Rumput Tetangga Selalu Tampak Lebih Hijau

Hidup berdampingan dengan tetangga memang memiliki aroma tersendiri. Aroma yang berwarna-warni, kadang senang kadang duka. Ya, begitulah hidup bersosial...
Kali ini aku ingin membahas rumput tetangga, mungkin setengah curhat yach...
Rumput tetangga selalu tampak lebih hijau, mungkin itu ada benarnya juga mungkin ada salahnya :)

Diperumahanku yang berdempetan terkadang aku selalu melihat dan menganalisa keadaan tetanggaku. Sebenarnya sih no urus ya, maksudnya no urus dan no reken sih dalam kehidupan keluarganya... Disini aku selalu memperhatikan keharmonisan keluarganya, makanya kadang aku urus hehehe... Urus disini bukan yang sotoy dan lebay aku mengintrogasi si tetangga tapi mungkin dari kehidupan sehari-harinya aku sudah bisa membaca.

Hidup sederhana dengan 2 anak, dan dengan istri yang mengurus rumah tangga. Suami pergi pagi pulang sore. Setiap sore istri dan anak-anaknya menyambut ayahnya pulang. Kadang sang ayah membawakan buah tangan untuk anak dan istrinya, anak istrinya tersenyum senang dengan buah tangan yang dibawanya tersebut.
Keharmonisan dan kecukupan hidup dari Allah yang membuatku iri. Dengan uang yang pas-pasan yang diperoleh setiap harinya dari hasil berjualan mungkin kadang terasa kurang bagi aku dan suami yang suka jajan banyak tiap harinya.

Kadang suaminya curhat ke suamiku kalo pernah nggak nerima uang dalam sehari karena dagangannya nggak laku. Namun dia tetap bersyukur walaupun barang dagangannya nggak laku, karena itu semua rezeki dari Allah...yang penting kita Lillahi Ta'ala keluar rumah untuk mencari nafkah menghidupi keluarga, anak dan istri. Keluar rumah dengan niatan mencari nafkah untuk keluarga saja sudah pahala, apalagi membawa hasil...itulah rezeki yang sungguh luar biasa.

Sedangkan istrinya yang menjadi ibu rumah tangga yang kerjanya tiap hari mengurus rumah tangga, mengurus anak, selalu rajin beribadah seperti puasa Sunnah, sholat Dhuha, ngaji, dan masih banyak kegiatan positif lainnya. Dia selalu mendo'akan suaminya agar pulang membawa rezeki yang halal dan berkah untuk dimakan keluarganya.


Kadang aku iri dengan kehidupan mereka yang serba sederhana dan ikhlas. Dibandingkan dengan aku dan suami yang berangkat pagi pulang malam untuk mencari sesuap nasi aja kadang lupa untuk beribadah. Boro-boro puasa sunnah, sholat Dhuha aja udah jarang...

Ya Allah...semoga aku tertular hijaunya rumput tetangga itu. Tertular akan kekayaan hati dan ikhsannya. Ikhlasnya menerima semua rezeki Mu dan berharap ridho Mu Ya Rabb.

Disitulah mulai terusik bahwa rumput tetangga selalu tampak lebih hijau dengan keharmonisan dan cinta kasih berharap ridho dari Allah.

62 comments:

  1. Ini filosofi yang selalu mendapat perhatian kita mbak. Kenapa rumput tetangga terlihat selalu lebih hijau dari rumput di halman kita. Kadang-kadang saya beri jawaban sendiri, karena rumput di halaman rumah kita sering dilihat, lalui dan sering diinjak...Sementara rumput di halaman tetangga hanya sering dilihat dari jauh...

    ReplyDelete
  2. kalau saya malah rumput tetangganya kelihatan gersang, mbak... heheehe... malahan kalau rumput tetangga lebih hijau juga saya malah ragu, jangan - jangan ntu rumput cuma hijai boongan alias rumput palsu... hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi bagus deh mbak irinya Positif ting ting ... hehehe

      Delete
    2. gersang kenapa ya mng yon..hehehe

      Delete
    3. emang hrus positif ting2 mang yon...

      Delete
  3. Wah tetangga yg bikin iri ya mbk...apapun hasilnya mereka selalu bersyukur walo dalam kesederhanaan

    ReplyDelete
  4. Memang mbak rumput tetangga terlihat lebih hijau - kalau di rumah sih gitu, apalagi kalau rumput rumah baru dipangkas, pasti lebih terasa deh

    ReplyDelete
  5. tetangga dikmpung gk ada rumputnya mb ... xixixixixixixi ,,, pissss

    ReplyDelete
  6. mungkin tetangga itu berpikiran sama, kok rumput rumah mbak dwi lebih hijau...heheh

    ReplyDelete
  7. semangat mbaaaakkk... mungkin rumputnya mbak dwi bukan hijau, melainkan orange, yang lebih seger daripada rumput tetangga, tinggal mengambil sudut pandang yang berbeda :)

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah Mbak dikasih jenis iri yang bagus, yaitu iri yang memotivasi agar kita memperbaiki diri (iri gak selalu jelek lho. Hehe...) Mudah-mudahan saya juga ketuleran rumput hijaunya itu. Aamiin... :)

    ReplyDelete
  9. duh saya jg jd iri mak... makasih artikelnya, jd pengingat jg buat saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mbak..inipun buat pengingatku mbak :)

      Delete
  10. Alhamdulillah, bisa banyak belajar dari tetangga ya mba....

    ReplyDelete
  11. Tetangga rumah yang bikin iri positif ya, mba. Moga shalihnya nular ke mba sekeluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..tetanggaku ini emang bikin iri :)

      Delete
  12. aamiin....
    irinya positif ya mbak,reminder juga buat saya

    ReplyDelete
  13. Memiliki rasa iri yang positif, semoga jadi memacu untuk tambah rajin ibadah ya mbak.. :)

    ReplyDelete
  14. iri utk berbuat lebih baik (insptrokesi) bisa sebagai motivasi diri utk lebih baik ya mbak:)

    ReplyDelete
  15. rumput tetangga yang bikin irir mbak :D

    ReplyDelete
  16. Aamiin semoga saya juga ketularan hijaunya ibadah mereka, Mba.

    ReplyDelete
  17. Kita bikin rumput di rumah kita hijau juga yuk mbak...hehhehe...tapi iya, akalu kita ngobrol sama tetangga dan tau kesulitan mereka seperti apa, disitu kadang kita baru bersyukur...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali kadang kita juga butuh share dri mereka...insyaallah dri situ kadang rasa syukur muncul sendiri :)

      Delete
  18. Kuncinya emang bersyukur doang ya XD

    ReplyDelete
  19. Tetangga baik memang jadi penyemangat bagi kita untuk lebih baik lagi. Tapi tak selamanya rumput yang hijau itu bagus, karena dibalik rumput ada pupuk dr kotoran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali mak..bersyukur masih punya tetangga yg beginian :)

      Delete
  20. rumput lebih hijau mungkin karena cahaya matahari lagi bagus..coba liat rumput kita dari sisi yang lain pasti juga nggak kalah hijaunya kok. bersyukur membuat semuanya jadi indah dan hijau ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tul sekali..pokoke hrus bersyukur mak dgan apa saja yg Tuhan berikan kepada kita :)

      Delete
  21. Untung aku suka merem mak lek lagi liat rumput tetangga kekekek :)))

    ReplyDelete
  22. aamiin, semoga kita jadi pribadi yang lebih baik lagi terutama dalam hal ibadah

    ReplyDelete
  23. amin, kalo bersyukur jadi adem ya. iri yg positif :)

    ReplyDelete
  24. Kadang yang sederhana dan bersahaja memang terlihat lebih adem dan bikin kepengen ya daripada yang kayaknya modern dan moderat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali...kesederhanaan mereka yg bikin iri aku mak...

      Delete
  25. rumput di rumahku dong, paling hijau... soalnya yg lain udh habis ditembok semua :D

    ReplyDelete
  26. untung tetanggaku nggak punya rumput, krn di paving..wkwkwk
    tapi itulah manusia, seperti tak pernah puas dg keadaannya..., pdhl kalo kita bersyukur...insyaAllah...akan bertambah nikmat kita...*sok bijak bgt akuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..kalo punyaku udah di semen mak...bener sekali..cuma rasa syukur yg bisa membantu kita :)

      Delete
  27. karena kita ga nanam rumput mba, tapi lidah buaya. hihi...ealah...

    ReplyDelete
  28. Luar biasa ya klo bisa positif thinking seperti ini Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..sebenarnya harus positif thingking terus...hehehe

      Delete

Yuk berkomentar :)