Tumpengan

Tumpengan, pernahkah kalian mendengarnya. Biasanya acara tumpengan ini adalah bentuk rasa syukur kita karena telah diberi sesuatu atau karena pencapaian sesuatu mungkin bahasa yang paling pas adalah "selametan". Entah itu "selametan" ulang tahun, dapat pekerjaan, naik pangkat, mobil baru, rumah baru, dan masih banyak lainnya yang intinya kita juga ingin berbagi kebahagiaan kepada saudara, teman, dan tetangga atas apa yang kita peroleh.

Seperti halnya aku, saat sudah menempati rumah baru awal September 2012 aku ingin mengadakan selametan. Akhirnya pada hari Rabu, tanggal 6 Februari 2013 aku selametan rumah baru dengan memesan nasi tumpeng. Salah satu temanku menjadi pemimpin do'anya. Selesai do’a kita semua memulai makan bersama. Alhamdulillah acaranya lancar, nasi tumpengku habis bersih sih sih tak tersisa. Berharap nantinya Allah melancarkan dan mempermudah semua hajat aku dan suamiku. Pastinya semuanya butuh usaha dan do'a.




Ngomong-ngomong tentang Tumpeng, ternyata Tumpeng memiliki makna simbolis tersendiri. Sajian khas dengan bentuk kerucutnya ini sudah mulai tersebar dari desa ke kota dan dijumpai dalam setiap perayaan ternyata memiliki arti dari tiap bentuk-bentuknya. Nasi tumpeng yang berbentuk kerucut layaknya gunung, dimana nantinya gunung memiliki makna menempatkan Pencipta pada posisi puncak, tertinggi, yang menguasai alam dan manusia.

Nasi tumpeng ditempatkan di tengah dikelilingi oleh lauk pauk, penempatan ini adalah simbol gunung dan tanah yang subur yang disekelilingnya dipenuhi dengan hasil alam yang tumbuh subur. Melambangkan kesejahteraan, hubungan manusia dengan alam.

48 comments:

  1. Bagi dong mbak nasi kuningnya, bintang paling suka maemnya pake telur yang disuir2 gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan saya belum makan sore saya boleh ikut makan tumpeng selamatan nya Mbak Dwi..? :)

      Delete
    2. boleh donk kang Saud...sini gabung :)

      Delete
  2. Selama ini saya hanya dengar nama Tumpengan. Ternyata sebuah nasi tumpeng beserta pola bentukannya memiliki makna simbolis ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tempat saya Tumpengan biasanya ada buat acara selamatan, atau rassulan atau ritual elamatan lainya Mbak

      Delete
    2. iya mas Sutan...punya arti simbolis :)

      Delete
    3. iya sama..banyak kok yg merayakan macem2 pake tumpengan :)

      Delete
  3. Sajian khas nasi tumpeng sangat menarik. Ternyata tidak hanya sekadar menarik, lebih dari itu memiliki makna simbolis yang luar biasa. Hm, pengin coba makan nasi tumpeng. Habis..seumur-umur belum pernah ketemu nasi tumpeng, mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya boleh ikit makan nasi Tumpengnya Pak Uda+Mbak Dwi..?

      Delete
    2. ah masak sih bang uda belum pernah ketemu nasi tumpeng...

      Delete
    3. boleh donk kang saud..sini2 :)

      Delete
  4. Nyaaammm, tumpengnya menggoda banget mbaaa

    ReplyDelete
  5. Salam petang Mbak Dwi yang baik hati. Aduuuh lama sekali saya tak bersilaturrahim kesini. Maaf ya Mbak baru bisa mampir.. Naah sudah saya duga sebelumnya Mbak Dwi emang orangnya baik hati. Buktinya saya mampir dimari lagi udah di Suguhi Nasi Tumpeng.. saya cicipin ya Mbak? hatur nuhun pisan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..langsung ya..dikasih nasi tumpeng...yuk ah kita makan bersama kang...

      Delete
  6. udah lama saya gak tumpengan :D

    ReplyDelete
  7. Kenapa tumpeng kebanyakan warna kuning? Kenapa tidak ijo? Kenapa tidak ungu? Kenapa tidak merah? Iya, kalo warna itu nanti dikira balon. Ehe :D

    ReplyDelete
  8. JAdi inget Tumpengan malam tirakatan kemarin.
    Lauknya komplit mbak enyaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..malam tirakatan dikampungku juga pake tumpengan mbak...

      Delete
  9. Baru tahu kalau ada makna simbolisnya, mba. Biasanya aku tahunya makan aja. Hehe

    ReplyDelete
  10. Bikin kemlecer ni mb dwi nasi kumingnyaa, palagi klo lsuknya buanyaakk :D

    ReplyDelete
  11. Ooo...banyak ternyata makna simbolik tumpengan. Selama ini cuma ngincer makannya doang

    ReplyDelete
  12. tumpeng emang punya arti yang mendalam mbak, apalagi makannya enyaaakkk hehe :D

    ReplyDelete
  13. baru aja kemarin bikin nasi kuning hehehe..tapi g peke tumpeng hehehe
    Semoga berkah ya mbak rumahnya aamiin

    ReplyDelete
  14. Kapan ya terakhir ketemu nasi tumpeng dah lamaaa banget mbak. Sini kalau ada tirakatan atau selametan biasanya langsung dimasukkan ke box atau bakul tempat nasi yg dari plastik.

    ReplyDelete
  15. Waahh tumpengnya menggoda sekali :)

    ReplyDelete
  16. Dan salah satu food iconnya Indonesiaaaa ;)

    ReplyDelete
  17. Barokallahu yaa.. semoga betah di rumah barunya

    ReplyDelete
  18. apaan ini ujug2 bahas tumpeng, mbok yo aku dikirimin tumpengnyaaaaa mbak wii hihihi :)

    ReplyDelete
  19. Naaah ini dia tumpengan (nasi kuning) yang paling disukak . Pokoknya tumpengan is the best-lahh :)

    ReplyDelete
  20. Duh, aku baru tau maknanya nih mak...

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)