Spill Dong Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

Assalamualaikum...

Beberapa waktu yang lalu saya sempat kepikiran mau memulai diet. Ya gimana ya, 2024 sudah di depan mata. Dalam hitungan hari saja tahun 2023 akan berlalu tapi body masih belum ada perubahan. Resolusi tahun 2024 memang ingin merubah pola makan agar badan lebih sehat dan tidak gampang capek. Banyak yang menyarankan mengurangi porsi makan dan perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah. Lebih baiknya lagi sumber protein jangan ke skip sama sekali karena protein sangat penting untuk tubuh apalagi bagi mereka yang lagi diet. Jadi saya cari tahu dong makanan yang mengandung protein tinggi itu apa saja.

Makanan sumber protein


Manfaat protein sangat penting dalam mendukung kelangsungan kerja organ-organ tubuh. Untuk itu, teman-teman perlu waspada bila tubuh kekurangan asupan protein. Apalagi mereka yang super aktif, orang dewasa yang tidak begitu aktif disarankan untuk memakan sekitar 0,75 gr protein per hari untuk setiap 1kg berat badannya. Jadi, rata-rata laki-laki perlu memakan 55gr protein dan perempuan 45gr protein setiap hari. Nah, bagaimana kebutuhan protein untuk mereka yang super aktif?

Makanan sumber protein


Protein bagus untuk orang yang lagi melakukan diet karena untuk pembentukan otot. Protein merupakan makronutrien penting yang terdiri dari satu atau lebih rantai asam amino. Salah satu fungsi dari protein adalah sebagai bahan pembangun otot. Eits, tapi bukan berarti teman-teman harus mengonsumsi protein sebanyak-banyaknya untuk memiliki otot yang besar. Big No... Melainkan teman-teman harus menyeimbangkan asupan protein dengan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kekurangan protein berakibat pada efek tubuh, seperti mengurangi fungsi kognitif otak yaitu sulit berkonsentrasi, defisiensi protein menyebabkan masalah kulit kering, kuku kusam dan mudah patah, perubahan tekstur rambut, hingga rambut rontok. Nah looo, emang mau apa terjadi seperti itu pada bagian tubuh kita?

Apalagi untuk ibu hamil, protein sangat penting sekali loh. Mengapa? Fyi, asupan protein terutama protein hewani pada ibu hamil sangat penting dalam mencegah stunting pada janin yang dikandungnya. Pastinya ibu/ orang tua tidak mau dong ada gangguan pertumbuhan janin. Sehingga gizi seimbang sangat diperlukan pada ibu hamil agar janin yang dalam kandungan tercegah dari masalah stunting. Karena banyak kasus stunting dan menjadi salah satu penyebab utama anak lahir stunting salah satunya karena komponen gizi yang kurang didapatkan saat janin masih dalam kandungan.

Perlu diingat bahwa kebutuhan protein ibu hamil meningkat selama tiap trimester kehamilan. Ibu hamil perlu mengonsumsi sekitar 70 hingga 100 gram protein setiap hari, tergantung pada berat badan dan trimester kehamilan ibu pada saat itu. Protein hewani efektif dalam mencegah anak mengalami stunting karena mempunyai kandungan zat gizi yang lengkap, kaya protein hewani dan vitamin yang sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Asupan protein hewani pada ibu hamil sangat penting dalam mencegah stunting pada janin yang dikandungnya. So, buat ibu hamil harus bener-bener memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi ya.

Ibu hamil yang mengalami kurang gizi beresiko, melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah. Oleh karena itulah, ibu hamil perlu menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi gizi seimbang agar keadaaan gizi ibu terjaga serta janin tetap sehat.

Berikut 12 makanan tinggi protein antara lain :


1. Daging sapi tanpa lemak (Lean Beef)

Mengkonsumsi daging sapi saat diet tak hanya membantu mencukupi asupan protein saja, tetapi juga zinc dan zat besi. Teman-teman bisa mencobanya loh. Nah, kalau ribet dan males memasaknya cobain deh sajian lean beef berkualitas, dengan mencoba signature dish di Steak Hotel by Holycow yakni Wagyu Sirloin dan Grain-Fed Sirloin Steak.

Lean beef Makanan sumber protein


2. Dada ayam (chicken breast)

Membuatnya mudah dan simpel karena para pelaku diet sering mengkonsumsi dan membuat menu ini sendiri. Dada ayam adalah contoh makanan tinggi protein rendah lemak dan bagian ini selalu jadi favorit pelaku diet.

3. Ikan

Ikan cod, tuna, dan salmon adalah beberapa ikan yang mengandung protein tinggi dibandingkan ikan lain.

4. Telur

Putih telur adalah sumber protein murni. Sedangkan gabungan putih dan kuning telur menyediakan nutrisi lebih lengkap seperti vitamin, mineral, lemak tak jenuh, dan antioksidan. Nah, kalian suka mengkonsumsi yang mana ini, putihnya atau gabungan antara kuning dan putih telurnya?

Telur Makanan sumber protein

5. Keju (Cheese)

Sebagai turunan dari produk susu, jelas keju punya kandungan protein yang lumayan tinggi. Di antara semua jenis keju, cottage cheese, cheddar, dan mozarella punya kandungan protein paling tinggi.

6. Greek Yogurt

Hayooo, siapa yang suka mengkonsumsi Greek Yogurt, salah satu jenis makanan tinggi protein rendah lemak yang berprotein tinggi. Teksturnya yang creamy ini menjadi sumber banyak nutrisi dan pastinya yummy banget saat dinikmati.

7. Edamame

Salah satu makanan tinggi protein rendah lemak adalah edamame. Banyak pelaku diet yang mengonsumsi edamame untuk diet. Kamu bisa memanfaatkan edamame untuk camilan sehat loh. Ganti camilanmu saat nonton dengan camilan sehat ini, edamame.

8. Selai kacang dan kacang

Kacang dan selai kacang adalah sumber protein yang paling mudah teman-teman dapatkan. Protein nabati yang satu ini bisa kamu jadikan dressing atau campuran camilan. Selai kacang biasanya saya oleskan pada sehelai roti untuk sarapan.

9. Susu

Siapa yang tidak suka susu? Rugi banget loh karena susu mengandung protein yang dibutuhkan tubuh. Susu sudah lama dikenal sebagai sumber protein yang tinggi karena dalam segelas susu murni, terdapat protein sebanyak 8 gram. Buat teman-teman yang lactose intolerant bisa beralih ke produk turunan susu seperti keju dan yoghurt. Susu kedelai juga bisa jadi alternatif yang bagus. Dalam segelas susu kedelai terdapat sekitar 8 gram protein nabati. Kira-kira sehari berapa gelas yang teman-teman minum?

Susu Makanan sumber protein


10. Kacang-kacangan

Sumber protein nabati dengan kadar paling tinggi adalah kacang-kacangan, seperti lentil, kacang hitam, dan buncis. Makanan ini juga kaya serat, folat, zat besi, magnesium, dan mineral penting lain.

11. Bayam dan brokoli

Ada beberapa jenis sayuran yang mengandung protein. Dua di antaranya adalah si hijau bayam dan brokoli. Bayam mudah sekali didapatkan dan harganya relatif terjangkau jika dibandingkan dengan brokoli.


12. Biji Labu

Pumpkin seed dikenal kaya nutrisi. Ada kandungan protein, magnesium, hingga zat besi. Teman-teman bisa mengkonsumsi biji labu ini mentah ataupun sudah dipanggang.

Mencukupi kebutuhan protein harian sangatlah penting untuk menjaga kesehatan. Dengan 12 makanan yang mengandung protein tinggi di atas, teman-teman gak perlu bingung lagi untuk mencari sumber asupan protein kan?

Nah, dari 12 makanan yang mengandung protein tinggi diatas sudah pasti dibutuhkan oleh tubuh baik mereka yang sedang diet, pembentukan massa otot, orang sakit yang sedang pemulihan, ibu hamil, dan juga anak-anak.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)