Tuesday, April 08, 2014

Arek Lancor Pamekasan

Sudah pernahkah Anda ke Kabupaten Pamekasan? Sudah pernahkah Anda mendengar nama Kabupaten Pamekasan? Kabupaten Pamekasan merupakan Kabupaten termuda dari empat Kabupaten yang ada di Pulau Madura. Letak Kabupaten Pamekasan ini setelah Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Sampang. Dan sebelum Kabupaten Sumenep, karena Kabupaten Sumenep terletak paling timur Pulau Madura. Yang sudah pernah menginjakkan kaki di Kabupaten Pamekasan pastinya sudah tahu dengan Monumen kebanggan masyarakat Pamekasan donk. Apalagi kalau bukan Monumen Arek Lancor. Yang mana para muda mudi, kakak adik, bapak ibu, maupun keluarga besar bisa mampir, foto-foto, ataupun mengamati keindahan monumen itu sendiri.

Yah, monumen yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Pamekasan ini letaknya ada di jantung kota Pamekasan loh. Monumen yang di apit dua tempat ibadah yaitu Masjid Agung Asy Syuhada (Masjid Jami' Pamekasan) dan Gereja yang merupakan pusat ibadah umat Kristen terbesar di Pamekasan. Monumen ini berbentuk lima celurit yang berdiri tegak di tengah alun-alun. Monumen perjuangan yang merupakan tugu peringatan kepahlawanan rakyat Madura dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan NKRI.

Monumen Arek Lancor ini menjulang di tengah taman yang melingkar sebagai pusat kota Pamekasan. Taman ini dilengkapi dengan jalan yang membentuk lafadz Allah. Arek Lancor sendiri merupakan bahasa Madura yang artinya celurit. Kadang kalau diamati bentuk dari monumen Arek Lancor sendiri seperti kobaran api yang tak kunjung padam serta perpaduan dari senjata tradisional rakyat Madura yaitu celurit.


Sumber disini


Dokumentasi Pribadi, Model saya sendiri :)

Baik itu masyarakat Pamekasan sendiri ataupun pelancong lebih baiknya kalau mau kesini pagi hari, sore hari, atau malam hari. Kalau siang hari tidak saya sarankan, lebih baik tidur saja ya, karena Insyaallah sepi dan panas. Menurut pengalaman pribadi, kalau pergi kesini pagi hari akan banyak masyarakat yang menghabiskan paginya dengan lari pagi, bersepeda, main tennis, ataupun pacaran. #ihirrrr

Kalau sore hari para pedagang sudah mulai memadati Monumen ini untuk meraup rezeki. Mulai banyak muda mudi yang bergentayangan di bebalik taman-taman, saling memadu kasih, saling merajut asmara. Dan, malam harinya puncaknya keramaian di Monumen ini. Bisa dikatakan pasar malam dadakan. Karena banyaknya permainan untuk anak-anak dan para remaja. Seperti mobil cinta, sekuter, mobil-mobilan untuk anak, pokoknya banyak sekali. Di jamin para anak kecil akan bahagia. Selain itu monumen Arek Lancor ini diabadikan dalam karya batik tulisnya. Foto-foto ini adalah dokumen pribadi ya. Motif dari batik-batik ini adalah motif Arek Lancor, yang mana Arek Lancor sendiri adalah kebanggan masyarakat Pamekasan, Madura.






Gimana, keren bukan? yuk segera ke Pamekasan buat mengusir penat.

Surabaya, 8 April 2014
Jam pulang kantor masih update postingan :)


Related Posts

Arek Lancor Pamekasan
4/ 5
Oleh

12 komentar

Ah... Ini mah, kabupaten rumah saya mbak.. :)

Saya pernah ke sana, hhaha. tapi kedatangan ke sana pas ikut ngantar Dwi ( adik sepupu, namanya seperti mbak Dwi :d , tapi dia cowok :-d ) buka jahitan bekas operasinya di dr Akram, yang letak prakteknya di samping selatannya Masjid. oh iyah, pernah juga sholat di Masjid Agungnya, pas selesainya ikut (ikut lagi =p~ ) ngantar Gita checkup ke dr. Fugo. terus sempat jalan sepintas dari parkiran, tapi gak sempat foto-foto di monumennya, mbak :)

Waah belum pernah nih ke Pamekasan nih,, jadi pingin jalan2 ke pamekasan.. MANTAP

saya asli situ juga,,,ayo kopdaran,,,

wah namanya sama,,, :-) tapi beda :d,,,wah sayang,,seharusnya diabadikan ya,,,biar ada kenangan,,,

ayooo,,,main-main kesini sekalian mampir ke rumahku,,,

Hehehe
Boleh, kapan-kapan kalau kita sudah pas di Pamekasan.. :)

wih keren mbak... jadi pengen ke sana, tapi waktu blum ada masih ada aktifitas belajar ... Insya Allah kalau ada waktu luang main ke pamekasan ... Salam Hangat Tanpa Gosong dari Jogja :)

Meski teman saya banyak yang dari Madura, tapi saya belum sempat sekali pun ke sana.

ayo-ayo,,,siap buat menyambut nich,,,belajar yg rajin ya,,,sukses buat kamu,,,

duch,,,emane rek,,,tau gitu tak kasih campor lorjuk,,,hihihi makanan khas pamekasan,,,

Yuk berkomentar :)