Susunan yang Benar Saat Membuat Surat Pernyataan

Surat pernyataan sering kali dibuat oleh seseorang ketika orang tersebut ingin membuat pernyataan yang resmi. Biasanya surat ini didalamnya menjelaskan bahwa orang yang membuat surat ini belum pernah atau pernah melakukan sesuatu.

Surat pernyataan ini pastinya harus dibuat dengan baik dan juga benar, contoh surat pernyataan diantaranya ada pernyataan keterangan kerja, pernyataan sikap, belum menikah, kesanggupan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam membuat surat pernyataan ini ada beberapa hal wajib Anda ketahui seperti pengertiannya, formatnya dan bagaimana cara membuat surat yang baik.

Susunan surat pernyataan


Surat pernyataan juga bisa berisi mengenai kemampuan seseorang ketika dia sanggup atau ingin melakukan sesuatu seperti yang ada didalam surat tersebut. Bagi yang ingin melamar pekerjaan surat pernyataan ini juga cukup penting.

Sebenarnya susunan dari surat pernyataan ini tidak terlalu beda jauh dengan surat lainnya, tapi tetap saja didalamnya memiliki perbedaan yang membedakannya dari jenis surat yang lain. Ini dia susunan dari surat pernyataan yang bisa Anda ikuti:

  • Pada bagian judul atau bagian nama pada surat pernyataan biasanya dituliskan dengan menggunakan huruf capital dan di tulis dengan cetakan tebal dan posisinya ada di tengah. Buatlah judul dengan sederhana dan langsung ke poinnya.
  • Untuk bagian isi pada surat pernyataan biasanya berisi mengenai identitas dari pihak yang membuat surat tersebut. isi dari suratnya ini berisi mengenai kesanggupann atau bisa juga pengakuan yang benar dan sesuai dengan fakta yang ada. Identitasnya juga harus benar.
  • Bagian penutup untuk surat pernyataan isiya berupa identitas dari orang yang membuat surat, nama jelas, tanda tanggan, tulis juga tempat serta tanggal kapan surat tersebut di buat. Di dalamnya juga Anda bisa menambahkan informasi tambahan lainnya. Pada bagian penutup surat pernyataan biasanya juga terdapat materai, selain materai bisa juga di ganti dengan menggunakan cap dari sebuah instansi atau organisasi.

Dalam membuat surat pernyataan yang baik dan juga benar sangatlah penting, karena dari surat tersebut bisa memperlihatkan apakah Anda orang yang teliti atau tidak. Ini dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Pastikan dulu jenis surat pernyataan apa yang ingin Anda buat, pikirkan dari judulnya hingga bagian penutup.
  • Jika sudah langkah selanjutnya Anda hanya tinggal menuliskan kalimat petnyataan di dalam surat tersebut.
  • Pastikan Anda menggunakan kalimat yang baik dan benar. Kalimat yang Anda gunakan harus sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD).
  • Anda bisa membuat surat pernyataan dengan menggunakan tulisan tangan, hal ini bertujuan supaya Anda bisa mendapatkan kepercayaan. Menulis menggunakan tangan juga dirasa cukup praktis.
  • Saat membuat surat pernyataan pastikan Anda menulis jenis pernyataan secara langsung pada intinya, supaya pembahasan yang ada dalam surat pernyataan ini tidak terlalu panjang dan jadi sulit untuk dipahami.
  • Saat membuat surat pernyataan pastikan jangan ada typo, buat tulisan secara singkat, padat, dan juga jelas.

Hal yang harus Anda ingat bahwa surat pernyataan ini adalah sebuah surat yang memiliki legalitas yang cukup diakui. Jadi Anda perlu hati-hati ketika membuat surat pernyataan ini. dalam surat pernyataan ini terdapat nama, nomor NIK bahkan jabatan dari seseorang yang nantinya bisa di ajukan. Supaya Anda tidak salah Anda bisa mencari contoh surat pernyataan di internet. Nah mungkin itu saja pembahasan kita mengenaii surat pernyataan, semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi Anda.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)