"Gala Yuzawa" My Ideal Japanese Winter Vacation with JR East (Tokyo Rail Days)

Banyak alasan mengapa saya ingin ke Jepang. Negara yang terkenal dengan bunga sakuranya dan dijuluki negara matahari terbit. Saya ingin merasakan sensasi ketika bunga sakura jatuh mengenai kepala saya dan saya ingin berbaring menikmati bunga sakura-sakura itu sambil terus memandanginya. Selain karena terobsesi dengan bunga sakura, saya ingin sekali merasakan 4 musim yang ada di Jepang dan yang paling saya tunggu adalah musim dingin di Jepang sambil memegang butiran salju di jemari saat akan jatuh ke bumi.


MUSIM DINGIN DI JEPANG

Jepang mengalami empat musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Musim dingin (Winter) adalah musim keempat di Jepang. Musim dingin ini dimulai pada bulan  Desember sampai Februari.

Saat musim dingin, tempat-tempat yang ingin saya kunjungi adalah Festival musim dingin yang melibatkan salju dan es yang diadakan di kota-kota di seluruh wilayah yang kaya salju di Jepang. 


  1. Biasanya di Jepang bagian utara seperti Hokaiddo akan terjadi salju, begitu juga daerah-daerah pegunungan disekitarnya terutama di Sapporo. Selain itu disana juga ada berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan, misalnya saja skating. Selain itu melihat Sapporo Snow Festival yang merupakan salah satu festival musim dingin terbesar di Jepang. Setiap musim dingin, sekita 2 juta orang datang ke Sapporo untuk melihat salju yang sangat indah dan pahatan es yang berjejeran sepanjang Odori Park. Selama 7 hari pada bulan Februari, Sapporo berubah menjadi taman impian musim dingin dengan saljunya.
  2. Otaru Snow Light Path. Festival ini diadakan selama sepuluh hari setiap bulan Februari di Otaru, di mana kota didekorasi dengan lampu dan patung salju kecil. Kombinasi dari kota bersalju dan lentera berkilauan menciptakan suasana yang sangat menyenangkan dan romantis.
  3. Asahikawa Winter Festival berlangsung lebih dari seminggu di awal Februari, memamerkan patung salju terbesar di Jepang. Tempat-tempat menarik lain yang ditemukan di festival ini termasuk sebuah kompetisi patung es, salju dan slide snowmobile rides.
  4. Tokamachi Snow Festival diadakan setiap tahun yang berlangsung selama tiga hari di sekitar hari Sabtu minggu  ketiga Februari di Tokamachi, sebuah kota yang mengalami salah satu tingkat hujan salju tertinggi di Jepang. Pengunjung dapat menikmati banyak patung salju, slide salju dan festival stalls. 
  5. Yokote Kamakura Festival adalah salah satu festival musim dingin di daerah Tohoku yang mulai diadakan lebih dari 400 tahun yang lalu. Malam Festival Kamakura ini diadakan di kota Yokote, Akita.


Sedangkan di Jepang bagian selatan akan merasakan cuaca yang nyaman dan hangat, di Jepang daerah Tengah seperti Tokyo cuacanya sangat nyaman dengan hawa dingin dengan sinar matahari yang menghangatkan. 



Selain festival salju, di Jepang banyak sekali tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi, antara lain :


WISATA SALJU ONSEN

Onsen (air panas) adalah tempat yang bagus untuk menghabiskan waktu santai saat musim dingin, yaitu berendam dengan air hangat alami. Sambil mencelupkan badan di perairan, mandi di udara terbuka dan menikmati pemandangan salju yang sungguh luar biasa. Beberapa onsen yang bisa menjadi pilihan kita antara lain :


  1. Nyuto Onsen berlokasi di pegunungan timur prefektur Akita, yang menawarkan pemandian air panas di pedesaan. Banyak ryokan memiliki onsen yang terbuka dan menawarkan pemandangan salju di musim dingin.
  2. Kusatsu Onsen memiliki volume mata air panas yang besar dan secara konsisten mampu bertahan sebagai tujuan onsen terbaik bagi wisatawan. 
  3. Minakami Onsen yang memiliki pemandian outdoors terluar dan terbesar di Jepang. 
  4. Okukinu Onsen adalah kumpulan empat ryokan panas di sebuah lembah terpencil di pegunungan Prefektur Tochigi.
  5. Manza Onsen merupakan pusat air panas yang terletak 1800 meter di atas permukaan laut, di lereng Gunung Shirane.
  6. Tokachidake Onsen merupakan sekelompok air panas ryokan yang terletak di Gunung Tokachidake, sebuah gunung berapi aktif di Daisetsuzan National Park. 

Sebenarnya dari tempat-tempat wisata yang telah disebutkan di atas, masih ada tempat wisata yang paling recomended banget untuk para turis yaitu Gala Yuzawa. Karena selain letaknya 200 km dari arah utara Tokyo atau yang hanya ditempuh selama 77 menit dengan kereta Shinkansen dari Stasiun Tokyo pun kita bisa menikmati liburan musim dingin yang pastinya sangat seru karena daerah ini terkenal dengan hujan salju yang sangat mengesankan.




Cukup dengan harga USD 224 kalian sudah bisa menikmati tiket kereta Shinkansen, menaiki Gondola, main skating dengan papan seluncur dan baju hangat. Selain itu, kalian bisa memesan tiket kereta di Travel Agent yang ada di Indonesia yaitu di Tokyo Rail Days, jadi saat kita berada di Jepang tak perlu repot-repot lagi untuk membeli tiket kereta.


Tokyo Rail Days sendiri dikelola oleh JR East yang tergabung dalam Japan Rail Group yang memiliki cabang di Indonesia, jadi tak perlu repot lagi jika kita ingin pergi ke Jepang karena di Indonesia sendiri sudah ada Travel Agent nya.

Kereta Shinkansen yang berhenti di stasiun Yuzawa.


Suasana di dalam kereta Shinkansen, bersih dan bikin betah duduk berlama-lama dikursi ini.



Nantinya saat mencapai “snowy wonderland” ini kita tidak perlu mengganti kereta karena dengan shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa Ski Resort. 

Pada musim dingin, warga Jepang memiliki cara untuk menghangatkan tubuh mereka, antara lain :




  • Memakai baju hangat. Hal yang paling umum dilakukan tentu saja dengan menggunakan baju hangat.Untuk trend fashion baju musim dingin di Jepang biasanya menggunakan warna-warna berfariasi dari warna gelap hingga terang dan dengan menggunakan berbagai macam aksesoris. Tidak cukup hanya pakai jaket saja karena pastinya kita akan tetap menggigil kedinginan. Ada beberapa lapis pakaian musim dingin di Jepang, yang pertama adalah lapisan dalam yang terdiri dari baju lengan panjang dan celana panjang. Bahan yang biasanya dipakai adalah kain heattech. Meskipun tipis tapi bahan ini dapat menghangatkan badan. Untuk pria, biasanya baju pelapis namanya long john. Setelah memakai pakaian pelapis bisa memakai baju biasa. Tapi jangan memakai baju dengan bahan katun karena malah akan membuat makin dingin. Disarankan memakai pakaian dari bahan Kashmir atau wool. 
  • Duduk dengan kaki dimasukkan ke bawah kotatsu. Kotatsu adalah sebuah meja kopi yang terdapat selimut dibawahnya. Meja ini bukan merupakan meja biasa karena didalam selimutnya, tepat dibawah meja, terdapat alat penghangat. 
  • Memasang penghangat ruangan. Orang Jepang biasanya menggunakan penghangat ruangan untuk menghangatkan suhu didalam rumah. Pembakar yang digunakan menggunakan bahan dasar minyak tanah. 
  • Menempelkan stiker penghangat dengan cukup menaruhnya didalam baju dalam kalian dapat membuat badan terasa lebih hangat lagi selama berjam- jam. 
  • Berendam di Onsen. 
  • Memakai selimut elektronik. Tidak nyaman sekali rasanya jika tidur diatas kasur yang dingin. Oleh karena itu kalian bisa menggunakan selimut elektronik. Selimut yang dapat dialiri listrik ini dapat mengeluarkan panas. Selimut ini bisa digunakan sebagai alas kasur atau sebagai selimut seperti biasa.
  • Menyantap makanan yang berkuah dan hangat. Makanan juga dapat membantu menghangatkan badan kalian. Ada beberapa makanan favorit pada musim dingin di Jepang, contohnya adalah oden.


MAKANAN HALAL DI JEPANG

Ke Jepang selain mencari tempat wisata yang nyaman juga paling penting adalah mendapatkan makanan yang halal. Banyak sekali rumah makan di Jepang yang sudah mendapatkan label halal, antara lain :


1. TOKYO 

Merah Putih Cafe (Indonesia) 
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim.
Stasiun Kereta Terdekat: Shinokubo 
Shin Okubo Initial House 304, 2-10-9 Hyakunincho, Shinjuku-ku Tokyo 
Telepon: 03-6279-2399 

Bosphorus Hasan (Turki)
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim.
Stasiun Kereta Terdekat: Shinjuku
Dai Ichi Tamaya Bldg., 2F, 3-6-11, Shinjuku, Shinjuku-ku Tokyo
Telepon: 03-3354-7947  

Rasa Malaysia (Malaysia) 
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Ginza 
4F, Hashimoto Bldg., 1-6-6, Kabukicho, Shinjuku-ku, Tokyo 
Telepon: 03-3209-9315 



2. KYOTO 

Istanbur Saray (Turki)
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Kyoto Shiyakusho-mae 
Matsuki Building 3F, 534-28 Ebisu-cho, North of kawaramachi Sanjo st, Nakagyo-ku, Kyoto 
Telepon: 075-213-2995 

KERALA (India)
Restoran ini menggunakan daging halal.
Stasiun Kereta Terdekat: Kyoto Shiyakusho-mae 
KUS BLD, 2F, Kawaramachi Sanjo agaru, Nakagyo-ku, Kyoto 
Telepon: 075-251-0141 

La Baraka (Moroko)
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Kawaramachi 
Sakura Building B1, 365 Tominaga-cho Bukkoji Kudaru, Kawaramachi st, Shimogyo-ku, Kyoto 
Telepon: 075-352-8208 





3. NAGOYA 

CASABLANCA (Moroko) 
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Takaoka 
Takaoka Resience 1F, 1-9-14 Izumi, Higashi-ku Nagoya 
Telepon: 052-953-7774 

Turkish Taste (Turki) 
Restoran ini menggunakan daging halal, sang pemilik atau koki adalah Muslim, dan tidak ada alkohol.
Stasiun Kereta Terdekat: Honjin 
2-30-1 Torii-dori, Nakamura-ku, Nagoya 
Telepon: 052-482-8999 

Bunga Raya (Malaysia) 
Restoran ini menggunakan daging halal, sang pemilik atau koki adalah Muslim, dan tidak ada alkohol.
Stasiun Kereta Terdekat: Yabacho 
Asia Tairiku Academy B1F, 4-1-11 Osu, Naka-ku, Nagoya 
Telepon: 052-263-5152 


4. OSAKA 

NazaR (Turki) 
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Shinsaibashi 
Matsumura building 2F, 1-16-13 Shinsaibashi, Chuo-ku, Osaka 
Telepon: 06-6282-0630 

MUGHAL (Pakistan) 
Restoran ini menggunakan daging halal.
Stasiun Kereta Terdekat: Honmachi 
2F 1-6-7 Nishihonmachi, Nishi-ku Osaka 
Telepon: 06-6110-7371 

SINASOS (Turki) 
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Umeda 
16-12, Doyama-cho, Kitaku, Osaka 
Telepon: 06-6885-5139 



5. KOBE 

AARTI (India)
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Sannomiya 
Hunter Bldg. 1F, 2-14-13, Nakayamate Dori, Chuo-ku, Kobe-shi, Hyogo-ken 
Telepon: 078-222-8665 


MURAT (Turki) 
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Sannomiya 
Subway side building 8F, 1-4-5Nakayamatedori, Chuou-ku, Kobe 
Telepon: 078-392-3515 


Cafe Chameau (Tunisia)
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Sannnomiya 
Eru Yamate Building 104, 2-13-9 Chuou-ku Nakayamatedori, Kobe 
Telepon: 078-242-0907 



TEMPAT IBADAH UMAT MUSLIM DI JEPANG

Bagi umat muslim tidak perlu khawatir untuk tidak menemukan tempat ibadah di Jepang. Banyak sekali tempat ibadah yang tersebar disana. Dan belum puas rasanya jika kita sebagai umat Muslim belum ke Masjid terbesar yang ada di Jepang. Dua masjid yang cukup besar dan terkenal di Jepang adalah Masjid Camii Tokyo yang berlokasi di dekat stasiun Yoyogi Uehara, Tokyo dan Masjid Kobe di kota Kobe.


Masjid Camii Tokyo merupakan masjid terbesar di Jepang yang berdiri di atas tanah seluas 734 m2 dengan total luas bangunan 1477m2. Ornamen arsitektural masjid ini sangat indah sehingga orang Jepang non-muslim pun banyak yang berkunjung untuk melihat keindahannya. Masjid ini juga merangkap sebagai pusat kebudayaan Turki.


Masjid Kobe adalah masjid tertua di Jepang, yang dibangun pada Oktober 1935. Masjid ini terletak di Kitano-cho, Kobe. Walaupun pada tahun 1995 kota Kobe dilanda gempa besar yang menewaskan ribuan jiwa tetapi bangungan masjid ini tidak mengalami kerusakan berarti.

Selain dua masjid besar di atas, di Tokyo juga terdapat beberapa masjid/musholla antara lain Masjid Otsuka yang terletak di dekat Ikebukuro, Masjid Dar-el Arqam di Asakusa, Masjid As-Salam di Okachimachi, juga di dalam Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) , Meguro.

Untuk daerah Jepang Tengah, terdapat Masjid Nagoya. Masjid yang berdiri pada tahun 1998 ini terletak di Nakamura-ku, Nagoya dan dapat ditempuh dengan jalan kaki dari stasiun subway Honjin. Masjid ini terdiri atas empat lantai. Lantai satu adalah pusat kebudayaan Islam, lantai 2 adalah tempat sholat untuk wanita, lantai 3 dan 4 adalah tempat sholat pria.

Sementara di pulau Kyushu yang terletak di selatan Jepang, terdapat masjid Fukuoka yang terletak di Higashi-ku, Fukuoka dan dapat dicapai dengan berjalan kaki 1 menit dari stasiun JR Hakozaki.


Upacara Minum Teh di Jepang

Jepang terdapat upacara khusus minum teh yang sudah terkenal kepenjuru dunia. Upacara ini dinamakan cha-no-yu/ chado/ sadou. Dalam upacara ini, jarang terjadi percakapan. Mereka lebih banyak berdiam. Para tamu bersantai dan menikmati suasana tenang yang tercipta dari suara air dan api, aroma dupa dan teh, dan keindahan serta kesederhanaan dari rumah teh dan dekorai musiman yang sesuai.


Mangkuk kemudian disajikan kepada tamu kehormatan (shokyaku, tamu pertama), baik oleh tuan rumah atau asisten. Mangkuk ini diberikan kepada tamu pertama sambil membungkuk. Kemudian tamu pertama ini membungkuk kepada tamu kedua sebagai tanda hormat pada tuan rumah. Mangkuk tersebut diputar untuk menghindari meminum dari bagian depan mangkuk. Kemudian mencicipi teh (1x teguk), setelah itu membisiskan ungkapan yang telah ditentukan, kemudian meminum lagi teh tersebut 2-3 kali, setelahnya tamu tersebut menyeka bagian pinggir mangkuk itu. Kemudian mangkuk diputar kembali ke posisi awal dan diserahkan pada tamu kedua dengan membungkuk. Proses ini terus dilakukan hingga semua tamu sudah meminum teh dari mangkuk yang sama dan posisi mangkuk kembali ke tuan rumah. Di beberapa upacara, setiap tamu akan meminum teh dari mangkuk masing-masing tetapi urutan minum tehnya sama saja.

SISTEM TRANSPORTASI DI JEPANG

Jepang memiliki sistem transportasi yang menjadi salah satu yang paling maju di dunia. Negeri Sakura ini begitu terkenal sebagai sebuah negara dengan sistem transportasi yang sangat nyaman, canggih, aman, dan teratur. Transportasi di Jepang sama seperti di negara-negara lainnya, ada transportasi darat, laut, dan udara. Jasa perkeretaapiannya saja sudah mencakup hampir semua tempat tujuan yang memungkinkan. Selain itu, terdapat sistem jalan bebas hambatan nasional dan juga jasa penerbangan domestik yang maju. Bus dan taksi tersedia setiap saat di kota-kota, sedangkan kapal ferry menghubungkan Tokyo, Osaka dan Kobe dengan pelabuhan-pelabuhan utama di Hokkaido dan Kyushu. Selain itu, Jepang menawarkan jasa penerbangan internasional yang komprehensif melalui 2 perusahaan penerbangannya, yaitu Japan Airlines dan All Nippon Airways serta menjadi tuan rumah bagi pesawat penumpang asing yang terbang ke seluruh dunia.



Tertarik pergi ke Jepang juga untuk menikmati musim dingin disana, atau hanya sekedar ingin menikmati kereta Shinkansen dengan kecepatan 300 km/jam? Atau menikmati keindahan bunga sakura sambil menikmati Udon atau Yudofu. Buruan wujudkan mimpimu sekarang :)


Untuk lebih lengkapnya mengenai Gala Yuzawa, kalian bisa langsung mengunjungi :
Website : http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/
Fanpage FB : https://www.facebook.com/id.jprail 





Referensi :
  1. http://j-cul.com/tempat-terbaik-menemukan-salju-di-jepang-part-1/ 
  2. http://pengenliburan.com/tips-seputar-pakaian-musim-dingin-di-jepang.html 
  3. http://halojepang.blogspot.com/2012/12/menghangatkan-diri-pada-musim-dingin-di.html 
  4. http://nihongojepang.blogspot.com/2013/08/kereta-tercepat-shinkansen.html 
  5. http://traveliburan.blogspot.com/2014/07/tokyo-camii-masjid-terbesar-tokyo.html 
  6. http://www.jepang.net/2013/10/daftar-restoran-halal-di-jepang.html 
  7. http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)