Rujak Petis Madura

Dari dulu yang namanya rujak itu menjadi camilan favoritku. Asal rujaknya pakai petis Madura loh yaaaa. Petis Madura itu seperti gulali (katanya teman-teman sih), warnanya cokelat seger. Macamnya ada dua, petis udang dan petis ikan, kalau petis ikan biasanya ikan yang digunakan adalah ikan tongkol. Udang dan ikan tongkol diolah sedemikian rupa sehingga berwujud sebuah petis. Dan dengan petis itulah pecinta rujak akan menikmati rujak yang akan dilahapnya.

Bumbu rujak sangat sederhana sekali. Petis Madura, cabe rawit sesuai selera, garam, yang suka manis boleh tambah gula, dan boleh di tambah kacang goreng + tambah air secukupnya. Bahan-bahannya kerupuk, buah (bengkoang, mangga, pepaya, terserah anda dech pokoknya), timun, kalau ada ya Keripik Tette. Keripik Tette ini adalah camilan asli Madura loh. Di jamin rasanya enak.



Dulu waktu kuliah ada grup teman-teman yang suka dengan rujak. Mulai anak kosan, anak jurusan, dan anak luar jurusan. Semua bersatu padu dengan rujak. Kalau pulang kampung ke Madura mah jangan ditanya lagi, pastinya aku akan nge-rujak sendiri, bikin-bikin sendiri, dan makan-makan sendiri. Pas lagi dirumah berdua sama suami juga masih sempat bikin rujak. Habisnya pengen sih. Memang sengaja minta kiriman petis Madura dari kampung buat nge-rujak di rumah. Soalnya udah pengen banget, tapi sayangnya suami tidak seperti aku, dia kurang suka dengan rujak.

Nah, ini dia bentuknya rujak buatanku :)

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)