BSI Maslahat, Lembaga Ziswaf Amanah Dan Profesional

Assalamualaikum...

Ngomongin rezeki itu bisa bisa apa saja, tidak hanya materi berupa uang, harta benda, kekayaan, kesehatan namun bisa berupa hal-hal kecil juga seperti memiliki tetangga yang baik, hati yang tenang dan masih banyak lagi contohnya.

Nah, bagaimana jika memiliki harta yang berlimpah, apakah merupakan rezeki atau musibah? Pastinya sangat panjang penjelasannya sehingga teman-teman perlu mempelajari dan mengkajinya dengan penuh hati-hati. Orang yang diberikan rezeki oleh Allah berupa harta benda ataupun uang perlu mengeluarkan zakat. Dalam artikel ini saya akan sedikit menjelaskan tentang zakat agar teman-teman pun bisa bersinergi meluaskan maslahat kepada sesama dengan cari tolong menolong dan membantu mereka yang membutuhkan karena Allah Ta'ala.

Bersinergi meluaskan maslahat


Mengapa umat Islam harus berzakat?Ya... karena zakat adalah bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim apabila telah mencapai syarat yang ditetapkan. Dari sini kita sebagai umat muslim harus paham tentang zakat dalam kehati-hatian menjaga kesucian dari hartanya. Sebagai salah satu rukun Islam, zakat ditunaikan untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (asnaf).

Karena zakat merupakan salah satu rukun Islam yang diwajibkan atas setiap orang Islam yang telah memenuhi syarat, selain melaksanakan perintah Allah SWT maka setiap muslim wajib melaksanakannya dengan mengeluarkan sesuai takarannya.

Fyi, tujuan syariat berzakat adalah untuk membantu dan menolong umat Islam yang saling membutuhkan dan saling tolong menolong. Selain itu untuk menjaga kesucian dari harta benda yang kita miliki.

Nah, kalau berbicara mengenai macam-macam zakat, ada 2 jenis dalam Islam yang wajib diketahui dan ditunaikan oleh umat Islam, yaitu zakat fitrah dan zakat harta (maal). Teman-teman harus mengetahui bahwa kedua jenis zakat ini, menjadi kewajiban karena tertuang dalam rukun Islam yang keempat.

Dari sini dapat dikatakan bahwa hukum zakat fitrah adalah fardu ain atau wajib dikerjakan oleh muslim. Selain itu, hukum mengeluarkan zakat fitrah juga tertuang dalam penjelasan hadis riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majah.

Apa Itu Zakat Fitrah dan Maal? Aspek objek dari zakat fitrah adalah manusia, yakni setiap jiwa yang hidup sampai akhir Ramadhan wajib berzakat fitrah. Termasuk bayi yang baru lahir, ia wajib zakat fitrah dan menjadi kewajiban orang tuanya untuk mengeluarkan zakat tersebut. Sedangkan objek zakat maal adalah harta benda.

Sebagai contoh, zakat maal terdiri atas simpanan kekayaan seperti uang, emas, surat berharga, penghasilan profesi, aset perdagangan, hasil barang tambang atau hasil laut, hasil sewa aset dan lain sebagainya.

Sudah pada tahu BSI Maslahat? BSI Maslahat adalah transformasi nama baru dari Yayasan BSM Umat yang merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang ditunjuk oleh pemerintah melalui SK Menteri Agama RI No 1010/2021 yang selanjutnya disebut LAZ BSM Umat. Yayasan BSM Umat juga merupakan Nazhir Wakaf berdasarkan berdasarkan SK Badan Wakaf Indonesia nomor 0332, selanjutnya disebut Lembaga Wakaf BSM Umat. BSM Umat memiliki visi menjadi lembaga pengelola Zakat, Infaq, Shodaqoh, Wakaf dan dana sosial serta CSR yang terpercaya, terdepan dan modern. Yayasan BSM Umat telah beroperasi selama 19 tahun sejak berdiri pada tahun 2001 Yayasan BSM Umat mendapatkan hasil penilaian audit wajar tanpa pengecualian dari lembaga auditor PWC pada tahun 2018 dan 2019.

Lembaga ziswaf amanah dan profesional


Lembaga ziswaf amanah dan profesional seperti BSI Maslahat sudah pasti sangat membantu sekali dalam menyalurkan amanah umat. Buat teman-teman pun tak perlu khawatir karena BSI Maslahat pun sudah memiliki SK dari Menteri Agama RI.

Nah bagi teman-teman yang mempunyai rezeki, sebelum berganti tahun yuk selesaikan kewajiban untuk tunaikan zakat. Meskipun keutamaan zakat adalah diterima oleh yang paling membutuhkan di sekitar kita, namun dalam keadaan darurat, boleh disalurkan kepada saudara yang berada di tempat yang lebih jauh. Perjuangan saudara-saudara kita di Palestina merupakan jihad fii sabilillah. Mari tunaikan Zakat Akhir Tahun mu untuk Solidaritas Kemanusiaan Palestina melalui rekening BSI 7026202595 a.n BSI Maslahat - ZKT

Semoga Allah senantiasa menambah keberkahan atas setiap rezeki yang dititipkan Informasi dan konfirmasi hubungi 08111888465.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)