Alat Pembunuh Nyamuk

Banyak nyamuk dirumahku, gara-gara kamu...malas bersih-bersih. Masih ingat nggak dengan nyanyian itu, nyanyian yang dibawakan mantan artis cilik Enno Lerian pada zamannya dulu.

Akhir-akhir ini dirumahku banyak sekali nyamuk, entah karena musim penghujan atau karena barang-barang dirumahku serba berantakan. Sebenarnya ingin sekali bersih-bersih rumah biar nyamuk pada kabur, tapi entar aja kalau sudah agak sembuhan nih luka pasca operasi caesar. Karena percuma saja dibersihin toh pada akhirnya tetep kotor lagi itu rumah gegara aku sendiri malas untuk mengembalikan barang-barang pada tempatnya dan dibiarkan berantakan begitu saja. Males bawaannya buat beberes rumah, wes dirapel entar saat aku memang bener-bener sudah fit dan bisa bergerak bebas buat beberes rumah.

Rumah yang serba berantakan, cipratan minyak goreng dimana-mana (ditembok dan dilantai dapur), banyak debu baik dilantai ruang tamu maupun beranda, kaca jendela, kasur, karpet, ditambah lagi cucian numpuk di mesin cuci dan aku nggak sempat buat nyuci tuh pakaian. Nggak hanya cucian, setrikaan juga numpuk di atas meja. Baju kerja suami terbengkalai dan selalu aja ada alasan nggak sempat untuk menyetrikanya.

Gimana mau bersih nih rumah kalo seperti ini, pastinya juga nyamuk betah berseliweran dimana-mana. Bingung mau pake apa buat ngebunuh nyamuk, pengennya sih pake obat semprot tapi dirumah kan ada si kecil. Nggak mungkin juga aku pake obat semprot buat ngebunuh nyamuk yang berseliweran didalam rumahku. Jangankan obat semprot anti nyamuk, obat nyamuk yang melungker aja asapnya sangat berbahaya kalo sampai terhirup si kecil.

Beberapa alat pengusir nyamuk yang biasanya aku pakai agar nyamuk tidak mengganggu atau menghisap darah si kecil pada saat si kecil tidur antara lain :

1. Kipas Angin
Biasanya aku pakai kipas angin, nggak efektif sih sebenarnya. Soalnya kipas angin nggak ngebunuh nyamuk tapi hanya mengusir dan masih ada beberapa nyamuk yang bandel dan menghisap darah si kecil. Tapi...kadang membuat si kecil masuk angin :"(

2. Kelambu
Mungkin alat ini sangat efektif ya, kelambu ranjang. Dijamin nggak ada nyamuk yang masuk, mungkin walaupun masuk hanya 1 atau 2 ekor nyamuk saja dan bisa kita bunuh didalam kelambu tanpa si nyamuk kabur karena sudah berada dalam perangkap. Tapi dalam segi kebersihan kamar tidur mungkin aku kurang sreg karena kamar tidur berasa tanpa sesak, pengap, dan tambah sumpek. Kasihan juga si kecil karena si kecil butuh udara bebas dan segar.

3. Pakaian serba panjang/selimut
Pakaian serba panjang seperti baju lengan panjang atau celana panjang menurutku malah tambah membuat si kecil gerah dan bikin tidur si kecil nggak nyenyak. Memang sih nggak dihisap nyamuk, apalagi kalau si kecil pakai selimut. Apa iya si kecil bakalan pulas tidurnya atau sebaliknya si kecil tambah merengek karena kepanasan.


4. Penebah
Cuma alat pengusir nyamuk sementara, seperti mengusir nyamuk yang ada di kamar dengan menggunakan penebah. Namun tetap saja tidak efektif karena nyamuk masih tetap bersembunyi dikolong kamar tidur ataupun diantara kelambu kamar.

5. Raket Listrik
Nah yang ini bikin aku puas buat ngebunuh nyamuk. Soalnya saat nyamuk hinggap di raket listrik tersebut bunyinya cetat cetet, menandakan si nyamuk kena setrum. Selain itu berasa olahraga main badminton, lumayanlah ngebakar lemak di bagian lengan :D


Yang belum aku punya tuh alat  perangkap nyamuk. Banyak model dari alat perangkap nyamuk mulai dari model elektrik, lampu ultra violet, hingga LED yang sangat ampuh untuk membunuh nyamuk dan juga lalat. Perangkat nyamuk model ini tidak mengganggu kesehatan kita dan keluarga karena tidak menggunakan bahan kimia beracun untuk membunuh nyamuk dan lalat. Kalau kalian pake alat apa buat mengusir atau membunuh nyamuk gaes? Share juga yuk...

36 comments:

  1. yang paling favorit : raket listrik. pas mainan itu sekalian olahraga hahaa

    ReplyDelete
  2. nyamuk-nyamuk ditempat saya juga pada nakal soalnya datengnya kalau malam saja dan itupun kalau saya pas mau tidur. jangan-jangan nyamuknya itu cowok, habisnya kalau dateng pas mau tidur doang :)

    saya sendiri belum lama ini juga beli raket listrik untuk ngusir nyamuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. raket listrik sekalian olahraga ya mbak...hahaha

      Delete
  3. dari semua alat pembunuh nyamuk bagi saya mah yang paling efektif adalah kelambu, yang lain mah kalau kita tidur tetap saja di sedotin darah kita sama si nyamuk teh tah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener...dirumah aku juga sedia kelambu buat si kecil

      Delete
  4. Banyak piranti tersedia untuk mengusir nyamuk2 nakal itu ya Mba.. Aku dah gak pakai kelambu lagi nih.. lebih suka nyemprot pake cairan pembunuh nyamuk.. Aku orangnya suka gerah kalo tidur pake kkelambu, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelambu emang sip mbak...langsung masuk perangkap...

      Delete
  5. Akk susah kalau rumah banyak nyamuk say, di ungaran sih jarang nyamuknya, tapi kecoa dan cicak di rumahku hihihi...kudu bebersih lagiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...harus bersih rumah kita mbak...

      Delete
  6. Replies
    1. hahahha..kadang aku juga pake kipas angin :)

      Delete
  7. Jadi ingat sama rumah kontrakan banyak nyamuk. Udah gitu gak mempan lagi dipakein autan, soffel, baygon, dan semacamnya. Malah tambah datang menyanyi ditelinga ma gerayangin mulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. autan emang ampuh...tapi ya itu menari nari di telinga :)

      Delete
  8. satu lagi mak...pake tutup panci yg bagian dalammnya dilumurin minyak goreng. nepokin nyamuknya pake itu. dijamin pada lengket di tutup panci :D

    ReplyDelete
  9. hehehe..aku juga punya raket nyamuk mbak^^

    ReplyDelete
  10. Di rumah saya pakai kelambu sama obat nyamuk elektrik yang liquid mbak.

    ReplyDelete
  11. Kalau aku biasa pake selimut mbak kalau banyak nyamuk 😁

    ReplyDelete
  12. Dirumahku sekarang nggak ada nyamuk krn dataran tinggi, nyamuknya capek kali ya kalau naik. TP waktu di Pekanbaru dulu banyak & suka banget pake raket. Kalau dengar preketek2 gitu rasanya puas hahahahahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...suaranya aku suka kalo nyamuknya masuk perangkap...

      Delete
  13. Ihiks... aku mah masih pake obat nyamuk kimia. Kudu nyoba kayak Mak Dwi nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku nggak berani soalnya ada anak kecil mbak...

      Delete
  14. Iiih aku juga nih Mbak. Banyak nyamuk dibandingkan sebelum hujan rajin datang. Padahal dulu aku lebih kemproh tapi nyamuknya lebih banyak yang sekarang T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ikka, banyak banget kalo musim penghujan...

      Delete
  15. Aku bersyukur tempatku nyamuk g gitu bnyk mba. Adaa, tapi cm dikit dan mengganggu. Beda ama rumah mertua yg astaghfirullah de bnyknya, mngkin krn kebunnya bnyk pohon2 gitu. Na kalo tempatnya bnyk nyamuk gt br seru deh beli raket nyamuk. Suara nyamuk kejebaknya bisa bikin kepuasan bathin bgt hihihi :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..sama..puas sekali mendengar nyamuk preketek ya mbak...

      Delete
  16. Raket listrik berguna juga, sekali ayun banyak yang nyangkut.
    Tapi anak-anak nih suka takut denger bunyinya, pada tutup kuping semua hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahaa...aku suka banget dgn bunyinya

      Delete
  17. memang menyebalkan namanya nyamuk. ternyata aku gampang sekali digigit nyamuk. Saat ada di ruangan berdua sama suami, aku yg terlebih dulu ribut digigit nyamuk daripada suami, kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahah..berarti mbak Tira wangi, nyamuknya jadi ogah hinggap di mbak :)

      Delete
  18. Hahha.. sering kesal juga sama nyamuk. Pernah kefikiran kapan yah nyamuk itu bisa punah.

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)