Sunday Sharing Surabaya #01

Bertempat di kantor Transmedia Biro Surabaya, Jalan Opak No. 12 kami para blogger menghadiri acara Sunday Sharing yang pertama. Acara yang dimulai pukul 10 siang ini mengangkat tema “Menulis itu Asyik”. Dua pembicara yang sudah berpengalaman dalam hal tulis menulis ini membagikan ilmunya kepada kita secara cuma-cuma.



Mas Lalu Abdul Fatah penulis dari Lombok memberikan tips dan trik cara menulis yang bisa menarik perhatian pembaca. Salah satunya dari judul tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan membuat penasaran para pembacanya, dengan demikian para pembaca akan penasaran dengan isi tulisan itu dan mau tidak mau mereka akan membacanya. Mas Lalu juga menjelaskan, mengapa dia sangat tertarik mengajar anak-anak daripada mengajar anak SMA, kuliah, atau sejenisnya? Karena mengajar anak-anak itu lebih mudah daripada yang sudah dewasa pada saat memberikan semangat untuk menulis. Biasanya anak-anak lebih terpacu semangatnya saat diberikan motivasi dan semangat serta manfaat sebenarnya dari menulis sehingga mengapa Mas Lalu senang dan tertarik mengajar anak-anak.



Selain itu ada Mas Ma’Mun Affandi dari Yayasan Bina Qalam yang tak segan-segan membocorkan rahasia dalam hal tulis menulis, terutama dalam hal penulisan novel. Mulai dari mencetak buku dipenerbit, pemilihan sampul, dan gambar, judul, serta mengapa ada perbedaan tebal tipisnya novel.


Mas Ma'mun menyarankan bahwa dalam hal pemilhan sampul, judul, dan lainnya ada beberapa poin yang harus kita tahu dan pahami. Pemilihan ukuran font dalam judul pun menjadi pertimbangan di sampul depan, contohnya perbedaan ukuran font judul dan nama penulis. Mengapa font judul lebih besar daripada ukuran font penulis di kolom cover?



Pastinya kami semua para blogger mendapatkan ilmu gratis dan cuma-cuma dari dua pembicara itu. Semoga acara Sunday Sharing yang ke dua nantinya jauh lebih rame :) Amiien

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)