Jejak Langkah Kaki Untuk Indonesia

Siapa sih yang nggak pernah jalan-jalan? Pasti semuanya sudah pernah jalan-jalan, jalan-jalan ke mall, jalan-jalan ke taman, jalan-jalan mengelilingi komplek dan masih banyak jalan-jalan lainnya. Kalau jalan-jalannya mengelilingi negeri tercinta Indonesia gimana? Nah, itu baru namanya luar biasa mas bro dan mbak sist...

Jalan-jalan mengelilingi negeri tercinta Indonesia, melihat deretan alam yang subur, hijaunya pepohonan dan pegunungan, pantai yang luas dan bersih, tempat-tempat wisata yang unik dan belum terjamah oleh siapapun. Jalan-jalan mengelilingi Indonesia adalah mimpi semua orang, melihat keindahan alamnya dengan memandang langsung alam ciptaan Tuhan.

Dengan jalan-jalan kita bisa mengukir prestasi, prestasi terhadap diri maupun pada negeri tercinta Indonesia. Dengan mengukur jalan kita telah membuktikan kalau Indonesia itu kaya. Indonesia itu sangat berlimpah ruah kekayaan alamnya, baik itu yang ada di daratan maupun di lautannya. Tongkat kayu dan batu pun bisa jadi tanaman di negeri kita tercinta ini. Betapa kaya dan suburnya negari kita ini bukan?

Balik lagi tentang jalan-jalan, apakah kalian tipe orang yang suka berjalan. Kaki gatal pengen melihat keindahan alam kesuatu tempat. Mengukur tapak demi tapak tanpa ada rasa lelah sedikitpun, mengukir sejarah dengan jejak-jejak indah dari tapak kaki kita. Yah walaupun saya bukan traveller sejati setidaknya saya suka sekali jalan-jalan. Saya ingin menjejakkan kaki dimana saja di seluruh Indonesia dengan segala yang saya punya. Seperti tenaga, pikiran, pengetahuan, dan pastinya dana.



Saya ingin membuktikan bahwa saya mencintai Indonesia dan saya mempunyai jiwa nasionalisme tersebut. Tidak hanya sok pamer atau sekedar membuang waktu dan materi, namun disini juga dibuktikan kalau saya bisa melihat kebesaran Tuhan atas keindahan alam dan negeri untuk kita semua. Toh buktinya tempat-tempat wisata di Indonesia juga sangat layak dikunjungi oleh para wisatawan luar negeri.



Apa hubungannya jalan-jalan dengan nasionalisme?

Jalan-jalan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bersenang-senang dengan jalan kaki.

Nasionalisme sendiri merupakan suatu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia yang mempunyai tujuan atau cita-cita yang sama dalam mewujudkan kepentingan nasional.

Antara jalan-jalan dan nasionalisme menurut saya ada hubungannya, karena selain bersenang-senang saya juga ingin menunjukkan rasa cinta pada Indonesia dengan mempromosikan dan mengenal lebih dalam bahwa Indonesia sangat kaya alam wisatanya. Dengan jalan-jalan saya bisa mewujudkan kepentingan nasional yaitu Indonesia dikenal oleh negara-negara lain dan negara lain mengakui bahwa Indonesia itu ternyata kaya dan indah.



Cintailah jalan-jalan, karena dengan jalan-jalan kamu akan bisa tau dirimu siapa dan akan merasa bersyukur akan kebesaran Tuhan dengan segala ciptaan Nya. Terlebih lagi tunjukkanlah jiwa Nasionalisme dengan terus jalan-jalan, kenalkanlah wisata-wisata indah yang ada di Indonesia. Tunjukkan pada mereka bahwa Indonesia sangat kaya dengan tempat-tempat wisata baik yang sudah dijamah maupun yang belum.


Jejakkan terus tapak kakimu ke tempat-tempat indah yang ada di Indonesia. Nikmati semua keindahan alam ibu pertiwi ini dengan jepretan-jepretan kameramu. Saya yakin jepretan-jepretan itu nantinya akan memperkenalkan Indonesia kepada seluruh orang, mereka akan takjub akan keindahan Indonesia.


Yuk kita jalan-jalan dengan semangat Nasionalisme yang kita punya.


No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)