Tips Travelling Hemat Bersama Keluarga

Travelling, hemmm nggak ada habisnya deh ngomongin travelling. Secara, aku doyan banget travelling. Apalagi sekarang ditambah ada suami dan anak, beh berasa lengkap deh kebahagiaan ini. Terakhir kami travelling bulan Agustus 2016 kemarin bersama teman-teman blogger Surabaya. Tujuan kami adalah liburan ke Pulau Bali.



Kami memilih transport yang berbeda antara teman yang satu dengan teman lainnya. Ada yang memilih naik kereta karena lebih nyaman dan lebih ekonomis. Sedangkan aku sendiri memilih naik pesawat karena banyak pertimbangan yaitu karena membawa bayi. Sudah aku pertimbangkan sebelumnya, mungkin naik pesawat lebih baik jika dibandingkan naik kereta. Aku khawatir anakku rewel nantinya, sedangkan jika aku naik kereta butuh waktu 8 jam.


Pastinya setiap orang tua yang ingin travelling bersama anak-anaknya sudah merencanakan jauh-jauh hari mereka harus naik apa. Nggak usah diperdebatkan. Para orang tua akan memikirkan anak-anak mereka daripada dirinya sendiri.

Nah dari situ kita nggak boleh menjudge bahwa travelling dengan pesawat tidak hemat, siapa tau tiket pesawat yang mereka dapatkan lebih murah dibandingkan transportasi lainnya. Biasanya para traveller mencari tiket promo jauh-jauh hari. So, tetaplah berpikir positif ya gaes :)

Berikut ada beberapa tips travelling hemat yang bisa kalian jadikan referensi. Khusus para keluarga yang ingin berlibur dengan anak-anak mereka.



Tips Travelling Hemat 

  1. Jangan pilih Travelling pas hari libur. Entah itu hari libur weekend, hari besar agama, atau apalah. Pasalnya pasti tuh tempat wisata disana akan penuh sesak dengan para pelancong. Travelling nggak asik, jadi boring dan pastinya travelling di hari libur buang-buang uang karena transport dan akomodasi pasti lebih mahal. Pilih hari biasa saja (weekday) siapkan cuti dan let's go.
  2. Kalau punya teman boleh tuh hubungi mereka, siapa tau teman-teman kita memberikan pelayanan yang oke. Misal nginep gratis, makan gratis, atau bisa jalan-jalan gratis ke beberapa tempat wisata dibayari dia. Namanya rezeki kan nggak ada yang tau :)
  3. Cari tempat makan yang murah meriah dan halal. Namanya travelling, pasti deh butuh makan juga. Nggak usah mahal-mahal yang penting tenaga kita bisa pulih kembali untuk next destination.
  4. Survey dulu sebelum memutuskan travelling ke suatu daerah, bisa dilakukan dengan bertanya pada teman-teman yang sudah berpengalaman atau mencari informasi di internet seputaran tempat yang akan kita kunjungi. Dengan cara ini, travelling menjadi asyik tanpa harus bingung setelah tiba di tempat tujuan.
  5. Memesan tiket jauh-jauh hari, baik itu tiket pesawat ataupun kereta. Siapa tau ada promo dan mendapatkan harga yang jauh lebih murah.
  6. Bawa barang secukupnya. Sesuaikan baju ganti atupun perlengkapan lainnya sesuai dengan rencana berapa lama kita akan travelling, misal 3 hari.
  7. Sedia P3K dalam tas. Nggak tau kan, kita sakit apa nggak. Apalagi keluarga yang bawa anak saat travelling, wajib hukumnya bawa perlengkapan medis anak.
  8. Anggarkan biaya travelling dan bawalah uang secukupnya. Hal ini mengantisipasi agar kita selalu hemat dimanapun kita berada.
  9. Pilih penginapan yang low budget. Apalagi dengan keluarga, lebih hemat nginep di hotel budget tuh. Nggak mungkinlah nginep di emperan masjid atau tempat umum. Masalahnya bawa anak, apalagi si anak usianya belum genap 1 tahun. Nggak mau lah menyengsarakan anak sendiri walaupun tujuannya travelling hemat. Salah satu hotel budget yang direkomendasikan adalah Zen Rooms. Mengapa Zen Rooms? Karena...



Sumber : www.zenrooms.com


Memiliki tempat tidur yang nyaman, kamar yang bersih, setiap kamar lengkap dengan AC, WIFI, TV kabel dan Shower. Selain itu, nginep di Zen Rooms bikin aman dompet. Masalahnya nginep disana tuh bisa menghemat hingga 30%, harga sesuai dengan yang ditampilkan di website tanpa ada biaya tambahan. Garansi uang kembali 100 %. Setiap kamar hotel sudah di cek kualitas kamarnya dipastikan para tamu yang menginap akan puas atau uang akan kembali. Nginep 6 malam di Zen Rooms, gratis nginep semalam.


 Sumber : www.zenrooms.com

So, bagaimana dengan kalian? Yuk siapkan rencana travelling jauh-jauh hari agar persiapan lebih matang dan menghemat biaya travelling. Mulai cari hari yang pas, tiket yang murah dan carilah harga promo, serta booking penginapan jauh-jauh hari ya. Ini semua agar travelling kita berjalan lancar tanpa rintangan, penuh kenangan dan pastinya bisa membuat kita refresh. Travelling hemat, mengapa tidak.

Salam,
Traveller.



34 comments:

  1. Pengen banget ke Bali lagi ..kali ini pengen bareng sama suami biar seru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti seru kalo bareng keluarga apalagi dengan suami....

      Delete
  2. Baca postingan tentang travelling begini bawaannya pengen jalan-jalan deh, tip travellingnya keren Mba Dwi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe...makasih...semoga bermanfaat buat merencanakan travelling bareng keluarga

      Delete
  3. Salaam traveler mbaa..
    harus pinter2 ngatur strategi biar dompet tetap aman walau sering jalan2 ya mba..
    kalo soal penginapan memang zenroom solusi biar ttp hemaat..

    oh iya, jika berkenan, boleh follow back blogku mba? hehe makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam...hai..iya donk...pqstinya harus tetep cri hotel budget

      Delete
  4. Asiknya yang ke Bali bareng teman-teman dan keluarga ya, kompak banget kalian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah...iya mbak...seneng sekali. semoga ada rezeki buat kita semua....

      Delete
  5. wah memang asyik ya bsia berluburs ama keluarga, kalau saya sudah susah, anak2 sudah meranatu dan punya kegiatan sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalo anak sudah gede emang susah buat pergi bersama...sebelum anakku sekolah pengen ajak merekaa jalan2...

      Delete
  6. memilih penginapan yg low budget setuju karena bs menghemat pengeluaran yg penting penginapan nya bersih serta nyaman

    peace out
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuhuuuu...betul sekali...bersih dan servicenya yg oke ya mas...salam traveller...

      Delete
  7. Wah, mbak Dwi mau treaveling lagi.
    Kalau kita bisa hemat di penginapannya, kita bisa kemana2 dan belanja-belanji, haha. Eh tapi gak asal cari murah ya kan, kayak di Zenroom ini deh pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...iya mbak...ingin selalu travelling...apalagi bersama keluarga...duh...kapan ya...hehehe

      Delete
  8. Bener bgt mba, klo traveling mending ngambil hari biasa biar bisa menikmati ☺

    ReplyDelete
  9. Setuju, liburan itu perlu direncanakan, biar lebih terorganisir dan biaya bisa diprediksi (hemat).

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupz...betul sekali...selain menghemat biaya pastinya juga punya planning yg terarah...

      Delete
  10. Tull, setuju, biasanya ortu lbh memikirkan kenyamanan anaknya dari diri sendiri. Blm pernah nyoba zenroom tapi sepertinya cucok buat alternatif hotel ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak....apapun yang dilakukan ortu pastinya juga mikirin kebaikan dan kenyamanan anak...anak seneng ortu seneng...anak nyaman dan senang ortu bahagia...

      Delete
  11. Aku blm pernah ajak anak ke Bali. Pingin jugak iih. Apalagi di sana bnyak kamar zenrooms yg punya fasilitas kolam renang. Anak2 pasti suka tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. heem mbak...pasti anak2 suka deh..kamar yg nyaman dan bisa bermain sepuasnya didalam kamar...hehehe

      Delete
  12. Paling enak emang liburan pas weekdays mba, tapi kalau udah punya anak SD suka susah yaa waktunya :D

    Baru tau di ZenRooms kalo nginep 6 malam gratis 1 malam. itu promo atau memang selalu begitu mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...kalo udah punya anak yg udah sekolah emang bingung nyocokin jadwal...dan pastinya weekend mau nggak mau buat quality tyme...atur jadwal jauh2 hari juga biar liburan menyenangkan :)

      Delete
  13. Nice tips mbaak....maka para freelance bersyukurlah kalau bisa jalan-jalan bukan di hari libur panjang. *Doa kenceng biar banjir rezeki*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...iya mbak...freelancer bisa kapan aja...asalkan job mengalir terus biar dompet ada isinya...

      Delete
  14. Waoooh dedeknya sudah jalan-jalan ke Bali ya.
    Bener mba, pesen tiket jauh hari bisa dapat kesempatan harga lebih murah ya. jadi hemat biaya transport deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..udah jalan2. biasa...yg suka jalan2 mah emak dan bapaknya...hahahaha

      Delete
  15. Wah senang yah bisa travelling bareng keluarga.

    ReplyDelete
  16. paling asik memang jalan-jalan bukan di saat holiday season

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)