Cek 8 Bagian Ini Saat Kalian Service Motor Ya!

Motor merupakan salah satu kendaraan roda dua yang sangat membantu para pengendara agar lebih efisien menjangkau tempat yang ingin dituju. Misalnya ke tempat kerja ingin cepat sampai dan tidak ingin terjebak macet, coba bayangkan jika menggunakan mobil pasti akan diam dan tak ada pergerakan jika macet parah. Iya kan?

Bengkel service motor terpercaya

Pengecekan kondisi motor secara rutin menjadi hal yang penting bagi seorang pengendara motor. Servis motor biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Bagian yang dicek saat akan melakukan servis motor, antara lain memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. Hal ini dilakukan agar mengendarai motor lebih nyaman dan aman, maka motor perlu di servis secara berkala. Beberapa bagian motor yang perlu diservice antara lain :

1. Ganti Oli Mesin

Oli mesin perlu diganti setiap menempuh jarak tertentu, rata-rata jarak tempuh yaitu 2500 km. Oli mesin sebagai pelumas, jika pelumas tidak diganti maka tarikan motor akan terasa berat saat dipakai. Apakah teman-teman pernah merasakan hal ini dengan motornya?

Fyi, beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Emang sih, ada harga ada rupa so bagi kalian sudah pernah memakainya pasti akan tahu dengan kualitasnya.

Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Oli mesin selain fungsinya sebagai pelumas pun untuk pendingin dan pelindung mesin. Oleh sebabnya teman-teman perlu rutin mengganti oli mesin sesuai jarak tempuh. Biasanya, biaya yang perlu teman-teman bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

2. Oli Gardan

Penting nih bagi pengguna motor matic, mereka wajib rutin ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan. So, wajib diingat ya agar saat berkendara menggunakan motor tetap nyaman dan tarikan pun tetap enteng dimedan apapun, selalu cek oli motor matic teman-teman secara rutin.

3. Kampas Rem

Buat yang suka bawa motor banter, kampas rem perlu banget nih selalu di cek. Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting saat teman-teman melakukan servis motor maka kondisi kampas rem harus selalu dicek juga ya, jangan sampai dibiarkan agar tidak fatal saat berkendara.

Bengkel service motor terpercaya



4. Aki

Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti saat melakukan servis motor agar teman-teman tetap bisa mengendarai motor dengan nyaman dan aman. Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Jadi dipastikan motor teman-teman akan lebih nyaman dikendarai.

5. Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti. Jika tidak terlalu parah, pastinya hanya dibersihkan saja.

6. Ban

Pemeriksaan ban juga penting loh dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, teman-teman memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya. Wajib ganti jika sudah terlalu sering tambal ban berkali-kali ya, ini demi keselamatan teman-teman juga baik ban dalam maupun ban luar demi keselamatan teman-teman saat berkendara.

Ganti ban di planet ban



7. Busi

Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi. Ada juga yang tidak perlu diganti cukup dibersihkan saja dibagian yang kotor agar aliran listrik tidak terhambat oleh kotoran.

8. Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepada teman-teman mana yang mau diganti dan apakah bersedia diganti. Kalau teman-teman setuju, baru mekanik melakukan perbaikan. Setuju nggaknya tergantung teman-teman, apakah saat itu dana ada atau tidak. Jika dana ada, langsung saja namun sebaliknya jika dana belum cukup hendaknya budgetkan bulan depan untuk service motor agar berkendara lebih nyaman dan aman.

Bengkel Servis Motor Terbaik dan Terpercaya

Untuk mendapatkan servis yang bagus, teman-teman harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa teman-teman andalkan adalah Planet Ban. Di bengkel ini, teman-teman bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru. Apa itu servis mesin rasa baru? servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat pula. Di Planet Ban lebih fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Bengkel service motor terbaik


Apa Sih Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban?

Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet (jarang rusak). Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.

Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga teman-teman tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat bukan?. Teman-teman pun bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.


Perbedaan Service Motor di Planet Ban dengan di Bengkel Lain


Ya benar sekali, dengan service motor di Planet Ban membuat motor teman-teman tampak seperti mesin baru. Hasilnya, tarikan mesin jadi lebih ringan, emisi turun lebih dari 70%, dan pastinya lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Untuk harga servisnya sangat terjangkau pula. Yuk service motor di Planet Ban karena service motor yang selengkap ini, terjangkau pula harganya. Fyi, untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Jika teman-teman servis motor di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor bukan? Sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika teman-teman melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga mesin seperti baru loh. Mesin motor tampak seperti baru karena kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran.

Nah, sekarang teman-teman sudah tahu kan manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis. Sekarang, coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir teman-teman service motor? Kalau perlu service motor, yuk ke Planet Ban saja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru. Jangan sampai motor teman-teman ngadat ya, buruan deh ke Planet Ban terdekat.

Salam,
Dwi Puspita

4 comments:

  1. Planet ban ini memang sudah terpercaya karena cabangnya banyak. Di Surabaya aja cabangnya ada 40 lebih.
    Yang asyik banyak promonya

    ReplyDelete
  2. Oli mesin ini wajib banget diganti kalo mau motornya lancar jaya. Baru tau ternyata planet ban juga ada servicenya ya

    ReplyDelete
  3. Planet ban ini punya banyak kelebihan dibandingkan tempat service motor lainya. Sudah kayak one stop shopping: service motor, komponen motor, ban motor. Lengkap

    ReplyDelete
  4. ada planet ban di rungkut mbaaa

    asik bgt ini mah.
    service nya ciamiikkk bgt 😍😍😍

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)