8 Penghasilan dari Pensiun Bikin Untung

Pensiun adalah fase hidup yang dinantikan oleh banyak orang. Setelah bertahun-tahun bekerja keras, saatnya kamu bisa menikmati hasil jerih payah sambil bersantai dengan banyak waktu luang. Namun, dilansir dari situs hellosehat tetap produktif saat masa pensiun bisa memperpanjang usia. Hal tersebut merupakan satu dari beberapa alasan banyak orang memilih tetap produktif di masa pensiun.

Penghasilan pensiun


Sumber gambar : https://www.freepik.com/free-photo/grandparents-learning-use-technology_26321684.htm#query=productive%20retire%20life&position=4&from_view=search&track=ais


Jadi, apa yang harus dilakukan saat pensiun? Banyak kegiatan positif yang bisa kamu lakukan, tapi agar aktivitas tersebut sekaligus menghasilkan keuntungan secara finansial, maka kamu harus memilih aktivitas yang tepat. Penghasilan tersebut bisa kamu kelola dengan bijak menggunakan bank digital sehingga keuntungan yang didapat bisa semakin bertambah.


Jenis Penghasilan yang Bikin Kamu Produktif Saat Pensiun

Masa pensiun bukan berarti berhenti menghasilkan uang sama sekali. Ada berbagai cara untuk tetap mendapatkan penghasilan setelah pensiun yang bisa menguntungkan. Usaha apa yang cocok untuk pensiunan? Berikut ini beberapa usaha yang menghasilkan keuntungan yang bisa didapat saat masa pensiun.

1. Konsultasi atau Pelatihan

Pengetahuan dan pengalaman yang kamu dapatkan selama bekerja merupakan suatu hal yang sangat berharga dalam industri tertentu. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menjadi konsultan atau pelatih.

Banyak perusahaan dan individu mencari bimbingan dari profesional atau konsultan ahli di berbagai bidang. Menawarkan jasa konsultasi atau pelatihan bisa menjadi cara yang baik untuk menghasilkan uang setelah pensiun.

2. Investasi

Investasi adalah salah satu cara yang paling umum digunakan untuk tetap menghasilkan uang setelah pensiun. Kamu bisa menginvestasikan dana pensiun yang kamu dapat ke dalam berbagai instrumen keuangan seperti saham, obligasi, reksadana, atau properti.

Investasi yang cerdas dapat menghasilkan pendapatan yang stabil dan bahkan mengalami pertumbuhan seiring waktu. Kamu bisa memulai investasi melalui layanan bank digital yang praktis dan mudah dilakukan sambil menikmati waktu luang saat pensiun.

3. Penghasilan Pasif dari Portofolio Investasi

Setelah kamu membangun portofolio investasi yang kuat, kamu bisa mendapatkan penghasilan pasif dari dividen saham, bunga obligasi, atau sewa properti. Pendapatan ini bisa menjadi sumber penghasilan yang stabil dan membantu kamu menjaga kestabilan keuangan di masa pensiun.

4. Bisnis Sampingan

Setelah pensiun, kamu mungkin memiliki lebih banyak waktu untuk mengejar hobi atau minat yang bisa diubah menjadi bisnis sampingan. Misalnya, bisnis franchise kedai kopi yang sedang tren atau bisnis online. Bisnis sampingan bisa menjadi cara yang menguntungkan untuk tetap memiliki kesibukan yang produktif, sekaligus mendapatkan penghasilan ekstra.

5. Pekerjaan Seni

Jika kamu memiliki keterampilan dalam seni, kerajinan, atau fotografi, maka kamu bisa menjual hasil karya tersebut secara online atau di pasar lokal. Beberapa karya seni, seperti karya tulis berupa buku yang dijual secara komersial atau musik, tidak hanya mendatangkan keuntungan hasil penjualan langsung saja, tapi bisa mendatangkan royalti yang bahkan bisa dinikmati anak dan cucu kamu.

6. Penghasilan dari Aset Digital

Dunia digital menyediakan berbagai peluang untuk menghasilkan uang. Kamu bisa menjual produk digital, menulis blog, vlogger, atau menjadi seorang YouTuber. Ini adalah cara yang menarik untuk berbagi pengetahuan dan minat kamu sambil menghasilkan penghasilan tambahan.

7. Pekerjaan Paruh Waktu

Setelah pensiun, kamu mungkin masih ingin tetap aktif secara sosial dan profesional. Kamu bisa mencari pekerjaan paruh waktu atau proyek freelance dalam bidang yang disukai dan dikuasai.

Jenis pekerjaan ini memberikan fleksibilitas untuk mengatur waktu kerja sesuai keinginan dan jadwal kerja yang kamu siapkan sendiri. Penghasilan yang didapat dari bekerja paruh waktu juga menguntungkan dan bisa kamu andalkan sambil menikmati masa pensiun.

8. Pertanian dan Peternakan

Tidak sedikit yang menikmati masa pensiun dengan mengisi waktu untuk mengurus pertanian, perkebunan, atau peternakan. Usaha ini mendatangkan keuntungan yang lumayan, sekaligus sebagai hobi yang menyenangkan untuk dinikmati di masa pensiun. Kamu bisa memilih jenis yang paling dikuasai dan diminati agar bisa menjalani usaha ini dengan rasa bahagia.


Yuk, Investasikan Penghasilan Pensiun di Bank Digital

Tetap produktif dan berpenghasilan saat masa pensiun akan membuat kamu tetap mandiri dan tidak tergantung pada orang lain, termasuk keluargamu. Kamu bisa mengelola penghasilan tersebut dengan cara bijak melalui fitur investasi yang tersedia di bank digital terbaik, yaitu Aplikasi digibank by DBS.

Penghasilan pensiun


Sumber gambar : https://www.freepik.com/free-photo/senior-businessman-drawing-graph-glass-screen_999373.htm#query=older%20man%20invest%20in%20stock%20market&position=1&from_view=search&track=ais


Aplikasi digibank by DBS merupakan layanan bank digital yang menawarkan sejumlah keunggulan, seperti berikut:

  • Having Fun Jadi Lebih Maksimal. Mau ini-itu nggak pakai ragu. Ini cara cerdik bikin hidup kamu lebih all-out dengan memanfaatkan gratis transfer tanpa kuota untuk kebutuhan bisnis kamu.
  • Masa Depan Jadi Lebih Aman. Tetap have fun nggak perlu menunda rencana untuk masa depan. Ini Cara cerdikmu untuk memulai investasi dengan mudah, mulai Rp100 ribu di 120+ pilihan.
  • Semua Aman dan Mudah dalam 1 Genggaman. Cerdik kelola keuangan tanpa ribet. Semua transaksi harian dilakukan dalam 1 aplikasi.

Pensiun bukan berarti berhenti menghasilkan uang. Dengan semua keunggulan tersebut di atas, kamu bisa Anda dapat tetap mendapatkan penghasilan yang menguntungkan setelah pensiun. Memanfaatkan berbagai sumber penghasilan ini dapat membantu Anda menjaga stabilitas keuangan dan menikmati masa pensiun dengan lebih tenang dan sejahtera.

Mengelola penghasilan yang didapat saat masa pensiun menggunakan layanan yang tersedia di digibank by DBS memberi keuntungan yang optimal. Kamu bisa mengikuti program Maxi Booster untuk boost bunga tabungan hingga 7% per tahun. Tingkatkan terus saldo tabungan dan perbanyak transaksi produk digibank by DBS yang berlaku untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Yuk, segera investasikan penghasilan pensiun kamu. Unduh Aplikasi digibank by DBS di App Store atau Google Play sekarang juga.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)