar terhindar dari hal tersebut, berikut cara menghemat listrik yang mudah diterapkan!

Cara menghemat listrik di rumah

Tips Ampuh Untuk Menghemat Listrik 

1. Menghemat Pemakaian Lampu 

Memakai lampu seperlunya saja menjadi salah satu langkah sederhana yang bisa kalian terapkan di rumah. Kalian dapat memanfaatkan sinar matahari untuk dijadikan penerangan utama pada siang hari. Siasati juga dengan penggunaan lampu Light Emitting Diode atau yang lebih dikenal lampu LED sebagai penerangan utama. 

Lampu ini dikenal memiliki energi yang rendah dan membantu kalian menghemat pengeluaran tagihan listrik. Sebagai saran, gunakan lampu LED pada setiap ruangan yang ada di rumah kalian. Sementara itu jika lampu tidak digunakan, maka kalian bisa mematikan bagian rumah yang tidak diperlukan, seperti kamar mandi, ruang tamu dan lain sebagainya. 

2. Mematikan Penggunaan Elektronik yang Tidak Dibutuhkan

Tak berhenti sampai di situ saja, tips yang mudah Anda terapkan yaitu mematikan elektronik yang sudah tidak diperlukan. Beberapa peralatan elektronik yang bisa dimatikan meliputi kipas, stereo, televisi, dan komputer. Meninggalkan perangkat elektronik dalam keadaan menyala akan menambah penggunaan listrik sebesar 10%. Untuk itu, kalian perlu mematikannya sebagai cara menghemat listrik.


3. Perhatikan Perawatan Barang Elektronik Yang Kalian Miliki

Perlu diketahui, alat elektronik seperti AC, microwave, dan TV akan bekerja lebih efektif jika dirawat dengan baik. Hal ini juga berpengaruh pada tagihan listrik yang akan dibebankan. Seperti contoh, ketika filter AC tersumbat, maka suhu AC tidak stabil dan membuat kinerja AC lebih berat. Akibatnya, AC memakan banyak energi listrik. Sistem ini juga berlaku pada peralatan elektronik lainnya. 

4. Mencabut Steker Dari Colokan

Tak kalah pentingnya, kalian juga harus memastikan steker dari colokan tercabut. Kebiasaan baik ini perlu diterapkan jika ingin menghemat listrik. Pasalnya jika tidak digunakan, stekel yang tetap menancap akan tetap menyalurkan energi listrik. Hal ini memang terlihat sepele karena listrik yang dikonsumsi tampak kecil, namun jika dibiarkan saja akan menyebabkan pemborosan energi. 

Cara menghemat listrik

Pastikan untuk mencabut steker peralatan listrik apa pun termasuk charger ponsel apabila sudah selesai menggunakannya. Mencabut satu steker memang terkesan tak seberapa, namun jika jumlahnya lumayan banyak tentu cara ini sangat membantu kalian sebagai cara menghemat listrik. Menariknya lagi, cara ini juga dapat mencegah arus pendek listrik. 

5. Hemat Menggunakan Air 

Bukan hanya mematikan lampu dan juga barang barang elektronik saja yang bisa menghemat listrik. Sebab, penggunaan air yang tidak berlebihan juga menjadi cara ampuh menekan biaya tagihan listrik. Sebagian orang menggunakan pompa air dengan listrik untuk mendapatkan sumber air bersih, tentunya hal ini akan memakan cukup banyak energi listrik. 

Dengan bijak menggunakan air, maka mesin pompa air juga tidak akan sering menyala. Sehingga, kinerjanya pun juga lebih efektif. Agar lebih praktis, maka kalian bisa menggunakan tempat penampung air dengan mesin otomatis. Tujuannya agar pompa air tidak terlalu sering menyalah. Dengan demikian, kalian bisa menghemat listrik lebih banyak. 


6. Memilih Solar Panel / Panel Surya Sebagai Sumber Energi

Agar listrik tak menjadi beban besar dalam biaya bulanan kalian, ada baiknya beralih menggunakan sumber energi lain. Kini, sudah banyak produsen yang mulai memanfaatkan penggunaan teknologi solar panel atau lebih dikenal dengan sebutan panel surya. Salah satunya yang mengembangkan teknologi sebagai cara menghemat listrik yaitu SUN Energy

Surya panel


Disebut juga dengan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), penggunaan energi ini mampu menghemat hingga mencapai 60% dari listrik komersial. Hal ini karena panel surya dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Setelah itu, energi yang dihasilkan akan tersimpan dalam baterai. Energi ini dapat digunakan untuk perangkat elektronik dan lain sebagainya. 

Sebelum melakukan instalasi, ada beberapa hal perlu kalianperhatikan. Salah satunya yaitu lokasi pemasangan panel surya harus tepat. Penyerapan energi dari matahari akan lebih maksimal jika diletakkan di atap rumah. Selain itu, pastikan jika lokasi tersebut tidak terkena bayangan dari pohon atau bangunan di sekitarnya karena akan mengalami penurunan performa panel surya. 

Tak berhenti sampai disitu saja, kaliam juga perlu memperhatikan komponen yang digunakan. Pastikan jika kalian memilih panel surya berkualitas agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang dan juga menjadi cara menghemat listrik. Kalian bisa membeli ke perusahaan yang telah memiliki kredibilitas serta terpercaya. 

Untuk itu, kalian bisa memilih produk berkualitas dari SUN Energy sebagai solusinya. Dengan memilih tenaga surya ini, maka kalian bisa menghemat energi listrik yang digunakan. Hal ini tentunya berdampak pada tagihan listrik yang cukup rendah. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa langsung mengakses website resmi SUNEnergy.id.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)