Wednesday, January 11, 2017

Apakah Kunci Inggris Berasal Dari Inggris

Hai gaes... cuap-cuapku sekarang mungkin berbeda dari biasanya. Aku mau cuap-cuap tentang salah satu peralatan yang ada dirumahku dan ini termasuk peralatan penting. Alat ini adalah alat yang selalu dibawa suamiku kemana-mana, seperti di jok kendaraannya. Selain itu dirumah pasti ada donk, super lengkap.

Apakah kalian tahu dengan kunci inggris dan sedang membutuhkannya? kalian mungkin memilikinya di rumah sebagai salah satu perkakas rumah tangga atau ada yang belum memilikinya? Padahal alat ini adalah salah satu alat yang wajib ada dirumah dan harus kalian bawa jika sedang mengendarai kendaraan. Takutnya, kendaraan kalian bermasalah so, kunci inggrislah mungkin bisa menjadi solusi.

Miliki dan carilah jasa seseorang yang jual kunci inggris. Tapi sebelum memutuskan untuk membeli, apakah saat mendengar nama kunci inggris kalian sempat berpikir mengapa namanya mengandung kata inggris. Namun sayangnya pemikiran ini tidak benar namun juga tidak salah. Membingungkan bukan? Baiklah untuk menghapus kebingungan kalian, simak tentang ulasan dari asal nama kunci inggris berikut ini ya...



Kunci inggris ini awalnya ditemukan oleh seorang Insinyur asal Inggris yang bernama Richard Clyburn pada tahun 1842. Dari fakta inilah beberapa negara yang berada di daratan Eropa seperti Jerman, Portugal, Sanyol Italia dan juga Belanda menyebut benda ini sebagai English Key. Lalu kenapa di Indonesia pun kunci ini dikenal sebagai kunci inggris?

Jawabannya mudah dan sederhana, kalain tentu ingat bahwa dulu Indonesia adalah negeri yang dijajah oleh banyak negara mulai dari Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda hingga Jepang. Kondisi ini lebih tepatnya saat penjajahan Belanda-lah yang membuat kunci ini dikenal sebagai kunci inggris di Indonesia. Jadi kita menggunakan kata serapan dari bahasa Belanda. 

Namun sebenarnya di beberapa negara kunci inggris atau adjustable spanner ini juga memiliki nama lain yaitu Swedish Key. Menurut Anda apa alasan dibalik nama lain ini? Menurut sejarah, kunci inggris yang kita kenal saat ini bukanlah kunci inggris yang ditemukan oleh Richard Clyburn, si Insinyur asal Inggris.

Jadi setelah penemuan kunci inggris oleh Richard, ada seseorang lain yang muncul untuk menyempurnakan kunci tersebut. Orang itu adalah Petter Johansson yang berasal dari Swedia. Pria ini memang tidak berjasa menemukan hal baru, namun dia sukses menyempurnakan kunci inggris sehingga bisa digunakan hingga saat ini. Hal inilah yang membuat kunci inggris juga dikenal sebagai Swedish Key di negara Denmark, Israel dan Polandia. 


Kalian juga bisa pergi ke toko offline maupun online yang menjual kunci inggris yang sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia. Hampir setiap toko bangunan juga menyediakan jasa jual kunci inggris ini. Jadi jangan takut tidak bisa menemukan kunci inggris ini ya gaes :)


Related Posts

Apakah Kunci Inggris Berasal Dari Inggris
4/ 5
Oleh

2 komentar

Ayahku itu ke mana-mana selalu bawa kunci inggris. Di jok motor, di mobil, pasti selalu bawa kunci inggris. Katanya bukan cuman punya banyak kegunaan, tapi juga karena desainnya menarik dan lucu. Jadi asyik kalau dibawa-bawa.. Seolah-olah nggak ada kunci inggris artinya nggak ada ayahku. Hihihi

Ternyata begitu sejarahnya, kunci inggris beberan dari inggris. saya baru tahu kirim cuma asal sebut saja

Yuk berkomentar :)