Belajar Membuat CV yang Menarik di Skill Academy

Ngomongin CV nih saya ingat zaman dulu saat baru lulus kuliah dan ingin melamar kerja sebagai fresh graduate ke berbagai perusahaan sesuai jurusan yang dibutuhkan. Jujur, saya nggak tahu CV itu seperti apa, bentuknya seperti apa. Akhirnya saya tanya-tanya pada kakak senior tentang CV ini, ternyata CV semacam riwayat hidup seseorang yang dituangkan dalam lembaran kertas yang nantinya diserahkan kepada pihak HRD perusahaan untuk menganalisis diri kita apakah bisa bekerja di perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu, dulunya ribet banget loh nyerahin CV hingga bisa sampai ke tujuan di zaman saya. Saya harus keluar kos dan mencari tempat untuk mengedit dan mencetak CV yang telah saya buat, maklumlah waktu itu masih belum punya printer. Setelah CV saya cetak kemudian memasukkan ke amplop warna cokelat dengan dokumen lain yang dibutuhkan seperti foto kopi KTP, foto kopi ijazah dan transkrip nilai, serta sertifikat pelatihan lainnya. Jika perusahaan yang dilamar terjangkau (dekat dengan tempat kos) biasanya langsung saya antarkan ke alamat perusahaan tersebut dan menyerahkannya ke satpam, sebaliknya jika jauh (luar kota) biasanya saya kirim lewat jasa kurir.

Belajar membuat cv yang menarik

Mungkin kalau sekarang, mengirimkan CV mudah tinggal kirim aja sesuai alamat email HRD perusahaan. Selain itu, bagi kalian yang fresh graduate pun membuat CV mudah banget karena banyak referensi di internet. Namun perlu diperhatikan, bagaimana membuat CV yang menarik agar dilirik HRD perusahaan dan pastinya jangan berharap besar, karena bisa saja CV kalian ditolak oleh HRD. Alasan ditolak oleh HRD perusahaan antara lain karena :

1. CV kurang sesuai dengan posisi yang dilamar.

Hal yang pertama dilihat HRD adalah kesesuaian latar belakang pendidikan dan pengalaman yang sedang dilamar. Pastikan informasi yang dicantumkan di CV relevan dengan pekerjaan yang akan dilamar.

2. CV terlalu panjang dan bertele-tele.

Jangan membuat CV terlalu panjang hingga berlembar-lembar, pasti bikin HRD perusahaan puyeng. Karena CV yang terlalu panjang akan memakan waktu yang lama untuk dilakukan screening. Buatlah CV maksimal 2 halaman, seefektif mungkin dan on point.

3. Tampilan warna dan desain yang berlebihan.

Pastinya membuat desain dan tampilan warna harus diperhatikan saat melamar kerja dimana. Kalau melamar dalam bidang kreatif, seni sih sah-sah saja. Tapi kalau melamar kerja di instansi pemerintah kurang profesional jadinya.

4. Banyak kesalahan ejaan dan penulisan.

Alias typo. Nah, bagi kalian hati-hati nih, karena bisa dianggap kurang teliti oleh HRD. Koreksi lagi CV kamu sebelum bener-bener dikirim ya, agar tidak terjadi kesalahan.

Selain itu, yuk perhatikan poin-poin berikut agar CV kalian menarik dan outstanding.

  1. Kelengkapan identitas diri berupa nama, alamat email, no. HP kamu yang aktif, serta latar belakang pendidikan kamu.
  2. Deskripsi diri, berupa penjelasan mengenai keahliahmu di bidang apa serta prestasi-prestasi yang telah kamu capai selama ini.
  3. Soft skill and hard skill, pastinya keduanya dan butuhkan dalam dunia kerja. Soft skill berupa kecerdasan berpikir yang kalian miliki dan hard skill biasanya bersifat teknik seperti merapikan buku pada tempatnya.
  4. Link portofolio ini sangat wajib untuk mereka yang melamar kerja di bidang kreatif, seni, desain atau penulisan.
  5. Desain dan penulisan CV, gunakanlah warna yang sederhana wajar. Warna yang norak dan multi warna malah bikin lelah bagi yang membacanya. Selain itu, selalu cek penulisan agar terhindar dari typo.
  6. Pengalaman juga perlu ditulis sesuai bidang yang relevan dengan posisi yang diincar, pastinya juga pengalaman yang baik saja yang ditulis.

Sebenarnya CV tidak hanya untuk lamaran kerja namun juga untuk sekolah di luar negeri dan untuk mendapatkan beasiswa. Pastinya CV yang menarik dan bagus yang akan menjadi prioritas utama keberhasilan kita diterima. Selain format penulisan pun ada banyak sekali yang harus diperhatikan dalam pembuatan CV lainnya.

Belajar membuat cv yang menarik di skill academy

Sebelumnya kalian harus mengenal Skill Academy terlebih dahulu. Skill Academy adalah lembaga pelatihan online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dengan berbagai pilihan kelas. Banyak kelas unggulan yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan kalian saat ini loh.

Tahu nggak kalau Skill Academy pernah memenangkan penghargaan Google Play User Choice Award 2020 sebagai aplikasi pengembangan diri terbaik. Keren kan? tak hanya itu, Skill Academy juga telah dipercaya oleh lebih dari 4 juta pengguna.

Belajar Membuat CV yang menarik di Skill Academy bisa kalian jadikan referensi nih. Nantinya di kelas yang kalian pilih ini bakalan membedah sampai tuntas bagaimana cara membuat CV yang memukau. Nantinya Bapak Iman Usman selaku instruktur di kelas akan memberikan jawaban selama ini mengapa CV kamu banyak ditolak. Pastinya beliau akan memberikan banyak ilmu tentang apa saja yang perlu dilakukan sebelum membuat CV, format CV yang baik dan menarik seperti apa, kesalahan apa saja yang terjadi dalam pembuatan CV, membuat dan membedah CV, dan terakhir hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat CV.

Yuk buruan kepoin Skill Academy by Ruang Guru di website maupun sosial medianya.

Website Skill Academy : https://skillacademy.com/
Youtube Skill Academy :
Blog Skill Academy: https://blog.skillacademy.com/
Blog Daftarprakerja: https://daftarprakerja.com/

Salam,
Dwi Puspita



No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)